sign up SIGN UP

LIFE

Kenali Bipolar Secara Tepat dan Cara Menghadapinya

Fahira mahza | Kamis, 29 Apr 2021 18:00 WIB
Kenali Bipolar Secara Tepat dan Cara Menghadapinya
caption

Pernahkah kamu mendengar bipolar? Bipolar merupakan istilah dalam dunia psikologi yang merujuk pada gangguan mental yang ditandai dengan perubahan emosi secara drastis. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan suasana hati, energi, konsentrasi, dan kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Penderita bipolar dapat mengalami gejala mania yakni senang berlebihan dan depresif atau merasa sangat terpuruk. Tiap fase emosi tersebut dapat berlangsung selama beberapa hari, minggu bahkan bulan.

Penyebab pasti dari gangguan bipolar belum diketahui. Namun, diduga hal ini terjadi karena gangguan senyawa alami untuk neurotransmitter yang dipicu dari beberapa faktor seperti genetik dan sosial. Untuk mengatasi gejala bipolar cobalah ikuti beberapa tips berikut ini. 

Lakukan hobi atau hal yang disukai 

Lakukan hobi atau hal yang disukai
Lakukan hobi atau hal yang disukai/foto: freepik.com

Setiap orang pasti memiliki kegemaran yang berbeda-beda. Bagi penderita bipolar melakukan aktivitas positif dapat membantu pikiran tetap fokus dan menekan timbulnya gejala. Hal-hal positif tersebut dapat berupa hobi ataupun hal yang disukai. Dengan begini maka pikiran-pikiran negatif dapat sirna. 

Rutin berolahraga

Rutin berolahraga
Rutin berolahraga/foto: freepik.com

Pernahkah kamu mendengar ungkapan "di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat"? Walaupun terkesan sepele, namun hal ini nyata adanya. Gangguan bipolar mungkin sulit untuk disembuhkan total. Untuk mengurangi gejalanya, sangat penting bagi penderita bipolar untuk menerapkan hidup sehat. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan ialah rutin berolahraga. Cobalah untuk olahraga secara teratur 2-3 kali seminggu. 

Jangan mengisolasi diri 

Jangan mengisolasi diri
Jangan mengisolasi diri/foto: freepik.com

Menyendiri memang terkadang dibutuhkan bagi beberapa orang untuk menjernihkan pikiran. Tapi bagi penderita gangguan bipolar, menyendiri dapat berujung mengisolasi diri. Hal tersebut akan memicu meningkatnya gejala gangguan bipolar serta munculnya pikiran-pikiran negatif. Untuk itu hindarilah mengisolasi diri dan cobalah untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. 

Meditasi 

Meditasi
Meditasi/foto: freepik.com

Melakukan terapi kognitif berupa meditasi berdasarkan kesadaran yang diawasi ternyata dapat membantu menurunkan gejala depresi loh. Orang dengan gangguan bipolar akan belajar mengendalikan perubahan suasana hati dengan rutin meditasi. Meditasi juga dapat meningkatkan konsentrasi serta menciptakan kedamaian hati. 

Bersikap terbuka

Bersikap terbuka
Bersikap terbuka/foto: freepik.com

Penderita gangguan bipolar cenderung mudah marah serta bersikap agresif yang disertai perubahan mood secara mendadak. Hal ini mungkin saja ditimbulkan karena stress dan tertekan yang menciptakan sifat tertutup. Bersikap terbuka dengan orang-orang terkasih merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dapat membuat perasaan penderita bipolar lebih tenang dan nyaman karena mudah dalam mencurahkan isi hati serta kegelisahan yang dialami. 

Gangguan bipolar mungkin terlihat sepele dan tak perlu dianggap serius. Namun, jika tidak diatasi maka akan menimbulkan stress dan depresi bagi penderitanya. Selain mencoba tips diatas sebaiknya konsultasikan juga dengan ahlinya agar tidak salah langkah!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id