sign up SIGN UP

Jangan Lupa Gunakan Pelembap, 4 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Tangan Kasar dan Keriput

Phanie Fauziah | Selasa, 03 Aug 2021 21:15 WIB
Jangan Lupa Gunakan Pelembap, 4 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Tangan Kasar dan Keriput
caption

Tangan kasar tentunya membuat kita kurang percaya diri saat bersalaman atau bahkan bersentuhan dengan orang lain. Tanpa kita sadari, tangan kasar dan keriput disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan sepele yang sering kita lakukan.

Berikut kebiasaan yang bisa membuat kulit tangan kasar dan keriput. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Terlalu Sering Terkena Air

Tangan Kasar Selalu Terkena Air
Terlalu Sering Terkena Air Menyebabkan Tangan Keriput/Pexels/Polina Tankilevitch

Kelembapan alami tangan berkurang saat kita terkena air terlalu lama. Kebiasaan seperti mencuci baju, mencuci piring, bahkan berenang atau berendam terlalu lama bisa membuat kulit tangan keriput dan kasar. Jangan lupa untuk mengaplikasikan lotion setelah kita melakukan aktivitas tersebut, agar kelembapan kulit selalu terjaga.

2. Sering Menggunakan Hand Sanitizer

Menggunakan Hand Sanitizer
Sering Menggunakan Hand Sanitizer Membuat Kulit Kering/Pexels/Cottonbro

Di masa pandemi ini, menggunakan hand sanitizer sangat penting kita lakukan guna memerangi virus Covid-19. Tapi, kandungan alkohol di dalam hand sanitizer justru bisa menghilangkan kelembapan alami kulit tangan kita.

Beauties, untuk mengurangi dampak yang timbul dari penggunaan hand sanitizer, kita bisa memilih hand sanitizer dengan kandungan yang bisa melembapkan kulit. Misalnya yang memiliki kandungan aloe vera atau memang diformulasikan untuk melembapkan kulit juga.

3. Menggunakan Sabun Berbahan Keras

Mencuci Tangan
Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Berbahan Keras/Pexels/Ketut Subiyanto

Selain penggunaan hand sanitizer, kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru lainnya yaitu mencuci tangan dengan sabun. Penggunaan sabun cuci tangan dengan kandungan yang keras bisa menghilangkan kelembapan alami kulit tangan. Maka dari itu, penting bagi kita memilih sabun cuci tangan yang memiliki formula yang ringan sehingga tetap bisa menjaga kelembapan kulit.

4. Tidak Menggunakan Pelembap

Pelembap Tangan
Tidak Menggunakan Pelembap Tangan/Pexel/Moose Photo

Di rumah saja dan minim aktivitas membuat beberapa dari kita malas untuk melakukan perawatan kulit. Fokus pada kebiasaan baru yaitu menggunakan hand sanitizer dan sering mencuci tangan tanpa melakukan perawatan, seperti menggunakan pelembab atau lotion justru akan membuat tangan kering, kasar, dan keriput. Maka, perlu bagi kita mengimbangi kebiasaan baru dengan pengaplikasian pelembab. Hal ini agar kelembapan alami kulit tangan kita tetap terjaga.

Itu dia penyebab kulit kering ataupun keriput. Kita hanya cukup menjaga kelembapan kulit tangan dengan pengaplikasian pelembap sebelum atau setelah beraktivitas. Jangan malas untuk melakukan perawatan kulit ya, Beauties. Meskipun saat ini kita di rumah saja, menjaga kesehatan kulit juga tetap harus kita lakukan.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id