sign up SIGN UP

LIFE

Jangan jadi Kebiasaan! Ini 5 Bahaya Mandi Malam untuk Tubuh Kamu

Ratih Dewi | Senin, 21 Dec 2020 19:45 WIB
Jangan jadi Kebiasaan! Ini 5 Bahaya Mandi Malam untuk Tubuh Kamu
caption

Mandi merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh kita sebelum dan sesudah beraktivitas seharian. Mungkin, banyak beberapa dari kita masih sering mandi di malam hari, bisa karena aktivitas seharian yang memakan waktu sampai larut malam, merasa gerah sebelum tidur malam dan harus mandi, atau memang kebiasaan mandi di malam hari. 

Tapi ternyata, mandi pada malam hari memberikan efek untuk tubuh kita yang cukup membahayakan. Suhu air dan lingkungan pada malam hari berubah menjadi lebih dingin dan bisa membahayakan tubuh, juga kulit tubuh kita. Berikut bahaya mandi malam yang berakibat untuk kesehatan tubuh : 

1. Menjadi Penyebab Paru-Paru Basah

Menjadi Penyebab Paru-Paru Basah
Menjadi Penyebab Paru-Paru Basah/Foto : freepik.com

Banyak yang mengatakan bahwa penyebab paru-paru basah karena mandi malam hari adalah mitos. Walaupun mitos sebaiknya kita tidak terlalu sering juga mandi pada malam hari. Paru-paru basah merupakan salah satu penyakit yang cukup serius ditandai dengan kesulitan bernapas dan batuk berdahak yang berkepanjangan.

2. Metabolisme Tubuh menjadi Terganggu

Metabolisme Tubuh menjadi Terganggu
Metabolisme Tubuh menjadi Terganggu/Foto : freepik.com

Terlalu sering mandi malam membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu seperti mudah lelah, mudah sakit, dan membuat tubuh menjadi lemah. Biasanya gejala yang membuat metabolisme menjadi terganggu seperti tidak nafsu makan, merasakan sakit pada perut, perut mual, dan lainnya yang membuat pertumbuhan fisik kita menjadi lambat karena terlalu sering mandi pada malam hari. 

3. Memicu Terjadinya Penuaan Dini

Memicu Terjadinya Penuaan Dini
Memicu Terjadinya Penuaan Dini/Foto : freepik.com

Karena metabolisme tubuh yang terganggu, mengakibatkan kulit menjadi mudah keriput dan memicu terjadinya penuaan dini. Kamu yang selalu ingin tampak muda dan tidak ada keriput di kulit kamu, pastikan kamu tidak sering-sering atau baiknya menghindari mandi pada malam hari agar elastisitas kulit kamu tetap terjaga. 

4. Menyebabkan Rematik dan Asam Urat

Menyebabkan Rematik dan Asam Urat
Menyebabkan Rematik dan Asam Urat/Foto : freepik.com

Mandi pada malam hari menjadi salah satu faktor penyebab rematik dan asam urat. Biasanya asam urat ini terjadi pada lansia, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada anak muda jika sering mandi malam hari, karena air disuhu malam hari berubah lebih dingin dan membuat otot tubuh menjadi nyeri, juga memicu pembengkakan pada persendian. 

5. Menyebabkan Demam dan Flu

Menyebabkan Demam dan Flu
Menyebabkan Demam dan Flu/Foto : freepik.com

Suhu udara di malam hari cenderung semakin dingin, walaupun mandi dengan air hangat sekalipun, mandi di malam hari bisa menjadi penyebab tubuh demam dan bisa juga menjadi pemicu penyakit flu yang bisa berakibat buruk untuk kesehatan tubuh. Tubuh kita yang panas lalu terkena dengan air di malam hari membuat pori-pori kita terbuka dan menjadi penyebab demam juga flu. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id