sign up SIGN UP

LIFE

Perut Sering Kembung? Bisa Jadi Minuman Ini yang Jadi Penyebabnya!

Astari Dewi Larasati | Kamis, 18 Feb 2021 20:00 WIB
Perut Sering Kembung? Bisa Jadi Minuman Ini yang Jadi Penyebabnya!
caption
Jakarta -

Perut kembung merupakan gangguan pencernaan yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Salah satu penyebab hal ini terjadi karena minuman yang masuk ke dalam perut. Karena bukan hanya makanan saja yang tidak sehat, minuman juga ada yang tidak sehat bagi tubuh. Sehingga menyebabkan pencernaan tidak lancar dan perut dipenuhi gas. Hindari meminum beberapa jenis minuman ini agar perut tidak kembung.

Kopi

Mendorong pergerakan usus besar dan merangsang asam lambung.
Freepik.com

Ada banyak pecinta kopi di luar sana, tapi tidak tahu kopi bisa menjadi penyebab utama perut kembung. Karena mendorong pergerakan usus besar dan merangsang asam lambung. Jika memang ingin meminum kopi di pagi hari, awali dengan minum air putih lalu tunggu satu jam.

Biarkan tubuh secara alami menyeimbangkan hormon. Selain itu, kopi dapat memperparah gejala usus seperti iritasi usus besar, kolitis, dan penyaikit Crohn. Jika sakit perut setelah minum kopi, bisa meminum teh herbal, matcha, atau air lemon.

Jus apel

Apel mengandung gula alami tetapi tidak bisa dicerna tubuh.
Freepik.com

Apel mengandung gula alami tetapi tidak bisa dicerna tubuh atau disebut sorbitol yang telah dikaitkan dengan diare, gas, dan kembung. Bahkan beberapa jus apel mengandung gula tambahan yang sulit diserap oleh usus. Lalu apel memiliki kandungan serat tinggi sehingga menyebabkan tinja menjadi cair atau tidak keluar sama sekali.

Minuman manis

Beresiko mengalami peradangan, penurunan kekebalan, dan gangguan metabolisme lain.
Freepik.com

Gula memberi makan bakteri jahat di usus, jadi ketika mengonsumsi minuman manis akan beresiko mengalami peradangan, penurunan kekebalan, dan gangguan metabolisme lain. Ketika ingin minuman manis lebih baik pilih jus. Lalu cek label nutrisi karena terkadang ada gula tambahan. Jadi lebih baik buat sendiri daripada minum dalam bentuk kemasan.

Minuman diet

Tubuh akan lebih banyak mendapatkan kerugian daripada manfaat.
Pinterest.com/deannaemig

Di luar sana banyak minuman diet yang dijual di pasaran, tapi tubuh akan lebih banyak mendapatkan kerugian daripada manfaat. Seperti soda diet yang tidak memiliki kalori, tetapi mengandung pemanis buatan. Di sinilah perut akan mengalami kembung, sakit perut, masalah pencernaan lain, bahkan meningkatkan nafsu makan.

Minuman dengan sedotan

Karena saat minum bisa menghirup udara ke dalam perut.
Freepik.com

Minuman apapun dengan sedotan bisa menyebabkan perut kembung. Karena saat minum bisa menghirup udara ke dalam perut. Ditambah fakta, sedotan adalah polusi terbesar di bumi yang merusak ekosistem. Jadi, kalian perlu bijaksana dan cerdas dalam memakai sedotan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id