sign up SIGN UP

LIFE

Manjakan dan Cintai Diri, Ini Cara Meningkatkan Rutinitas Self Care

Astari Dewi Larasati | Minggu, 03 Jan 2021 07:00 WIB
Manjakan dan Cintai Diri, Ini Cara Meningkatkan Rutinitas Self Care
caption

Setiap manusia mempunyai rutinitas dan kegiatan sehari-hari, sehingga perlu melakukan self care. Hal ini dilakukan untuk lebih mencintai diri sendiri, memberi reward pada tubuh serta pikiran, dan memanjakan diri. Apalagi saat ini kehidupan kerja lebih sibuk dan gaya hidup lebih modern sehingga sulit untuk memprioritaskan diri sendiri.

Oleh karena itu, self care bisa memulihkan dan mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih baik. Apalagi liburan akan datang sebentar lagi, jadi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas perawatan diri. Inilah saatnya untuk menambah self care ke dalam rutinitas sehari-hari dan dapatkan dengan cara terbaik sebagai berikut.

Gunakan Essential Oil untuk Hilangkan Stress

Ada banyak produk CFD yang tersedia dalam berbagai bentuk seperti cream, oil bahkan bath bombs.
Gunakan Essential oil ntuk menghilangkan stress/freepik.com

Saat ini banyak bahan kesehatan yang trend dan mulai bermunculan untuk menghilangkan stres. Seperti essensial oil yang digunakan saat mandi, memijat tubuh, menghilangkan rasa sakit atau nyeri, hingga membuat diri jadi lebih tenang. Sudah banyak orang yang mencoba dan ternyata ampuh untuk mengilangkan ketegangan sepanjang hari. 

Jadwalkan Self Care pada Kalender

Cobalah untuk menjadwalkan self care setiap sebulan sekali agar kesehatan dan kesejahteraan diri.
Jadwalkan self care pada kalender/freepik.com

Saat jadwal sibuk, self care akan mengalami penundaan dan jadi tidak bisa dilakukan. Tapi self care bisa diubah waktunya serta tidak perlu dilakukan secara terburu-buru.

Cobalah untuk menjadwalkan self care setiap sebulan sekali pada kalender agar kesehatan dan kesejahteraan diri bisa terjaga. Kuncinya adalah menjaga konsistensi sehingga tubuh menjadi energik dan termotivasi di tempat kerja, hati, serta perhatian dalam hubungan.

Baca Buku

Buku berkualitas bisa memengaruhi hidup dan mengisi waktu luang untuk meningkatkan kepercayaan diri.
Baca buku/freepik.com

Inti dari self care adalah menginvestasikan waktu, energi, dan uang ke dalam diri sendiri. Alih-alih menghabiskan waktu untuk menonton film atau drama, coba luangkan waktu sebelum tidur atau pagi hari untuk membaca buku.

Pilih buku yang bisa membuat diri lebih baik, memberi inspirasi, membuat lebih bahagia, hingga menambah wawasan. Buku berkualitas bukan hanya mempengaruhi hidup, namun mengisi waktu luang untuk meningkatkan kepercayaan diri bahkan aspek kehidupan lain.

Pastikan Self Care Berarti Self Love

Apapun yang dilakukan demi self care harus bisa memperbaiki hubungan yang dimiliki diri sendiri.
Pastikan self care berarti self love/freepik.com

Sepanjang tahun 2020, istilah self care sangat populer dan banyak orang melakukan kegiatan yang memanjakan diri sendiri. Namun tidak melakukan self love sehingga membuat orang merasa terisi ulang dan diperhatikan.

Apapun yang dilakukan demi self care harus bisa memperbaiki hubungan yang dimiliki dengan diri sendiri. Misalnya, jujur dan memaafkan diri sendiri. Hal ini akan mempunyai manfaat yang baik ke depannya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id