sign up SIGN UP

LIFE

Kamu Harus Tahu, Ternyata Ini Penyebab Rendahnya Hormon Estrogen pada Wanita!

Verticallya S.E Pratiwi | Minggu, 16 Aug 2020 20:00 WIB
Kamu Harus Tahu, Ternyata Ini Penyebab Rendahnya Hormon Estrogen pada Wanita!
caption
Jakarta -

Hormon estrogen merupakan hormone yang sangat penting bagi perempuan. Fungsi dari hormon ini untuk mengatur penebalan dinding rahim selama siklus menstruasi dan kehamilan, mendorong adanya pertumbuhan payudara pada remaja dan wanita hamil yang sangat penting untuk menyusui, mengatur metabolisme tulang dan kolesterol, dan masih banyak lagi.

Jika terlalu rendah bahkan tak memiliki hormon estrogen, maka bisa meningkatkan resiko obesitas, osteoporosis, dan penyakit kardiovaskular. Sehingga, keberadaan hormon ini sangat penting untuk tubuh, terutama perempuan.

Hormon estrogen, merupakan hormon yang dihasilkan di indung telur atau ovarium. Maka, gangguan yang memengaruhi ovarium dapat menjadi penyebab rendahnya produksi hormon estrogen. Tetapi selain itu, ternyata ada hal lain yang juga dapat memicu menurunnya produksi hormon estrogen loh ladies!

Apa saja? Simak di sini!

 

Olahraga Berlebihan

Sedang olahraga
Perempuan yang sedang olahraga/Sehatq.com

Segala hal yang berlebihan memang tak baik. Bahkan termasuk olahraga. Jika terlalu berlebihan dalam berolahraga, ternyata dapat menyebabkan produksi hormon estrogen menjadi rendah loh! Jadi, olahraga secukupnya saja ya!

 

Anoreksia

Mengukur lingkar pinggang
Mengukur lingkar pinggang/Alodokter.com

Anoreksia menyebabkan tubuh kekurangan gizi dan lemak yang seharusnya didapatkan. Hal ini ternyata berpengaruh terhadap produksi hormon. Jika sudah begini, harus segara periksa ke dokter dan mulai jadwalkan perbaikan gizi pada tubuhmu agar hormone estrogen dapat kembali meningkat sebagaimana mestinya.

 

Kegagalan Organ Ovarium

Nyeri pada ovarium
Kegagalan Ovarium/halodoc.com

Hal ini dapat diakibatkan oleh efek genetik, toksin, ataupun kondisi autoimun. Sehingga perlu sedari awal disadari gejala rendahnya hormone dan segera lakukan pengobatan. Jika tidak, maka bisa meningkatkan resiko kardiovaskular dan osteoporosis nantinya.

Gagal Ginjal Kronis

Area sekitar pinggang terasa nyeri
Nyeri di sekitar pinggang/alodokter.com

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit ginjal harus berhati – hati. Alangkah lebih baik segera periksakan dirimu dan lihat bagaimana apakah hormone estrogenmu dalam tahap normal atau tidak, karena gagal ginjal kronis ternyata dapat menyebabkan produksi hormon menjadi rendah.

 

Riwayat Masalah Hormonal dalam Keluarga

Potret Keluarga di depan kamera
Potret Keluarga/Hubsehat/Freepik

Kamu juga perlu memeriksa riwayat penyakit keluargamu, karena bisa saja turun temurun. Salah satu contohnya adalah kista ovarium. Hal ini berhubungan langsung dengan keadaan ovariummu, dan hormone estrogen yang diproduksi di sana juga bisa ikut terpengaruh. Jadi harus rutin cek ya!

 

Diet Ekstrim

Illustrasi menolak makan
Perempuan yang menolak makan/Shutterstock.com

Bagi kamu yang tengah mengalami diet ekstrim sampai tidak menstruasi, harus berhati – hati. Kekurangan berat badan terlalu tiba – tiba dalam jumlah yang ekstrim bisa berakibat buruk untuk tubuhmu. Untuk itu, harus secara seksama dijaga ya kesehatan tubuhmu. Jangan sampai kamu kehilangan gizi dan tidak dapat menstruasi, atau lebih parah hormone estrogenmu menjadi rendah!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id