sign up SIGN UP

Jangan Dianggap Sepele, Ini 6 Tanda Kista Ovarium Pada Tubuh

Sylvia Yuliasar | Selasa, 25 May 2021 10:00 WIB
Jangan Dianggap Sepele, Ini 6 Tanda Kista Ovarium Pada Tubuh
caption

Kista ovarium berbentuk seperti kantung berisi cairan yang dapat membesar di ovarium atau indung telur wanita. Pertumbuhan kista ini kadang tanpa gejala, tetapi jika terlalu besar bisa akan sangat mengganggu. Sebagian besar kista ovarium adalah kista folikel jinak yang datang dan pergi mengikuti siklus haid sehingga tidak memerlukan penanganan lebih lanjut. Jika tidak, pergilah ke ginekolog dan lakukan ultrasound (USG) untuk mengecek keberadaan kista.

Bagaimanapun, kebanyakan gejala kista ovarium masih tumpang tindih dengan masalah ginekologi lain seperti fibroid uterus dan PMS. Kamu harus mengenali tanda-tanda kista ovarium berikut ini:

Nyeri Panggul yang Terus Menerus

Nyeri panggul adalah salah satu gejala kista
Nyeri panggul / freepik.com (wayhomestudio)

Nyeri panggul terus menerus menjadi gejala umum kista ovarium. Nyeri ini biasanya di bagian bawah kanan atau kiri sesuai letak ovarium. Kamu akan merasakan sakit di tempat tertentu yang konstan dan tetap ada bahkan setelah siklus haid hilang. Saat berolahraga, nyeri ini akan semakin terasa.

Perut Terasa Penuh dan Sesak

Perut terasa penuh merupakan salah satu tanda kista ovarium
Perut terasa penuh / freepik.com (jcomp)

Kista dapat mengakibatkan rasa berat di daerah abdomen seperti halnya pada fibroid rahim. Gejala ini mirip seperti sedang konstipasi dan sensasi ini dapat terasa di salah satu bagian panggul. Jika kamu sudah BAB secara teratur, tetapi masih terus merasakannya, segera temui dokter untuk memeriksakan apakah ada kista ovarium di tubuhmu.

Perut Terus Membesar

Perut buncit merupakan salah satu tanda kista
Perut Buncit / freepik.com (atlasbiomed)

Umumnya ukuran kista tumbuh kurang dari 10 senti. Beberapa kista bisa tumbuh sangat besar bahkan hampir seukuran semangka. Bengkak merupakan gejala yang samar, tetapi itu dapat dikaitkan dengan kista ovarium tergantung dari seberapa besar perutmu. Banyak wanita akan mengira kalau berat badannya naik secara normal.

Mereka mengira sakit perut dan kembung bisa menjadi akibat dari massa yang tumbuh di perut. Jika beratnya hanya berasal dari perut atau kamu tidak bisa menemukan alasan apapun mengapa berat badan selama ini bisa naik, ini merupakan tanda bahaya ya.

Ingin Kencing Setiap Saat

Rasa ingin kencing terus menerus bisa menjadi gejala kista
Rasa ingin kencing terus menerus / freepik.com (wayhomestudio)

Gejala lain dari kista ovarium yang banyak dialami wanita adalah rasa ingin kencing tiap saat. Hal ini terjadi jika kista menekan letak kantung kemih. Namun, pada beberapa wanita justru ia merasa ingin kencing lebih sering tapi susah untuk keluar.

[Gambas:Instagram]

Sering Merasa Sakit Saat Berhubungan Intim

Sakit berhubungan intim bisa menjadi salah satu penderita kista
Sakit berhubungan intim / freepik.com (ArthurHidden)

Saat berhubungan intim, rasa nyeri dapat terasa di beberapa bagian vagina atau panggul. Beberapa kista, ketika besar bisa tertinggal di belakang rahim, yaitu berada tepat di dekat leher rahim. Jadi mungkin merasa sakit dengan penetrasi yang dalam.

Sakit Punggung atau Nyeri di Kaki

Sakit punggung bisa menjadi salah satu tanda kista ovarium
Sakit punggung / freepik.com (user18526052)

Ruang panggul akan menyempit ketika kista berukuran terlalu besar. Kuatnya rasa sakit akan muncul tergantung pada letak kistanya karena kista dapat menekan saraf yang berada di area panggul. Hal ini bisa menyebabkan nyeri di punggung ataupun di kaki.

Jika kamu merasakan beberapa gejala tersebut, hal ini tidak normal dan membutuhkan kunjungan ke dokter untuk cari tahu penyebabnya. Jika sakit berlanjut dan semakin parah harus segera ditangani ya. Segera datangi ginekolog secepat mungkin. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id