sign up SIGN UP

LIFE

Makan Timun Bikin Keputihan, Benarkah?

Rumaysha Milhania | Selasa, 22 Sep 2020 15:30 WIB
Makan Timun Bikin Keputihan, Benarkah?
caption
Jakarta -

Keputihan adalah sebuah kondisi yang pasti pernah dialami semua wanita. Ini merupakan sebuah kondisi alami yang memiliki guna untuk memberikan perlindungan dan membersihkan bagian vagina dari risiko infeksi dan iritasi. Keputihan ini muncul dengan adanya lendir dari vaginanya. Lendir atau cairan ini diproduksi oleh kelenjar di area vagina dan serviks untuk membawa keluar sel mati dan bakteri yang ada di dalam organ reproduksi.

Keputihan adalah sebuah kondisi yang pasti pernah dialami semua wanita. Ini merupakan sebuah kondisi alami yang memiliki guna untuk memberikan perlindungan dan membersihkan bagian vagina dari risiko infeksi dan iritasi.
Keputihan karena Timun/ Sumber: Freepik.com

Tidak bisa dipungkiri, keputihan ini kerap menimbulkan rasa tidak nyaman hingga banyak wanita berupaya untuk menghilangkan keputihan ini. Salah satunya adalah dengan menghentikan kebiasaan makan timun karena dipercaya menyebabkan keputihan. Padahal, kenyataannya adalah timun memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Lalu, apakah benar timun juga berkontribusi dalam memperbanyak keputihan pada wanita?

Apakah Timun dapat Menyebabkan Keputihan?

Perlu dipahami bahwa timun adalah salah satu asupan yang sangat baik untuk tubuh. Pasalnya, timun memiliki kandungan vitamin A, B, C, serta beragam kandungan mineral lainnya. Menariknya, mitos yang tersebar mengenai timun sebagai penyebab keputihan masih belum bisa terbukti secara ilmiah. Pasalnya, keputihan memang terjadi secara alami saat seorang wanita berada dalam periode tertentu di masa menstruasi. Dengan kata lain, keputihan sama sekali tidak dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi seorang wanita.

Keputihan memang terjadi secara alami saat seorang wanita berada dalam periode tertentu di masa menstruasi. Dengan kata lain, keputihan sama sekali tidak dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi seorang wanita.
Keputihan/ Sumber: Freepik.com

Mengenali Penyebab Keputihan

Para ahli umumnya membedakan keputihan menjadi dua jenis, yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Keputihan normal biasanya tampak seperti cairan atau lendir yang bening atau keputihan tanpa bau atau aroma tertentu. Sebaliknya, keputihan tidak normal biasanya tampak berwarna dan berbau.

Keputihan tidak normal biasanya disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Ini biasanya dikaitkan dengan kebiasaan buruk seperti malam mengganti pakaian dalam atau menggunakan pakaian dalam yang lembap. Jika kamu suka berolahraga hingga berkeringat dan tidak langsung mengganti pakaian dalam juga bisa menjadi penyebab keputihan.
Apakah Timun Menyebabkan Keputihan?/ Sumber: Freepik.com

Nah, penyebab keputihan itu sendiri juga beragam. Biasanya, keputihan akan menjadi lebih banyak saat seorang wanita sedang stres, kelelahan, hingga dipengaruhi juga dengan kehamilan dan aktivitas seksual. Di sisi lain, keputihan tidak normal biasanya disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Ini biasanya dikaitkan dengan kebiasaan buruk seperti malas mengganti pakaian dalam atau menggunakan pakaian dalam yang lembap. Jika kamu suka berolahraga hingga berkeringat dan tidak langsung mengganti pakaian dalam juga bisa menjadi penyebab keputihan.

Jadi, jangan takut makan timun lagi, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id