sign up SIGN UP

LIFE

Menstruasi Telat Bahkan Tidak Datang? Mungkin Ini Penyebabnya!

Verticallya S.E Pratiwi | Kamis, 30 Jul 2020 18:00 WIB
Menstruasi Telat Bahkan Tidak Datang? Mungkin Ini Penyebabnya!
caption
Jakarta -

Datangnya periode menstruasi setiap bulan pada perempuan menjadi perhatian tersendiri. Mulai dari kesiapan tubuh, kesehatan, makanan sampai menghitung periode agar dapat memperkirakan kapan menstruasi tersebut akan datang nantinya. Hal ini dilakukan demi kenyamanan saat menstruasi nanti, karena sangat berhubungan erat dengan kesehatan tubuh terutama rahim.

Periode yang datang pada setiap bulan tersebut diperhitungan sebaik mungkin dengan metode tertentu. Namun terkadang, ketika sudah dihitung dan diperkirakan akan menstruasi di tanggal sekian, eh ternyata yang ditunggu malah tidak datang. Entah telat atau memang tidak datang sama sekali.

Hal ini menjadi bentuk kekhawatiran sendiri. Entah itu bagi perempuan yang sexual active atau pun tidak. Apalagi bagi yang tidak sexual active, mungkin merasa keheranan, apa penyebab sehingga tamu bulanan tersebut terlambat datang atau bahkan tidak datang? Untuk mencari tahu penyebabnya, kamu bisa baca ulasan berikut ini!


 

Stress

Perempuan yang stress/https://www.freepik.com/free-photo/side-tired-sad-office-worker-glasses-with-closed-eyes_6627757.htm#page=1&query=Stress&position=28
Stress

Penyebab paling pertama harus diperhatikan adalah tingkat stress. Karena stress sangat penting dalam hal pembentukan hormone. Sehingga sangat berpengaruh pada periode menstruasi seseorang. Jika sudah merasa begitu, penting untuk segera menenangkan diri dan melakukan sesuatu untuk mengurangi bahkan menghilangkan stress. Karena tidak hanya terkait menstruasi saja, namun stress akan berpengaruh pada kesehatanmu yang lain juga. Coba lah pergi berjalan – jalan di luar rumah saat pagi atau sore hari, mungkin jika dibantu olahraga akan lebih baik lagi.

Alat Kontrasepsi

salah satu alat kontrasepsi
Pil KB/Contoh Pil KB/Alodoker

Untuk yang sudah sexual active, menggunakan alat kontrasepsi bisa jadi penyebabnya juga. Pil KB yang mencegah kehamilan  mengandung hormon estrogen dan progestin. Hal ini menyebabkan indung telur dicegah untuk melepaskan sel telur. Perlu waktu agar siklus kembali normal, setidaknya sekitar enam bulan harus dijalani dengan sabar agar siklus menstruasi kembali konsisten setelah berhenti mengonsumsi pil KB. Tidak hanya pil KB saja, alat kontrasepi yang ditanam maupun suntik juga dapat menyebabkan hal demikian.

 

Merokok

Ilustrasi Memegang Rokok/https://www.freepik.com/free-photo/closeup-hand-holding-cigarr_3012361.htm#page=1&query=Cigarrate&position=0
Merokok

Jika kamu merupakan perokok, maka hal ini juga dapat menjadi penyebabnya. Hal ini dikarenakan adanya zat-zat di dalam rokok, seperti nikotin. Nikotin dapat memberi pengaruh pada hormon estrogen dan progesteron yang berperan penting dalam siklus menstruasimu. Jadi lebih baik kurangi intensitas merokok dan mulai ganti dengan makanan bergizi untuk memperlancar siklus menstruasi.

 

Berat Badan yang Turun

Illustrasi Menimbang Berat Badan/Health.detik.com
Timbangan

Penderita anoreksia atau bulimia mungkin akan merasakan keterlambatan menstruasi. Selain itu, jika berat badanmu kurang 10 persen dari berat badan ideal, maka akan ada gangguan dalam fungsi tubuh terutama ovulasi yang bisa terhenti. Untuk mengatasinya, perlu diatasi perihal gangguan makan dan mulai menaikan berat badan secara sehat dan ideal agar siklus kembali dengan normal. Itulah beberapa ulasan terkait penyebab siklus menstruasi yang terganggu. Apa kamu sudah menemukan masalahmu? Semoga lekas kembali normal!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id