sign up SIGN UP

Terapkan 4 Kebiasaan Sederhana Ini Saat Musim Hujan Agar Terhindar dari Masalah Kulit

Camellia | Selasa, 23 Nov 2021 14:00 WIB
Terapkan 4 Kebiasaan Sederhana Ini Saat Musim Hujan Agar Terhindar dari Masalah Kulit
Terapkan 4 Kebiasaan Sederhana Ini Saat Musim Hujan Agar Terhindar dari Masalah Kulit/Foto: Freepik/karlyukav

Sudah masuk musim hujan nih, Beauties! Selain suhu udara menjadi lebih dingin, tingkat kelembapan udara pun akan meningkat dibanding musim kemarau.

Meskipun badan menjadi lebih jarang berkeringat di musim hujan, bukan berarti kulitmu lebih terbebas dari masalah, lho! Justru di musim hujan, kulit menjadi lebih rentan terkena penyakit seperti infeksi jamur, eksim, kutu air, jerawat hingga biang keringat. Hal ini dikarenakan penguapan air dari kulit ke udara menjadi lebih lambat sehingga kulit terasa basah dan lengket.

Berbagai permasalahan kulit dapat bermula dari kelalaian kecil yang tidak kita sadari. Namun sebenarnya, ada kebiasaan sederhana yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari berbagai masalah kulit selama musim hujan. Yuk, cari tahu!

Cermat Memilih Alas Kaki yang Tepat

Ilustrasi Bersepatu Saat Hujan/ Foto: Jack Redgate
Ilustrasi Bersepatu Saat Hujan/ Foto: Jack Redgate

Pemilihan alas kaki yang tidak tepat bisa menjadi pemicu timbulnya masalah kulit. Kaos kaki yang ketat misalnya, membuat telapak kakimu hangat karena keringat yang terperangkap dan basah.

Tidak hanya membuat kakimu menimbulkan bau yang tidak sedap, kaki yang hangat dan lembap adalah kondisi ideal bagi jamur untuk tumbuh. Untuk itu, pilihlah alas kaki yang lebih longgar agar memungkinkan terjadinya pergantian udara.

Jika tidak ada kondisi yang mengharuskan kamu menggunakan alas kaki tertutup, selalu pilih alas kaki dengan sisi atas yang terbuka. Hal ini juga akan memudahkan mengeringkan kaki yang berkeringat atau basah saat terkena tetesan hujan.

Mandi dengan Air Hangat

Ilustrasi Mandi/ Foto: Yan Krukov
Ilustrasi Mandi/ Foto: Yan Krukov

Bukan rahasia lagi jika air hujan mengandung banyak kuman dan bakteri. Saat badanmu terkena air hujan, tidak hanya kulit yang berpotensi terkena penyakit, suhu tubuh pun akan menurun drastis, yang pada akhirnya akan mempengaruhi imun.

Untuk itu, jangan pernah lewatkan jadwal mandi dua kali sehari meskipun cuaca di musim hujan cenderung selalu dingin ya, Beauties! Mandilah dengan air hangat untuk membunuh kuman sekaligus menormalkan suhu tubuhmu kembali. Dengan membiasakan mandi air hangat, kamu juga bisa terhindar dari flu dan alergi.

Mencuci Wajah Dua Kali Sehari

Ilustrasi Mencuci Muka/ Foto: Ron Lach
Ilustrasi Mencuci Muka/ Foto: Ron Lach

Saat musim hujan, kulit jauh lebih rentan terpapar debu dan kotoran. Tumpukan sel kulit mati berpadu dengan kondisi udara lembap akan membuat wajahmu jadi tampak kusam hingga berjerawat.

Maka rajinlah mencuci muka dua kali sehari untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Gunakan sabun muka yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan sebelum kamu menyentuh wajah. Jangan sampai bakteri di tanganmu justru menimbulkan masalah baru.

Pilih Pakaian dengan Saluran Udara Cukup dan Menyerap Keringat

Ilustrasi Memilih Baju/ Foto: Karolina Ostrzolek
Ilustrasi Memilih Baju/ Foto: Pexels/Karolina Ostrzolek

Kelembapan udara yang tinggi saat musim hujan membuat kulit kita lebih rentan terkena penyakit. Hal ini dikarenakan keringat yang kita hasilkan akan lebih lambat menguap sehingga kulit terasa lengket dan bakteri akan mudah menempel.

Kondisi inilah yang sering memicu timbulnya panu di musim hujan, terutama di area punggung. Untuk itu, gunakan pakaian yang memiliki lubang saluran udara yang memadai dan mudah menyerap keringat agar tubuh tidak menjadi lembap dan lengket.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id