sign up SIGN UP

LIFE

Mau Tetap Sehat Meskipun di Rumah Aja? Berikut Tips untuk Memulai Yoga Sendiri

Priska Andini | Senin, 25 May 2020 02:00 WIB
Mau Tetap Sehat Meskipun di Rumah Aja? Berikut Tips untuk Memulai Yoga Sendiri
caption
Hayoo, siapa nih yang udah bosen berbulan-bulan di rumah aja? Eits, bisa jadi kebosananmu itu terjadi karena kamu kurang beraktivitas, lho! Berdiam di rumah bukan berarti tidak melakukan apa-apa, ya. Kamu harus tetap menggerakkan badan supaya sendi-sendimu tidak kaku.

Sudah dua bulan lamanya ya, kita berdiam diri di rumah. Adanya pandemi Covid-19 dan himbauan Pemerintah untuk melaksanakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) mau-tidak mau pastinya menghambat gerak dan mempersempit wilayah gerak kita. Namun, percayalah bahwa jika kita di rumah saja, kita membantu banyak pihak, dan tentunya diri kita sendiri, dari penyebaran covid-19.


Foto: Istimewa

Nah, berdiam di rumah bukan berarti hanya tiduran dan tidak melakukan apa-apa ya! Meskipun di rumah, kita harus tetap melakukan banyak aktivitas, karena itu baik untuk tubuh. Selain itu, psikis kita juga akan lebih sehat jika kita memiliki aktivitas. Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan saat di rumah adalah berolahraga. Banyak lho, jenis olahraga yang bisa kamu lakukan meskipun di rumah saja, misalnya yoga.

Jika kamu tertarik untuk memulai yoga di rumah, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Simak ya:
 


Mencari Info Sebanyak-banyaknya


Tak hanya saat ingin memulai yoga saja, sebenarnya jika kita ingin memulai sesuatu, terlebih dahulu kita harus mencari dan mengumpulkan info sebanyak mungkin tentang hal tersebut. Tujuannya adalah agar kita tidak salah saat melakukannya untuk pertama kali, karena sudah memiliki cukup info sebagai bekal.



Foto: Istimewa

Saat ingin melakukan yoga di rumah, pastikan sebelumnya kamu mencari informasi seputar yoga, ya. Informasi tersebut bisa kamu dapatkan lewat internet, social media, maupun berkonsultasi langsung dengan expert. Jika diperlukan, kamu bisa mencatat informasi tersebut dan memilah-milih mana yang kira-kira berguna atau tidak untukmu. Kamu juga bisa mencari tahu macam-macam yoga, dan memilihnya sesuai dengan kapasitasmu.
 


Persiapkan Perlengkapan Yoga


Saat informasi sudah didapat, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah: persiapkan perlengkapan yoga. Umumnya, jika ingin melakukan yoga, kamu memerlukan matras yoga. Pastikan matras tersebut pas di tubuh dan melekat di lantai, sehingga kamu tidak akan tergelincir dan cidera saat sedang melakukan yoga.


Foto: Istimewa

Selain itu, kenakan pakaian yang sesuai, seperti legging dan kaus atau set pakaian olahraga yang nyaman dan membuatmu bebas bergerak tanpa ribet. Jika sudah nyaman, kamu bisa lebih totalitas saat melakukan yoga, bukan?
 


Belajar dari Sumber Terpercaya


Foto: Istimewa

Pada awalnya, tentu kamu masih sangat awam dengan hal-hal seputar yoga. Untuk itu, kamu perlu belajar dari sumber yang terpercaya. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan berkonsultasi dengan instruktur yoga yang pastinya sudah expert dalam melakukan yoga, ataupun melihat tutorial di youtube dengan variasi yoga sesuai dengan kapasitasmu. Apalagi, sekarang teknologi sudah semakin canggih, pasti kamu akan lebih mudah saat belajar.
 


Practice Makes Perfect


Foto: Istimewa
Tips terakhir yang harus kamu lakukan saat memulai yoga adalah berlatih terus-menerus. Tidak ada yang instan jika kamu memulai sesuatu, karena semua hal membutuhkan proses. Sama halnya dengan olahraga yoga. Namun, kamu tidak perlu memforsir diri sendiri, ya! Berlatihlah perlahan namun teratur, dengan durasi waktu yang sesuai anjuran juga. Lambat-laun, kamu pasti bisa mahir.
(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id