sign up SIGN UP

Nggak Asal Eliminasi Semua Produk Hewani, Berikut 5 Kiat Sukses Jalani Diet Vegetarian bagi Pemula

Novianty Aulia | Senin, 22 Nov 2021 19:45 WIB
Nggak Asal Eliminasi Semua Produk Hewani, Berikut 5 Kiat Sukses Jalani Diet Vegetarian bagi Pemula
Kiat sukses menjalani diet vegetarian bagi pemula. /Foto:Freepik.com/Senivpetro

Vegetarian menjadi gaya hidup yang banyak dipilih sebagai alternatif dalam menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya bikin lebih hemat karena terhindar dari produk hewani, tetapi gaya hidup vegetarian juga menawarkan banyak manfaat untuk ke depannya. 

Bagi kamu yang baru memulai, gaya hidup vegetarian tentunya bisa terasa berat untuk dijalankan. Penyesuaian pola makan yang berubah secara drastis, terlebih jika kamu adalah penggemar daging sebelumnya.

Selain itu, langkah-langkah yang benar sedari awal menentukan keberhasilan gaya hidup yang kamu jalankan. Untuk meminimalisir kegagalan, berikut Beautynesia membagikan 5 kiat sederhana untuk kamu yang masih pemula menjadi vegetarian dari berbagai sumber:

Pahami Dahulu Tipe Vegetarian yang Ingin Dijalankan 

Pahami dahulu jenis-jenis diet vegetarian yang ada.
Mencari tahu dahulu tipe-tipe diet vegetarian/Foto:Freepik.com/Lookstudio


Menjadi vegetarian bukan berarti selamanya kamu tidak bisa mengonsumsi olahan hewani. Pemilihan menu makanan seperti sayur atau bahan hewani yang masih bisa dikonsumsi, tergantung dari kategori pola hidup vegetarian seperti apa yang kamu jalani. 

Melansir dari laman Healthine, sedikitnya terdapat enam jenis vegetarian yang terbagi berdasarkan pengecualian makanan yang dapat dikonsumsi. Beberapa di antaranya memperlihatkan pola diet yang masih dapat mengonsumsi produk olahan hewani dan sisanya hanya mengolah menu dari bahan dasar sayuran segar. 

Karena itu, pahamilah terlebih dahulu pembagian tipe pada pola vegetarian agar gaya hidup sehat tersebut berjalan lebih efektif.

Konsultasikan pada Ahli atau Dokter

Sebelum memulai pola vegetarian, periksakan terlebih dahulu ketahanan tubuhmu sembari meminta arahan yang tepat.
Mintalah saran serta arahan dari ahli terpercaya/Foto:Freepik.com/Nensuria


Tidak sedikit dari kamu yang langsung saja menjalani pola vegetarian tanpa adanya arahan yang jelas. Akibatnya, perubahan pola makan yang drastis malah membuat tubuh kamu drop dan justru kehilangan manfaat dari gaya hidup sehat tersebut. 

Setelah memahami beberapa tipe vegetarian, sebaiknya kamu mengonsultasikan hal tersebut kepada dokter gizi, misalnya. Periksakan dahulu kondisi ketahanan dari tubuhmu sambil menyesuaikannya dengan tipe vegetarian yang ada.

Dengan begitu, gaya hidup sehat dapat berjalan secara terencana sehingga pemenuhan nutrisi serta asupan gizi tetap seimbang.

Mencari Tahu Bahan Alternatif Pengganti Hewani

Manfaatkan bahan-bahan nabati yang memiliki protein sama besarnya dari olahan hewani.
Gunakan bahan-bahan alternatif pengganti protein dari hewani/Foto:Freepik.com/Wirestock


Jika biasanya protein dapat diperoleh melalui olahan produk hewani, maka saatnya kamu mencari alternatif lain untuk mengganti olahan tersebut dengan sayuran segar yang dapat kamu konsumsi. 

Mengutip dari laman Prevention, seorang pakar nutrisi asal India, Sarika Shah menyarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan serta sayuran berdaun gelap, untuk meningkatkan asupan kalsium serta zat besi.

Olahan menu makanan dengan campuran paprika juga dapat menjadi salah satu sumber vitamin C untuk tubuh. Sayuran lain seperti bayam, sawi hijau hingga kembang kol juga kaya akan protein serta serat sehingga bikin kenyang lebih lama. 

Shah juga menganjurkan untuk melengkapi asupan tersebut dengan vitamin khususnya suplemen B12 serta buah agar manfaat yang didapatkan lebih sempurna.

Mencoba Beragam Inovasi dalam Menu Masakan

Agar tidak bolah, cobalah untuk mengeksplor resep-resep baru yang bisa dibuat dari bahan nabati.
Cobalah untuk mengolah beragam menu masakan baru/Foto:Freepik.com/Senivpetro


Jangan karena demi memenuhi protein, kamu malah terpaku pada bahan sayuran dan hidangan yang itu-itu saja. Terdapat banyak pilihan bahan nabati yang bisa kamu coba di setiap minggunya dan diolah menjadi makanan sehat.

Beberapa bahan untuk menu vegetarian terbaik, dilansir dari laman Good House Keeping antara lain mentega mete, edamame, nangka serta jantung pisang.

Jika kamu dulu menyukai yogurt, kamu bisa mencoba yogurt santan sebagai alternatif non-susu. Cobalah untuk mengekplor bahan-bahan nabati untuk menggantikan olahan yang tidak bisa kamu konsumsi.

Bergabung dengan Komunitas Serupa

Agar lebih bersemangat, cari tahulah komunitas serupa untuk kamu ikuti. Sambil berbagi wawasan, kamu juga bisa mengikuti kegiatan-kegiatan menarik tentang gaya vegetarianmu.
Menambah wawasan dengan mengikuti komunitas/Foto:Freepik.com/Warpixel_com


Terkadang, semangat dapat muncul ketika kamu mendapatkan dukungan dari orang lain dengan kondisi yang serupa. Begitu juga dengan gaya hidup vegetarian, sebagai pemula cobalah kamu mencari tahu serta mengikuti komunitasnya sehingga kamu tidak merasa sendiri hingga semakin termotivasi dari teman-teman lainnya. 

Tidak cuma itu, dari komunitas juga bisa menjadi ajang memperluas ilmu serta wawasan mengenai gaya hidup vegan. Kamu bisa bertukar pikiran hingga berbagai saran agar pola hidup sehat yang kamu tekuni berjalan secara baik dan tepat.

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id