sign up SIGN UP

LIFE

Kenalan dengan Menstrual Cup, Pengganti Pembalut yang Lebih Eco-Friendly

Cinta Ananda | Kamis, 19 Nov 2020 07:00 WIB
Kenalan dengan Menstrual Cup, Pengganti Pembalut yang Lebih Eco-Friendly
Foto: Menstrual Cup/Freepik.com

Ketika menstruasi pasti pembalut atau tampons pasti selalu ada. Bahkan ketika kita pergi keluar rumah pun dua barang tersebut pastinya selalu dibawa ketika sedang menstruasi.

Terkadang suka ribet enggak sih, Ladies? Apalagi pembalut dengan ukuran yang cukup lebar suka memakan tempat dalam tas. Di samping tampon dan pembalut, ternyata ada item pengganti kedua barang tersebut yaitu menstrual cup. Ketahui lebih lanjut di bawah ini yuk!

Apa Itu Menstrual Cup?

Menstrual Cup / source: freepik.com
Menstrual Cup / source: freepik.com

Menstrual cup adalah produk pengganti pembalut atau tampon yang terbuat dari karet atau silikon berbentuk seperti corong. Karena bentuknya yang corong, menstrual cup memiliki perbedaan yang unik dibandingkan dengan pembalut dan tampon, menstrual cup berguna untuk menampung darah menstruasi, bukan menyerapnya. 

Kelebihan Menstrual Cup

Menstrual Cup / source: freepik.com
Menstrual Cup / source: freepik.com

1. Lebih Awet

Dikarenakan terbuat dari bahan karet atau silikon, membuat menstrual cup lebih bersifat eco friendly. Jadi bisa kamu gunakan sampai jangka waktu 6 bulan hingga bertahun-tahun tergantung perawatannya. 

2. Menampung Lebih Banyak

Karena berbentuk corong, menstrual cup dapat menampung darah lebih banyak dibandingkan dengan pembalut yang cenderung malah bikin pembalut bocor ketika volume darah menstruasi kita banyak. Menstrual dapat menampung darah haid hingga 40ml. 

3. Tidak Mudah Iritasi

Berbeda dengan tampons dan pembalut yang sifatnya menyerap darah, sehingga dapat membuat kulit sekitar area vagina lembab dan menyebabkan gatal. Pada menstrual cup juga tidak ada fragrance dan bahan kimia nya. Selain itu, menstrual cup tidak mengganggu tingkat pH vagina sehingga resiko untuk terkena Toxic Shock Syndrome kecil. 

4. Tidak Bau

Menstrual cup tidak menimbulkan bau loh, Ladies. Ya, yang menimbulkan bau adalah ketika kamu menggunakan pembalut atau tampons, ditambah lagi kalau pembalut kamu lembab. Duh engak banget deh!

Cara Menggunakan Menstrual Cup

Menstrual Cup / source: freepik.com
Menstrual Cup / source: freepik.com

Cara menggunakan menstrual cup hampir sama dengan ketika kamu menggunakan tampon. Masukan menstrual cup yang dilipat berbentuk "U" ke dalam vagina kamu. Pastikan tangan kamu bersih ya ketika menggunakan menstrual cup. 

Itu tadi adalah perkenalan tentang menstrual cup. Apa kamu sudah mencoba untuk menggunakannya?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id