sign up SIGN UP

LIFE

Keputusan Berat! Rachel Goddard Angkat Rahim Akibat Kista dan Miom

Budi Rahmah Panjaitan | Jumat, 16 Apr 2021 15:00 WIB
Keputusan Berat! Rachel Goddard Angkat Rahim Akibat Kista dan Miom
caption

Kabar sedih sekaligus mengharukan datang dari Beauty Influencer Rachel Goddard. Lewat sebuah video yang diunggah di channel Youtubenya Rachel Goddard pada (15/4), ia menceritakan keputusan berat untuk melakukan pengangkatan rahim karena kista dan miom.

Video berdurasi 18 menit 20 detik itu secara rinci menjelaskan awal mula, alasan yang menguatkan serta perasaan yang tengah dirasakan Rachel pasca keputusannya tersebut. Seperti apa proses pengangkatan rahim yang Rachel Goddard ini?

Memiliki Kista Sejak Sebelum Hamil

Rachel Goddard mengakui dirinya sudah memiliki kista sejak sebelum hamil/youtube.com/rachelgoddard
Rachel Goddard/youtube.com/rachelgoddard

Rachel Goddard mengawali videonya dengan menyebutkan beberapa pertanyaan singkat dari para followersnya. Pertanyaan tersebut berbunyi “Rachel kok kelihatannya lo kurang sehat? Kok kurusan? Kok pucet? Kok pipinya celong banget sih? kok sering bolak-balik rumah sakit?”.

Setelah itu, Rachel pun melanjutkan pembahasan dengan memberi penjelasan bahwa dirinya sudah memiliki kista sejak sebelum hamil. Menurut Rachel, followers yang sudah mengikutinya sejak di Kazakhstan hingga punya anak telah mengetahui hal tersebut. Kista tersebut berada di sel telur kanan dan juga kiri, masing-masing berukuran 3cm.

Menahan Rasa Sakit Luar Biasa

Rachel Goddard merasakan sakit akibat kista dan miom yang ada di rahimnya/youtube.com/rachelgoddard
Rachel Goddard/youtube.com/rachelgoddard

Akibat kista yang tumbuh di sel telurnya tersebut, Rachel mengaku menahan rasa sakit yang luar biasa saat menstruasi. Ia merasakan panas dingin, hampir mau pingsan, tidak bisa jalan bahkan saat bergeser ketika tidur pun sangat sakit. Terkait kondisinya tersebut, Rachel mengetahui bahwa dokter mengatakan wanita yang memiliki kista lebih sulit untuk punya anak.

"Jadi kalau menstruasi itu gue bisa panas-dingin, hampir pingsan, enggak bisa jalan saking nahan sakitnya. Bahkan kalau lagi tiduran, mau pindah ke kanan ke tengah itu sakit banget," ceritanya dalam video tersebut.

Meski demikian, Rachel mengaku diberi rejeki untuk memiliki anak. Namun, lagi-lagi ia menegaskan bahwa hamil dengan kista menimbulkan rasa yang sangat sakit. Bahkan Rachel menyebutnya sebagai “it’s not the best journey ever”. Journey selama kehamilannya kemudian dijadikan playlist oleh Rachel untuk bisa berbagi pengalaman.

Selama kehamilan, Rachel mengaku sulit makan. Baik itu makanan ataupun minuman yang dikonsumsinya akan selalu dimuntahkan. Jika banyak orang yang bercerita bahwa trimester kedua kehamilan adalah masa happy pregnant, maka tidak dengan Rachel. Sepanjang kehamilannya, ia merasakan sakit luar biasa hingga akhirnya melahirkan secara caesar pada usia kandungan 8 bulan.

"Dari awal kehamilan sampai mau melahirkan, gue selalu merasakan kontraksi. Jadi gue enggak tahu lagi kontraksi palsu atau asli. Yang paling enggak enak saat kista dan rahimnya membesar sehingga usus dan perut gue kegencet. Jadi usia 8 bulan gue harus melahirkan," katanya.

Sudah Pernah Lakukan Prosedur Penanganan

Rachel Goddard mengaku sudah pernah melakukan prosedur penanganan/youtube.com/rachelgoddard
Rachel Goddard/youtube.com/rachelgoddard

Atas kista yang dialaminya, Rachel sudah melakukan berbagai prosedur penanganan. Mulai dari mengonsumsi pil hormon hingga melakukan pengangkatan kista. Berdasarkan pengalamannya, mengonsumsi pil hormon membuatnya merasa tidak nyaman karena emosi menjadi tidak stabil layaknya wanita yang akan segera menstruasi.

Selain itu, untuk prosedur pengangkatan kista juga pernah dilakukan Rachel saat melahirkan buah hatinya. Saat itu, Rachel sengaja memilih melahirkan secara caesar supaya kistanya dapat diambil sekaligus.

Alasan Kuat Melakukan Pengangkatan Rahim

Rachel Goddard memiliki beberapa alasan pengangkatan rahim/youtube.com/rachelgoddard
Rachel Goddard/youtube.com/rachelgoddard

Keputusan melakukan pengangkatan rahim yang telah diambil Rachel Goddard ini memiliki beberapa alasan. Adapun alasan tersebut karena Rachel sudah tidak ingin memiliki anak lagi, sudah pernah melakukan beberapa prosedur penanganan kista namun kembali lagi dalam kurun waktu tidak lama serta rasa sakit yang sulit tertahankan sehingga mempengaruhi kualitas hidup.

Untuk penanganan kista sendiri, Rachel mengaku pernah mengangkat kista lewat prosedur operasi. Namun, dalam kurun waktu kurang lebih 3 tahun, kista tersebut kembali tumbuh yang ditandai dengan rasa sakit luar biasa yang dirasakan oleh Rachel. Karena rasa sakit itu pula lah Rachel mengaku memeriksakan dirinya ke dokter kandungan yang pernah menanganinya dahulu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terbarunya memperlihatkan adanya kista berukuran 3cm di sebelah kanan dan miom berukuran 8cm. Setelah mengetahui penyebab rasa sakitnya itu, Rachel mengaku lega karena bisa membuat keputusan lebih lanjut. Akhirnya, keputusan untuk mengangkat rahim menjadi keputusan paling final yang diambil Rachel untuk permasalahan kista dan miomnya.

"Risikonya gue enggak bisa punya anak lagi, rahimnya udah diambil dan gue tidak akan mens, tidak akan pendarahan, tidak akan ada rasa sakit lagi, itusi yang paling penting," tutur ibu satu anak ini.

Dirundung Khawatir terkait Keputusan Angkat Rahim

Rachel Goddard memiliki perasaan campur aduk pasca keputusannya/youtube.com/rachelgoddard
Rachel Goddard/youtube.com/rachelgoddard

Tidak hanya kesakitan fisik, keputusan untuk mengangkat rahim juga menimbulkan rasa khawatir di benak Rachel. Hal tersebut terkait dengan perkataan banyak orang yang mengarah pada pro dan kontra tentang keputusannya tersebut.

Beberapa mempertanyakan bagaimana ia siap memiliki anak hanya satu dan tidak ingin menambah anak lagi serta hal-hal lainnya. Meski demikian, Rachel tampak sudah bulat dengan keputusannya dan siap menerima berbagai anggapan yang tertuju padanya. Semoga lekas pulih Rachel, stay strong ya!

[Gambas:Youtube]

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id