sign up SIGN UP

LIFE

Rutin Berolahraga Tapi Perut Masih Buncit? Ternyata Ini Penyebabnya!

Retno Wulandari | Sabtu, 08 Aug 2020 11:00 WIB
Rutin Berolahraga Tapi Perut Masih Buncit? Ternyata Ini Penyebabnya!
caption

Perut buncit memang sangat mengganggu penampilan khususnya bagi para wanita. Berbagai macam cara seperti diet dan olahraga pasti akan dilakukan untuk menyingkirkan tumpukan lemak yang berada di perut.

Lalu bagaimana jika kamu sudah rutin berolahraga, namun perut masih buncit? Mungkin beberapa faktor di bawah ini jadi penyebabnya, Ladies!

1. Genetik

Penyebab Perut Buncit Meski Sudah Berolahraga
Genetik/Freepik.com

Jika rutin berolahraga dan menjaga pola makan belum bisa mengurangi tumpukan lemak yang berada di perut. Bisa jadi kamu memiliki gen dengan tubuh yang besar.

Meskipun faktor genetik ini tidak berhubungan langsung dengan perut yang buncit, tapi lemak visceral atau lemak di perut yang bertugas membuat tubuh tetap ideal sebagian besar ditentukan oleh faktor genetik, Ladies.

2. Antidepresan

Penyebab Perut Buncit Meski Sudah Berolahraga
Antidepresan/Freepik.com

Stres memang dapat memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Sebagian orang, untuk menghilangkan penyakit yang satu ini adalah dengan mengonsumsi obat anti depresi.

Namun, jika obat antidepresan ini dikonsumsi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan berat badan naik lho. Obat-obat anti depresi ini biasanya akan bekerja mempengaruhi kadar insulin di dalam tubuh dan menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut.

3. Tingginya Kadar Insulin

Penyebab Perut Buncit Meski Sudah Berolahraga
Tingginya Kadar Insulin/Freepik.com

Insulin merupakan bagian penting dari metabolisme tubuh yang bekerja untuk mengubah glukosa menjadi gula. Ketika kadar insulin tinggi, hal ini dapat menyebabkan perubahan kimia yang berbeda dalam tubuh, sehingga kadar gula menjadi lebih tinggi.

4. Hipotiroidisme

Penyebab Perut Buncit Meski Sudah Berolahraga
Hipotiroidisme/Freepik.com

Hipotiroidisme merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Hal ini disebabkan oleh hormon tiroid yang dapat menyebabkan tubuh lambat dalam membakar kalori, sehingga berat badan akan mengalami kenaikan dengan sangat cepat.

Hipotiroidisme ini akan menurunkan metabolisme tubuh dan mengumpulkan berbagai jenis lemak di tubuh, khususnya di bagian perut dan tentu saja menyebabkan perut menjadi buncit.

5. Steroid

Penyebab Perut Buncit Meski Sudah Berolahraga
Steroid/Freepik.com

Selain hipotiroidisme, steroid juga menjadi alasan lain kenapa seseorang mengalami kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Obat steroid biasanya digunakan oleh sebagian besar wanita yang memasuki masa transisi menopause untuk melawan perubahan hormon.

Sayangnya, obat steroid ini akan menimbulkan efek buruk seperti menimbun lemak yang ekstra di beberapa bagian tubuh, terutama di perut.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id