sign up SIGN UP

Kiat Jaga Imunitas Tubuh di Musim Pancaroba plus Masih Pandemi Covid-19

Ratih Dewi | Sabtu, 25 Sep 2021 15:00 WIB
Kiat Jaga Imunitas Tubuh di Musim Pancaroba plus Masih Pandemi Covid-19
caption

Menjaga imunitas tubuh sangat penting untuk melindungi kita terpapar penyakit, terutama ketika musim pancaroba datang, yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. 

Ketika peralihan dari satu musim ke musim lainnya, tubuh kita akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu musim tersebut, sehingga imun juga bekerja lebih keras yang membuat kita rentan sakit, seperti demam, flu, dan batuk. 

Supaya tidak mudah sakit ketika musim pancaroba datang, terlebih lagi di masa pandemi covid-19 seperti ini, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imun, check this out

1. Jam Tidur yang Cukup

Jam Tidur yang Cukup
Jam Tidur yang Cukup/Foto : pexels.com/Ron Lach

Tidur adalah hal yang sederhana namun harus diperhatikan, karena tidur yang cukup (7-9 jam) per harinya, memberikan tubuh untuk beristirahat dengan cukup, sehingga imun bisa terbentuk dengan sempurna. 

Melansir dari laman Mayo Clinic, selama kita tidur tubuh akan melepaskan senyawa sitokin yang membuat kita tidur lebih nyenyak. Jika kita kurang tidur, maka senyawa sitokin akan menurun dan sel antibodi tidak terbentuk dengan baik. 

Jika sel antibodi tidak terbentuk dengan baik, maka imunitas tubuh akan menurun dan kita akan mudah terjangkit penyakit. 

2. Jadwalkan Olahraga Rutin

Jadwalkan Olahraga Rutin
Jadwalkan Olahraga Rutin/Foto : pexels.com/Pixabay

Sesibuk apa pun kamu, jadwalkan untuk melakukan olahraga rutin paling tidak 15-30 menit setiap hari, baik di luar ruangan ataupun di dalam ruangan. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat kok, Beauties, seperti skipping, joggingatau gerakan olahraga ringan lainnya. 

Manfaatkan juga sinar matahari di pagi hari untuk berjemur untuk meningkatkan vitamin D di tubuh kita yang bermanfaat untuk menjaga imun tubuh lebih kuat. Jumlah vitamin D harian yang dibutuhkan juga berbeda-beda tergantung usianya. Usia 19-70 tahun jumlah vitamin D yang dibutuhkan 600 IU dan 70 tahun ke atas 800 IU, demikian dilansir dari National Institutes of Health.

Profesor Biokimia Adrian Gombart menjelaskan, jika kekurangan vitamin D, maka tubuh tidak memiliki respon maksimal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

3. Minum Vitamin atau Suplemen

Minum Vitamin atau Suplemen
Minum Vitamin atau Suplemen/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Supaya melengkapi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, jangan lupa untuk minum vitamin atau suplemen sesuai anjuran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut Dr. Mercola pada lamannya, menyebut 80% sistem kekebalan tubuh ada di sistem pencernaan.

Pencernaan yang sehat dan lancar menjadi kunci sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi probiotik setiap hari bisa memperlancar sistem pencernaan tubuh kita. Beauties juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan dosis yang dibutuhkan ketika mengkonsumsi probiotik. 

4. Konsumsi Makanan yang Sehat 

Konsumsi Makanan yang Sehat
Konsumsi Makanan yang Sehat/Foto : pexels.com/Trang Doan

Tidak hanya olahraga yang cukup, tidur teratur, dan konsumsi vitamin, pola makan juga harus dijaga dan seimbang, ya Beauties. Jika sudah masuk musim hujan, konsumsi makanan yang hangat seperti sayur bayam atau sup dengan ayam, wortel, kentang, kol, atau lainnya.

Dr. Kaitlyn Clarke menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Sementara makanan yang memperlancar sistem pencernaan seperti ubi jalar, apel, alpukat, dan bayam. 

Sebuah studi juga menjelaskan bahwa memasak dengan menggunakan bawang putih bisa meningkatkan imun tubuh dan mengurangi flu atau pilek sebesar 61%, demikian dilansir dari laman Urban Wellness Clinic.

5. Jangan terlalu Banyak Makanan Manis

Jangan terlalu Banyak Makanan Manis
Jangan terlalu Banyak Makanan Manis/Foto : pexels.com/Luis Quintero

Kurangi makanan atau minuman yang memiliki kadar gula tinggi, terutama gula rafinasi. Konsumsi makanan yang manis secukupnya saja, jika terlalu banyak maka akan merusak kekebalan tubuh kita. Sebagai gantinya, bisa konsumsi buah-buahan untuk pengganti makanan manis yang berlebihan. 

6. Hindari Beraktivitas Luar Ruangan Terlalu Banyak

Hindari Beraktivitas Luar Ruangan terlalu Banyak
Hindari Beraktivitas Luar Ruangan terlalu Banyak/Foto : pexels.com/August de Richelieu

Walaupun di beberapa wilayah kasus covid-19 sudah menurun, kamu tetap perlu memperhatikan aktivitas di luar ruangan ya, Beauties. Karena musim pancaroba seperti ini, sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda, jika sistem kekebalan tubuhnya rendah, maka penyakit atau virus akan lebih mudah menyerang tubuh, termasuk virus corona.

Dilansir dari laman detikHealth jika terpaksa beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan paling penting menjaga jarak untuk menghindari kerumunan.

-------------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id