sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Heran Lagi, Ini Alasan Uban Bisa Muncul di Usia Dini

Izzul Millati Umami | Kamis, 14 Jan 2021 13:30 WIB
Jangan Heran Lagi, Ini Alasan Uban Bisa Muncul di Usia Dini
Penyebab tumbuh uban/ sumber:pixabay.com
Jakarta -

Heran nggak sih, kadang seseorang masih berusia muda, namun rambutnya sudah lumayan memutih? Hal ini terjadi bukan karena alasan. Ada beberapa penyebab yang membuat rambut seseorang cepat sekali memutih. Kamu pun harus tahu, tumbuhnya uban di usia muda disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Stress

stress
stress/sumber:pixabay.com

Stress merupakan salah satu penyebab cepatnya munculnya uban di usia muda. Hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Sebabnya, sel yang berfungsi untuk mewarnai rambut bisa semakin berkurang ketika stress sedang melanda. Meski begitu, penyebab stress ini sebenarnya tidak begitu mendominasi. Ada banyak penyebab lain yang mengakibatkan uban muncul lebih cepat.

Namun, kamu tetap harus meminimalisir stress agar tidak muncul uban di usia dini. Perbanyak membahagiakan diri sendiri agar kondisi psikis mu semakin membaik dari hari ke hari. 

2. Merokok

rokok
rokok/sumber:pixabay.com

Ternyata, kebiasaan merokok tak hanya berpengaruh pada kondisi sakit jantung, stroke, kanker dan hipertensi. Namun, lebih lanjut lagi merokok bisa memicu uban. Perokok punya resiko 2,5 kali lebih cepat terkena uban sebelum umur 30 tahun dibanding yang tidak merokok. Hal ini telah dibuktikan dalam studi Italian Dermatology Online Journal. 

3. Keturunan

keturunan
keturunan/sumber:pixabay.com

Munculnya uban terlalu dini bisa diartikan karena faktor keturunan di keluarga. Ras juga berperan penting dalam memberikan pengaruh uban. Pada ras Kaukasian, Uban dimulai di usia 20 tahun.  Di ras Asia, uban akan dimulai di usia 25 tahun ke atas. Nah, kalau Ayah atau ibu kamu punya uban di usia mudanya, bisa jadi inilah penyebab kamu punya uban lebih dini. 

3. Kesalahan Produk

shampoo
shampoo/sumber:pixabay.com

Produk pewarnaan rambut semacam shampoo dan yang lainnya juga bisa menyebabkan uban muncul lebih cepat. Bahan kimia yang berbahaya dari suatu produk bisa menggerus produksi melanin. Inilah kenapa uban pun muncul. 

4. Gangguan Fungsi Tiroid

Gangguan pada fungsi tiroid bisa menyebabkan uban muncul lebih cepat. Hal ini sudah dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism. Kondisi gangguan fungsi tiroid ini akan membuat rambut memutih karena sel pigmen melanin yang berfungsi dalam mewarnai rambut hancur. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id