sign up SIGN UP

LIFE

Kerja Berlebihan, Ini Potensi Penyakit yang Bisa Saja Muncul

Izzul Millati Umami | Selasa, 29 Sep 2020 15:30 WIB
Kerja Berlebihan, Ini Potensi Penyakit yang Bisa Saja Muncul
caption
Jakarta -

Ladies termasuk orang yang sering kerja berjam-jam di hadapan layar komputer? Sering nggak sih ngerasa overwork akibat kerja yang berlebihan? Nah, bila ladies termasuk tipe orang yang seperti ini, ada baiknya untuk evaluasi kebiasaan ini. Ternyata, banyak banget bahaya dari kerja berlebihan yang sebaiknya kamu tahu. 

Vertigo

Vertigo
Vertigo/sumber:pixabay.com

Selama berjam-jam di depan layar komputer tentu akan membuat beberapa area tubuh terhenti geraknya. Otot-otot rahang, kepala, leher dan wajah bisa menjadi tegang karena kurang gerak.

Ini mengakibatkan penyakit vertigo muncul. Sementara itu, sakit vertigo ini hanya bisa diobati dengan meminum obat pereda rasa nyeri. Untuk mencegah penyakit ini datang, kamu bisa istirahat selama 5 menit sebelum lanjut untuk menjaga otot tubuh rileks. 

Sakit punggung

Sakit punggung
Sakit punggung/sumber:pixabay.com

Sakit punggung sangat bisa terjadi bila pekerjaan yang Ladies lakukan menuntut untuk standby selama berjam-jam. Untuk mengurangi dan mencegahnya, cobalah untuk memperbaiki posisi duduk yang selama ini dibiasakan. Duduklah tegak, rajin berolahraga, plank, dan jaga berat badan secara ideal. 

Ketegangan Otot Mata

otot mata tegang
otot mata tegang/sumber:pixabay.com

70-90% pekerja kantoran sering sekali mengeluhkan mata tegang, kering dan kabur. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya waktu untuk istirahat setelah menatap layar komputer terlalu lama. 

Untuk menghindarinya, cobalah untuk menetapkan aturan 20.20.20.Maksudnya adalah, setiap 20 menit, coba untuk istirahat dan lihat ke area kosong selama 20 detik. Cara ini sangat bisa digunakan untuk mengistirahatkan mata yang lelah. 

Penyakit Jantung

Semakin sering lembur, semakin sering pula untuk terkena resiko penyakit jantung. Terdapat penelitian di tahun 2010 yang menjelaskan bahwa orang yang bekerja lembur atau sering kerja tanpa istirahat punya resiko penyakit jantung. 

Pola makan yang buruk juga menjadi pemicu dari penyakit jantung ini. Ini merupakan akibat dari konsumsi dan pola makan buruk selama bekerja berlebihan. 

Stress

stress
stress/sumber:pixabay.com

Kerja berlebihan memang bisa mengakibatkan burnout terlalu cepat. Kondisi ini bisa mengacaukan konsentrasi yang selama ini dibangun. Untuk itu, hendaknya bagi Ladies untuk mengatur ritme kerja agar tidak terjadi burnout berlebihan. Caranya adalah bisa dengan sambil mendengarkan musik untuk membantu rasa stress terminimalisir. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id