sign up SIGN UP

LIFE

Meskipun Pahit, 6 Makanan Ini Punya Banyak Vitamin dan Menyehatkan

Anisalestari | Minggu, 19 Jul 2020 23:00 WIB
Meskipun Pahit, 6 Makanan Ini Punya Banyak Vitamin dan Menyehatkan
caption

Banyak orang yang menghindari makanan dengan rasa pahit karena terasa tidak enak. Padahal beberapa makanan pahit memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, lho. 6 makanan ini contohnya!

Kale 

Meski pahit kale disebut sebagai ratu sayuran karena kaya akan nutrisi
Kale/ Foto: Freepik.com

Kale merupakan makanan pahit yang menyehatkan. Sayuran ini mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh dan dipenuhi antioksidan seperti quercetin dan kaempferol yang dapat mencegah kanker dan penuaan. Kale juga dapat mendetoks tubuh dan memerangi pertumbuhan tumor, lho.

Pare

Terkenal pahit, ternyata pare kaya akan antioksidan lho
Pare/ Foto: Freepik.com

Pare sudah dikenal sebagai makanan pahit sehingga banyak orang menghindar untuk memakannya. Makanan pahit ini sebenarnya kaya akan antioksidan sehingga dapat membantu mencegah serangan radikal bebas penyebab penyakit kronis seperti kanker, Ladies. Rutin mengonsumsi pare juga dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan diabetes.


Cokelat Hitam

Coklat hitam memiliki rasa yang pahit namun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh
Coklat Hitam/ Foto: Freepik.com

Cokelat hitam termasuk ke dalam makanan pahit karena terbuat dari kakao. Kakao sendiri memiliki rasa pahit, namun kaya akan polifenol yang dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker. Cokelat hitam juga dapat membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Daun Pepaya

Meski pahit kandungan gizi dalam daun pepaya cukup tinggi
Daun Pepaya/ Foto: pixabay.com

Makanan pahit yang menyehatkan selanjutnya adalah daun pepaya. Meski memiliki rasa yang pahit, namun kandungan gizi yang terdapat dalam daun pepaya cukup tinggi.

Kandungan yang dimaksud adalah vitamin A, B1, C, protein, kalori, lemak, karbohidrat, hingga carposide. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti melancarkan ASI pada ibu menyusui, mengontrol tekanan darah, mengurangi hipertensi, dan mencegah risiko terserang kanker.

Kulit Buah Jeruk

siapa sangka kulit jeruk yang rasanya pahit mengandung banyak nutrisi
Kulit Buah Jeruk/ Foto: Pixabay.com

Umumnya saat mengonsumsi jeruk, kulitnya akan membuang. Meski memiliki rasa pahit yang dominan, ternyata kulit jeruk mengandung antioksidan flavonoid seperti hesperidin dan naringin yang penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menghindari berbagai penyakit lho, Ladies. Jika kamu bingung untuk mengonsumsi kulit jeruk, cobalah parut kulit buah jeruk lalu taburkan ke dalam makanan dan minuman.

Teh Hijau

Memiliki rasa alami yang pahit teh hijau mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh
Teh Hijau/ Foto: Freepik.com

Terakhir ada teh hijau yang juga merupakan makanan pahit yang menyehatkan. Rasa pahit alami teh hijau berasal dari kandungan katekin dan polifenol.

Khasiat dari teh hijau sendiri tidak main-main. Teh hijau bertindak sebagai antioksidan dan antiradang yang dapat membantu memerangi radikal bebas sampai menurunkan risiko penyakit jantung.

Mau rutin konsumsi 6 makanan pahit di atas?

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id