sign up SIGN UP

LIFE

Mengejutkan! Inilah Kaitannya Antara Olahraga dan Kecantikan

Intan Dwi | Selasa, 16 Feb 2021 15:30 WIB
Mengejutkan! Inilah Kaitannya Antara Olahraga dan Kecantikan
caption
Jakarta -

Olahraga menjadi suatu kewajiban bagi semua orang, karena memiliki banyak manfaat yang positif bagi tubuh, seperti tetap bugar dan fit. Namun olahraga enggak hanya meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga menjaga kulit tetap bersih dan kencang.

Berolahraga meningkatkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi baru ke sel dan oksigen ke kulit. Jadi itu sangat membantu untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan dengan berolahraga juga mengurangi kortisol yang dapat mengurangi jerawat terkait stres. Berikut ini adalah hal-hal yang mengejutkan dari hubungan antara olahraga dan kecantikan:

Meningkatkan aliran oksigen ke kulit

olahraga bisa sangat bermanfaat bagi kulit dan kesehatan kamu secara keseluruhan dengan meningkatkan aliran darah.
Meningkatkan aliran oksigen ke kulit/pexels.com

Apakah kamu tahu, kalau wajah kemerahan yang kamu dapatkan setelah berolahraga adalah tanda bahwa kulit kamu mendapatkan oksigen dan nutrisi? Yap, olahraga bisa sangat bermanfaat bagi kulit dan kesehatan kamu secara keseluruhan dengan meningkatkan aliran darah.

Rupanya ini enggak hanya meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke kulit, tapi juga akan mempercepat pembuangan produk limbah dan radikal bebas. Sehingga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang lebih lanjut.

Meningkatkan produksi kolagen

Peningkatan aliran darah dari olahraga itu dapat merangsang produksi kolagen dan meningkatkan pergantian sel untuk kulit yang sehat dan bercahaya.
Meningkatkan produksi kolagen/pexels.com

Pentingnya kolagen dalam menjaga kekencangan dan kesehatan kulit telah diakui beberapa tahun terakhir. Saat ini banyak orang yang mengonsumsi minuman kolagen atau perawatan kulit yang mengandung kolagen di dalamnya.

Tapi ternyata, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kamu dapat merangsang produksi kolagen kamu sendiri dengan berolahraga. Peningkatan aliran darah dari olahraga itu dapat merangsang produksi kolagen dan meningkatkan pergantian sel untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Olahraga dapat memperbaiki tanda-tanda penuaan dengan meningkatkan pergantian sel dan produksi kolagen.
Mengurangi tanda-tanda penuaan/freepik.com

Meskipun ini menjadi tanda-tanda dari seiring bertambahnya usia, hampir semua wanita tidak menginginkan kehadiran kulit kendur ataupun keriput. Karena itu banyak yang menggunakan produk skincare dengan formula anti-aging, tapi olahraga juga dapat membuat kulit kamu terlihat lebih halus tanpa perlu melakukan botox.

Dengan pengiriman oksigen dan nutrisi yang lebih baik, ditambah dengan pembuangan produk limbah dan radikal bebas yang efisien. Olahraga dapat memperbaiki tanda-tanda penuaan dengan meningkatkan pergantian sel dan produksi kolagen.

Tapi jangan mengharapkan bisa menghilangkan kerutan secara total, ini hanya bisa meningkatkan kualitas dan penampilan kulitmu akan terasa lebih baik.

Meningkatkan pertumbuhan sel

high-intensity interval training (HIIT) dan latihan ketahanan telah terbukti memiliki efek anti-penuaan dengan meningkatkan aktivitas telomerase.
Meningkatkan pertumbuhan sel/unsplash.com

Semua jenis olahraga terbukti sangat bermanfaat bagi kulit kamu, tapi high-intensity interval training (HIIT) dan latihan ketahanan telah terbukti memiliki efek anti-penuaan dengan meningkatkan aktivitas telomerase.

Itu merupakan enzim yang bertanggung jawab melindungi DNA manusia yang mengarah ke pertumbuhan dan replikasi sel yang lebih baik. Tapi bagi kamu yang kurang menyukai HIIT, enggak perlu khawatir karena olahraga ringan atau sedang secara teratur juga akan meningkatkan produksi antioksidan tubuh.

Mencegah jerawat

Masih banyak yang belum tahu, kalau olahraga juga dapat membantu mencegah munculnya jerawat karena mengurangi stres yang berkontribusi pada munculnya jerawat.
Mencegah jerawat/freepik.com

Masih banyak yang belum tahu, kalau olahraga juga dapat membantu mencegah munculnya jerawat karena mengurangi stres yang berkontribusi pada munculnya jerawat. Selain itu, ada penelitian yang mendukung yang menunjukkan bahwa olahraga memang meningkatkan mood kamu dan membantu mengurangi kecemasan.

Tapi tetap ketahuilah, bahwa olahraga dapat menyebabkan jerawat kalau kamu tidak mencuci kulit setelah berolahraga.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id