sign up SIGN UP

Makanan Pedas Memang Enak sih, Tapi Sudah Tahu dengan Dampak Buruk yang Mengintai Ini?

Octavia Tunggal Dewi | Rabu, 24 Nov 2021 08:00 WIB
Makanan Pedas Memang Enak sih, Tapi Sudah Tahu dengan Dampak Buruk yang Mengintai Ini?
caption

Bagi kamu penyuka makanan pedas, makanan yang tidak pedas rasanya kurang sedap untuk dinikmati. Sebenarnya makanan pedas juga memiliki manfaat untuk tubuh, seperti membantu menurunkan berat badan hingga mengatasi penyakit jantung dan depresi.

Namun adakah bahaya apabila terlalu sering makan makanan pedas? Tentu saja ada lho, Beauties! Ini dia 6 bahaya terlalu sering makan pedas. Simak informasi selengkapnya di sini yuk!

1. Sakit Perut dan Diare

Sakit perut dan diare
Sakit Perut dan Diare/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Akibat sering makan makanan pedas dapat memicu timbulnya sakit perut dan diare. Menurut penelitian ilmiah, Capsaicin, bahan aktif dalam cabai, dapat mengiritasi lapisan lambung jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Terlalu banyak Capsaicin dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, sakit perut, dan diare.

2. Jerawat dan Eksim

Jerawat dan eksim
Jerawat dan Eksim/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Menurut Rebecca Tung, MD, dokter kulit Florida mengatakan jika mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan peradangan jerawat, radang usus, dan peradangan juga bisa muncul di kulit, menyebabkan kemerahan, ruam, bahkan eksim.

3. Insomnia

Insomnia
Insomnia/Foto: Freepik.com/Benzoix

Jika kamu menyukai makanan pedas, batasi untuk makan siang. Makanan pedas dan asam dapat menyebabkan mulas yang dapat mempersulit kamu untuk tidur sehingga mengalami insomnia. Selain itu, makan makanan pedas sebelum tidur tidak dianjurkan karena dapat memperburuk ketidaknyamanan yang kamu alami.

4. Pengaruhi Suara

Pengaruhi suara
Pengaruhi Suara/Foto: Freepik.com/Cookie_Studio

Akibat terlalu sering makan makanan pedas menurut pakar kesehatan Mayo Clinic, makan terlalu banyak makanan pedas dapat menjadi salah satu hal yang bisa mengiritasi tenggorokan. Jika kamu memiliki penyakit asam lambung, mengkonsumsi terlalu sering makanan pedas, tidak hanya dapat menyebabkan muntah, tetapi juga sakit tenggorokan, pembengkakan, dan perubahan suara.

5. Lecet dan Ruam

Wanita sedang gatal gatalLecet dan Ruam/ Foto: Freepik.com

Menurut Dr. Barry Green dari John B. Pierce Institute, menyentuh beberapa makanan pedas dapat menimbulkan risiko kesehatan potensial seperti lecet dan ruam. Makanan pedas merangsang reseptor kulit yang biasanya merespon panas, seperti suhu ekstrem, cubitan, dan luka, tetapi reseptor ini juga merespons efek kimia tertentu. Oleh karena itu, menyentuh makanan pedas dapat menyebabkan lecet dan ruam.

6. Maag Akut

Maag akut
Maag Akut/Foto: Freepik.com/Benzoix

Jika kamu makan terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, permukaan perut kamu akan menjadi rapuh dan mudah sakit perut. Terlalu banyak makanan jenis ini dapat menyebabkan gastritis dan tukak akut akibat peradangan pada dinding bagian dalam lambung. Gejala penyakit ini adalah mual, muntah, kembung dan diare.

Nah Beauties, itu dia beberapa bahaya apabila mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Tentunya segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik bukan? Maka dari itu, meski kamu penggemar makanan pedas tetap mengonsumsi makanan pedas harus dibatasi sewajarnya ya. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id