sign up SIGN UP

LIFE

Ketahui 5 Alasan Kenapa Harus Mandi Air Dingin Setelah Olahraga

Intan Dwi | Kamis, 18 Feb 2021 09:30 WIB
Ketahui 5 Alasan Kenapa Harus Mandi Air Dingin Setelah Olahraga
caption
Jakarta -

Setelah melakukan olahraga, banyak orang memilih mandi di bawah pancuran air panas atau hangat untuk menghilangkan rasa lelah. Tapi tahukah kamu, ternyata mandi air dingin setelah berolahraga akan mendapatkan banyak keuntungan bagi tubuh.

Mandi air dingin dapat membantu mempercepat pemulihan dan juga bermanfaat bagi kulit. Berikut ini adalah enam alasan yang perlu kamu ketahui kenapa harus mandi air dingin setelah olahraga.

Memiliki efek mengencangkan kulit

Setelah melakukan olahraga yang memompa jantung, manfaatkan aliran darah yang sedang meningkat dengan mandi air dingin.
Memiliki efek mengencangkan kulit/freepik.com

Setelah melakukan olahraga yang memompa jantung, manfaatkan aliran darah yang sedang meningkat dengan mandi air dingin. Karena air dingin bisa membantu mengencangkan dan menyempitkan aliran darah yang bisa membantu menghalangi munculnya kulit kusam.

Selain itu, penyempitan ini enggak hanya mengencangkan kulit tapi juga menyempitkan kutikula rambut yang dapat membantu memperkuat folikel. Jadi kamu bisa memperbaiki penampilan kulit sekaligus memperkuat rambut.

Membantu melembabkan kulit setelah berkeringat

Setelah kehilangan kelembapan karena keringat, mandi air dingin dapat meningkatkan perlindungan kelembapan alami kulit kamu jauh lebih baik daripada air panas.
Membantu melembabkan kulit setelah berkeringat/freepik.com

Setelah kehilangan kelembapan karena keringat, mandi air dingin dapat meningkatkan perlindungan kelembapan alami kulit kamu jauh lebih baik daripada air panas. Sementara, air panas akan dapat mengeringkan lapisan sebum pada kulit yang memberikan kelembapan dan perlindungan pada tubuh.

Tetapi mandi dengan air dingin tidak akan mengeringkan lapisan kulit, karena itu kulit akan tetap terhidrasi secara alami.

Merangsang sistem saraf

Mandi air dingin merangsang cabang simpatik dari sistem saraf otonom dnegan mendorong respon stres hormetik yang akan berkontribusi pada peningkatan suasana hati
Merangsang sistem saraf/freepik.com

Setelah olahraga penambah endorfin, lebih baik mandi air dingin untuk merangsang sistem saraf kamu lebih jauh. Mandi air dingin merangsang cabang simpatik dari sistem saraf otonom dengan mendorong respon stres hormetik yang akan berkontribusi pada peningkatan suasana hati dan fungsi psikologis yang lebih baik.

Ketika diaktifkan setelah latihan dengan mandi air dingin, nantinya sistem saraf simpatik kamu mengirimkan sinyal hormonal ke seluruh tubuh.

Meningkatkan pemulihan setelah olahraga

Mandi air dingin menjadi cara paling baik untuk pemulihan setelah berolahraga, karena hawa dinginnya menyempitkan pembuluh darah, artinya semua darah akan mengalir ke tengah tubuh.
Meningkatkan pemulihan setelah olahraga/freepik.com

Mandi air dingin menjadi cara paling baik untuk pemulihan setelah berolahraga, karena hawa dinginnya menyempitkan pembuluh darah, artinya semua darah akan mengalir ke tengah tubuh. Cara lainnya untuk memanfaatkan pancuran air dingin pasca latihan adalah mengganti suhu.

Membandingkan dari air panas ke air dingin, itu memberikan manfaat juga untuk membuka pembuluh darah yang memungkinkan aliran darah lebih baik. Mandi air dingin dapat meningkatkan kemampuan tingkat pemulihan karena peningkatan kadar glutathione yang membantu pemulihan dari olahraga.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

mandi air dingin bisa meningkatkan jumlah sel darah putih di tubuh yang bertanggung jawab untuk sistem kekebalan tubuh.
Memperkuat sistem kekebalan tubuh/freepik.com

Berolahraga memang diketahui dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh, tapi olahraga berlebihan dapat menekan respon imun dan membuka jalan untuk penyakit. Selain beristirahat untuk memulihkan diri saat berlebihan berolahraga, mandi air dingin juga dapat memberikan perlindungan.

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa mandi air dingin bisa meningkatkan jumlah sel darah putih di tubuh yang bertanggung jawab untuk sistem kekebalan tubuh.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id