sign up SIGN UP

5 Makanan Korea yang Menyehatkan, Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh!

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 15 Sep 2021 22:15 WIB
5 Makanan Korea yang Menyehatkan, Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh!
Kimchi/Foto: freepik/jcomp
Jakarta -

Beberapa waktu belakangan ini, kuliner khas Korea mulai banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, nih! Restoran yang menyediakan berbagai macam masakan Korea pun juga sudah mulai banyak bermunculan.

Kuliner Korea identik dengan makanan berbahan dasar sayuran, tanaman herbal dan rempah-rempah yang beragam. Dengan beragamnya sayuran, rempah maupun tanaman herbal yang digunakan dalam masakannya, masakan Korea ini bisa membantu menyehatkan tubuh, seperti lima menu masakan Korea yang menyehatkan berikut ini!

Kimchi

Siapa yang tidak tahu makanan satu ini. Kimchi sudah menjadi kuliner khas Korea yang wajib untuk kalian coba.
Kimchi/Foto: freepik/jcomp

Kimchi sudah menjadi kuliner khas Korea yang wajib untuk dicoba. Makanan yang difermentasi ini mempunyai banyak khasiat, seperti dapat mengurangi kerutan dan garis halus di wajahmu. Kandungan probiotik di dalamnya juga dapat membantu menjaga kesehaan usus.

Selain itu juga dapat membantu mengurangi kolesterol, membantu menurunkan berat badan dan menjaga imunitas tubuh. 

Samgyetang

Sup ayam dengan ginseng ini memang khas banget deh di kuliner Korea.
Samgyetang/Foto: freepik/cjnattanai

Sup ayam dengan ginseng ini memang khas banget deh di kuliner Korea. Menggunakan banyak rempah yang menyehatkan seperti jujube, ginseng, bawang putih dan rempah lainnya membuat sup ayam ini terasa menyegarkan dan juga menyehatkan.

Karena mengandung ginseng, makanan ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuhmu dan juga mengurangi kelelahan.

Doenjang Jjigae

Doenjang Jjigae atau bisa juga disebut sebagai sup pasta kedelai juga menjadi salah satu makanan Korea yang menyehatkan.
Doenjang Jjigae/Foto: freepik/topntp26

Doenjang Jjigae atau bisa juga disebut sebagai sup pasta kedelai juga menjadi salah satu makanan Korea yang menyehatkan. Berbahan dasar doenjang atau pasta kedelai yang difermentasi, membuat makanan ini lebih banyak mengandung gizi dibandingkan dengan kedelai biasa. 

Doenjang sebagai sumber peptida aktif yang baik dan memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti menjaga kulit tetap bercahaya dan juga dapat memperlambat proses penuaan. Doenjang juga kaya akan Vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan hebat yang dapat membantu melindungi dan memperbaiki kulit.

Miyeok Guk

Makanan dan Minuman Korea untuk Tetap Awet Muda, Bahkan Ketika Memasuki Usia 40 Tahun!Makanan dan Minuman Korea untuk Tetap Awet Muda, Bahkan Ketika Memasuki Usia 40 Tahun!/ Foto: YouTube.com/FutureNeighbor

Rumput laut sendiri juga banyak memiliki manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan kesuburan, meningkatkan fungsi tiroid. Miyeok Guk atau yang lebih terkenal dengan sebutan sup rumput laut ini biasanya dijadikan hidangan untuk mereka yang sedang berulang tahun dan cocok untuk ibu hamil.

Sup ini dipercaya memiliki gizi yang cukup untuk ibu dan juga janinnya. Rumput laut juga mengandung mineral alami yang cocok untuk menyembuhkan jerawat dan masalah kulit sensitif dan mengandung antioksidan serta Vitamin B dan C untuk meratakan pigmentasi kulit.

Banchan/Side Dish: Kongnamul Muchim dan Musaengchae

Kongnamul Muchim, merupakan salah satu side dish yang sering disediakan ketika kamu menyantap makanan Korea.
Kongnamul Muchim/Foto: freepik/ikarahma

Kongnamul Muchim, merupakan salah satu side dish yang sering disediakan ketika kamu menyantap makanan Korea. Berbahan dasar tauge atau kecambah yang diolah dengan menggunakan bawang putih, bubuk cabai, dan minyak wijen. Kecambah sendiri mempunyai banyak manfaat sendiri seperti dapat membantu memperlancar pencernaan, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Selain Kongnamul Muchim, side dish lainnya yang biasa disediakan adalah Musaengchae. Musaengchae merupakan makanan Korea yang seperti kimchi yang juga difermentasi, namun dengan bahan dasar yang berbeda, yaitu menggunakan lobak putih.

Lobak mempunyai banyak manfaat seperti tinggi serat, membantu meningkatkan imunitas serta mengontrol tekanan darah, dan tidak mengandung lemak jenuh, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id