sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Malas! Ternyata Berlari Bagus untuk Kesehatan Mental Lho!

Ratih Dewi | Senin, 16 Nov 2020 17:30 WIB
Jangan Malas! Ternyata Berlari Bagus untuk Kesehatan Mental Lho!
caption

Salah satu olahraga yang paling mudah dan tidak memakan banyak waktu adalah dengan berlari. Kamu bisa melakukan olahraga ini baik di pagi atau malam hari, luar atau dalam rumah, dan dalam jangka waktu yang bisa kamu sesuaikan sendiri, misalkan mulai dari 10 menit atau lebih.

Ternyata, tidak manfaat berlari tidak hanya baik untuk kebugaran tubuh atau kesehatan fisik saja lho Ladies, berlari juga baik untuk kesehatan mental kita. Kok bisa ya? Yuk kita simak bersama apa saja sih manfaat untuk kesehatan mental kita hanya dengan berlari? 

1. Mengurangi Tingkat Kecemasan

Mengurangi Tingkat Kecemasan
Mengurangi Tingkat Kecemasan/Foto : freepik.com

Kamu yang selalu merasa cemas dan gelisah, mungkin merasa kalau otot di dalam tubuh kamu tegang yang membuat kamu mudah merasa cemas dan gelisah sehingga mengganggu aktivitas yang akan dilakukan.

Kamu bisa membiasakan diri berlari 10 - 15 menit sebelum beraktivitas. Hal ini akan membuat otot tubuh kamu rileks dan badan menjadi lebih enteng karena kamu bisa meluapkan rasa cemas atau gelisah dengan kecepatan lari yang kamu atur sendiri. 

2. Meredakan Depresi

Meredakan Depresi
Meredakan Depresi/Foto : freepik.com

Ketika berlari, sistem pernafasan kamu bekerja lebih maksimal mengatur udara yang masuk dan keluar. Itu bisa membantu kamu untuk meredakan depresi atau tingkat stress yang sedang dialami baik karena pekerjaan atau faktor lainnya.

Baiknya kamu mulai berlari saat pagi hari dimana lingkungan masih sepi dan angin pagi yang masih dingin. Sehingga bisa membuat suasana lari kamu menjadi nyaman.

3. Memperbaiki Mood yang Berantakan

Memperbaiki Mood yang Berantakan
Memperbaiki Mood yang Berantakan/Foto : freepik.com

Kalau kamu moody atau perasaan sering berubah-ubah, mungkin emosi saat itu kurang stabil dan kamu tidak tahu harus lakukan apa untuk mengontrol emosi.

Untuk itu, berlari bisa membantu kamu memperbaiki mood kamu yang berantakan. Kamu bisa mengajak sahabat, keluarga, pasangan, atau orang yang kamu percaya untuk berlari bersama untuk menemani dan memperbaiki mood kamu. 

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Meningkatkan Rasa Percaya Diri/Foto : freepik.com

Dengan rutin berlari setiap hari, kita bisa merasakan perubahan berat badan di tubuh. Karena banyak kalori yang terbakar setiap harinya dan itu bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu untuk tampil di publik.

Kamu juga bisa coba berlari di lingkungan untuk olah raga, seperti di taman dan itu bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu karena tidak takut untuk terlihat di publik. 

5. Membuat Tidur lebih Pulas

Membuat Tidur lebih Pulas
Membuat Tidur lebih Pulas/Foto : freepik.com

Setelah berlari kamu akan merasa tubuh menjadi rileks, otot tidak tegang, dan badan menjadi lebih lelah. Terutama untuk pengidap insomnia bisa biasakan olah raga di sore hari dan malamnya, kamu menjadi mudah tidur tanpa harus mengonsumsi obat untuk membuat kamu tidur. 

6. Menjadi Lebih Bersosialisasi 

Menjadi lebih Bersosialisasi
Menjadi lebih Bersosialisasi/Foto : freepik.com

Dengan berlari terutama di luar ruangan, kamu menjadi bertemu dengan banyak orang mungkin juga beberapa tetangga atau kerabat yang tidak ditemui sebelumnya dan akrab dengan saling bertegur sapa. Kamu yang dulunya dianggap ansos atau anti sosial mungkin pandangan orang akan berubah kepada kamu. 

Semoga, manfaat dari berlari di atas bisa membantu kamu menjadi membiasakan diri rutin untuk berlari, tidak hanya untuk fisik tapi juga mental kamu Ladies. Jangan lupa untuk selalu pemanasan terlebih dahulu sebelum berlari, semangat! 

 

  

 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id