sign up SIGN UP

LIFE

Wajarkah Puting Payudara Menggelap dari Tahun Ke Tahun? Ketahui 5 Penyebabnya!

Izzul Millati Umami | Rabu, 29 Jul 2020 02:00 WIB
Wajarkah Puting Payudara Menggelap dari Tahun Ke Tahun? Ketahui 5 Penyebabnya!
caption
Jakarta -

Ladies, payudara merupakan bentuk intim dari tubuh wanita. Nah, seiring bertambahnya usia, bentuk perubahan payudara semakin sering terjadi. Salah satu bentuk perubahannya adalah menggelapnya puting payudara. Kira-kira, amankah jika puting payudara makin menggelap? Kenali yuk, 5 penyebab puting payudara menggelap berikut ini:

1. Kehamilan

Bahan Aktif pada Skincare Ini Sebaiknya Dihindari Oleh Ibu Hamil/Pexels.comIbu Hamil/Pexels.com


Akhirnya, payudara sakit dan  puting payudara menjadi gelap. Tapi, jangan cemas ladies! puting payudara gelap ini hanya bersifat sementara. Usai kehamilan dan menyusui, warna puting payudara akan kembali seperti semula. Namun, banyak anggapan mempercayai menggelapnya puting payudara tersebut bisa membuat bayi mengenali sumber makanannya, loh.Ladies, pernah merasakan payudara nyeri, bengkak, dan lebih sensitif? Ternyata semakin janin bertumbuh dalam rahim ibu, payudara juga ikut memproduksi ASI, loh. Hal ini mengakibatkan hormon progesteron dan estrogen meningkat.


2. Pubertas

Remaja
Remaja/Sumber:Pixabay.com

Ladies, ketika masa pubertas terjadi, produksi hormon estrogen meningkat drastis, loh.  Pada masa ini, pertumbuhan bentuk payudara lebih besar dan warna puting payudara juga menggelap.

3. Efek Pil KB

Pil KB
Pil KB/Sumber:Pixabay.com

Pil KB sintesis mengandung hormon progesteron dan estrogen. Kedua hormon ini lah yang mengatur siklus menstruasi untuk mencegah kehamilan. Nggak heran kalau pil KB menyebabkan puting payudara menjadi gelap. Namun, efek ini hanya bersifat sementara ladies. Jika konsumsi pil KB dihentikan, efek tersebut takkan terjadi lagi. Selain itu, efek lain dari pil KB adalah muncul bercak coklat atau abu pada kulit.

4. Kanker

Kanker
Kanker/Sumber:Pixabay.com

Ladies, ketahui yuk gejala kanker payudara yang biasa terjadi. Terkadang, gejala awal kanker terjadi karena puting payudara menggelap, kulit sekitar puting mengelupas, keluarnya cairan kuning atau darah pada puting, puting jadi pipih serta gatal serta kesemutan di area payudara. Umumnya penyakit ini menyerang orang dewasa yang lebih tua, ladies. Jenis kanker ini membahayakan loh, ladies. Jadi harus diwaspadai, segera konsultasikan ke dokter jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut.

5. Menstruasi

Menstruasi
Menstruasi/Sumber:Pixabay.com

Beberapa wanita mengeluhkan payudaranya sakit, bengkak, dan nyeri ketika haid. Ternyata, pada masa ovulasi dimana indung sel telur melepaskan sel-sel telur, kadar hormon estrogen dan progesteron meningkat. Salah satu efeknya menyebabkan puting payudara menggelap.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id