sign up SIGN UP

Ladies, Begini 5 Cara Hilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Lifia Mawaddah Putri | Minggu, 28 Feb 2021 14:30 WIB
Ladies, Begini 5 Cara Hilangkan Bekas Luka yang Menghitam
caption
Jakarta -

Pernahkah kamu mengalami bekas luka yang menghitam? Tentunya, hal ini membuat penampilan jadi terganggu yang akhirnya bikin enggak percaya diri. Eits, enggak usah khawatir. Kamu masih bisa menghilangkannya kok. Berikut ini, Beautynesia.id sudah merangkum 5 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Jeruk nipis

Kandungan tersebut mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.
Jeruk Nipis/freepik.com

Jeruk nipis adalah bahan alami yang dikenal memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA). Kandungan tersebut mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit. Tapi, jangan terlalu sering menggunakannya ya, Beautynesian. Sebab, hal ini akan membuat kulit jadi lebih sensitif. Aplikasikanlah pada bekas luka 2 kali dalam seminggu. Jika terasa perih dan timbul kemerahan, segera hentikan pemakaian.

Madu

Madu memang sudah terkenal memiliki banyak keunggulan untuk merawat kulit. Salah satunya, madu dapat mempercepat proses regenerasi sel di dalam kulit. Bahkan, madu juga dapat bermanfaat untuk mengatasi bekas luka. Caranya, oleskan madu pada area bekas luka dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilaslah hingga bersih.

Bawang merah

Bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan. Bawang merah juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam.
Bawang Merah/freepik.com

Bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan. Bawang merah juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam. Namun, bawang merah hanya boleh dipakai pada area tubuh. Jadi, kamu enggak boleh mengaplikasikannya pada wajah.

Bawang merah dapat menghilangkan bekas luka yang menghitam karena memiliki sifat anti-inflamasi. Sehingga hal ini dapat menghambat pembentukan pigmentasi yang menyebabkan bekas luka menjadi hitam.

Lidah buaya

Selain bawang merah, lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bekas luka. Bukan hanya itu saja lho! Lidah buaya juga bisa membantumu mengurangi pembengkakan, memperbaiki kerusakan kulit, serta meregenerasi kulit.

Air Kelapa

Kandungan vitamin C pada kelapa ini dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam di kulit.
Kelapa/freepik.com

Nutrisi yang tinggi pada kelapa sangat baik bagi kesehatan tubuh dan kulitmu. Selain itu, kelapa juga diperkaya dengan vitamin C, serat, kalium dan magnesium. Kandungan vitamin C pada kelapa ini dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam di kulit. Caranya, kamu hanya perlu membasuh bekas luka tersebut dengan air kelapa.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id