sign up SIGN UP

Serupa Tapi Tak Sama, Kenalan Lebih Dekat dengan Perbedaan Vegetarian dan Vegan

Dina Afrilia | Minggu, 22 Aug 2021 16:00 WIB
Serupa Tapi Tak Sama, Kenalan Lebih Dekat dengan Perbedaan Vegetarian dan Vegan
caption

Akhir-akhir ini gaya hidup vegetarian dan vegan ramai dibahas. Hal ini karena banyak selebritas baik dari tanah air atau luar negeri memutuskan untuk merubah gaya hidup mereka menjadi vegetarian atau vegan.

Tetapi, apa sih sebenarnya vegetarian dan vegan itu, Beauties? 

Definisi

Perbedaan Vegetarian dan Vegan
Vegetarian dan Vegan Mempunyai Definisi yang Berbeda/ Foto: rexels.com/ Jill Wellington

Vegetarian

Menurut Vegetarian Society, vegetarian adalah orang yang tidak mengkonsumsi produk atau produk turunan dari penyembelihan hewan seperti daging, ikan, kerang, serangga, gelatin atau protein hewani lainnya, serta kaldu atau lemak yang berasal dari hewan. Tetapi banyak vegetarian yang mengkonsumsi produk hewani yang tidak berasal dari penyembelihan hewan seperti madu, telur, susu dan produk yang terbuat dari susu. 

Vegetarian biasanya mengkonsumsi berbagai macam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, serta pengganti daging yang terbuat dari bahan-bahan tersebut. Terdapat bermacam-macam tipe vegetarian, yaitu lacto ovo vegetarian, lacto vegetarian, ovo vegetarian, flexitarian, dan pescatarian. 

Vegan

Gaya hidup vegan lebih ketat daripada vegetarian. Vegan tidak mengkonsumsi atau menggunakan produk yang berasal dari hewan. Menurut Vegan Society, vegan adalah “cara hidup yang berusaha sejauh mungkin menghindari semua jenis eksploitasi dan kekejaman pada hewan untuk makanan, pakaian atau tujuan lain”.

Vegan tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung daging hewan, ikan, kerang, telur, susu dan produk yang terbuat dari susu, madu, serangga, gelatin, kaldu atau lemak yang berasal dari hewan. Bahkan ada vegan yang memperluas prinsip mereka tidak hanya sebatas pada diet atau makanan yang dikonsumsi.

Mereka juga menghindari semua jenis produk yang melibatkan hewan secara langsung maupun tidak langsung. Produk-produk tersebut termasuk barang-barang dari kulit hewan, wol, sutra, beeswax, dan kosmetik.

Banyak juga vegetarian yang mengikuti gaya hidup vegan, contohnya dengan menghindari barang-barang yang terbuat dari kulit hewan dan produk yang melibatkan hewan sebagai percobaan. 

Kelebihan Vegetarian dan Vegan bagi Kesehatan 

Gaya Hidup Vegan dan Vegetarian Mempunyai Banyak Manfaat bagi Tubuh
Manfaat bagi Kesehatan dari Gaya Hidup Vegan/ Foto: pexels.com/ Nathan Cowley

Gaya hidup vegetarian dan vegan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Diet vegan atau vegetarian pada umumnya tinggi serat dan kaya akan vitamin C, magnesium, zat besi dan folat. Serta memiliki kadar kalori dan lemak jenuh lebih rendah. 

Berdasarkan NHS, diet vegan dan vegetarian dikaitkan dengan resiko lebih rendah pada masalah kesehatan tertentu, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas. Selain itu juga bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 dan kanker. 

Kekurangan Vegetarian dan Vegan Bagi Kesehatan 

Suplemen Kalsium, Vitamin B12 dan Omega 3 dibutuhkan oleh Vegetarian dan Vegan
Konsumsi Suplemen bagi Vegetarian dan Vegan/ Foto: pexels.com/ ready made/

Walaupun gaya hidup vegetarian dan vegan banyak membawa manfaat bagi kesehatan, tetapi ada juga kekurangannya, yaitu kurangnya beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam produk hewani. Nutrisi-nutrisi penting itu adalah kalsium, Vitamin B-12, omega 3 dan folat. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung nutrisi- nutrisi tersebut. 

Apakah kamu tertarik menjadi vegetarian atau vegan? Jika kamu tertarik, sebaiknya kamu konsultasi dulu dengan dokter atau ahlinya agar kamu bisa menjalankan gaya hidup vegetarian atau vegan dengan nyaman dan tetap sehat. 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id