sign up SIGN UP

OLAHRAGA DI RUMAH UNTUK HILANG

PPKM Darurat Rentan Bikin Panik, 5 Olahraga di Rumah Ini Bisa Bantu Mengatasi Stres

Fahira mahza | Jumat, 02 Jul 2021 11:30 WIB
PPKM Darurat Rentan Bikin Panik, 5 Olahraga di Rumah Ini Bisa Bantu Mengatasi Stres
caption

Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari tentunya berdampak pada tubuh dan pikiran. Banyaknya aktivitas dan tekanan yang kita dapatkan dapat berujung dengan timbulnya stress. Stress adalah suatu keadaan tertekan baik itu secara fisik maupun psikologis. Jika mampu mengatasi stress, kamu bisa menjalani hari-hari dengan tenang tanpa rasa cemas dan gelisah.

Namun, kebanyakan orang sulit mengatasi stress sehingga dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Apalagi saat PPKM Darurat yang enggak jarang justru bikin panik. Sebab ketika stress biasanya orang akan sulit berpikir serta akan dibayang-bayangi rasa cemas dan gelisah ketika melakukan sesuatu. Untuk itu, mengatasi rasa stress merupakan suatu hal yang penting.  

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stress adalah dengan olahraga. Berikut 5 rekomendasi olahraga yang bisa kamu coba untuk menghilangkan stress dan membuat pikiran tenang!

1. Yoga

Yoga
Yoga/foto: freepik.com

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang mampu menghilangkan rasa stress yang sedang kamu hadapi. Karena gerakan yang dilakukan dalam olahraga dapat merilekskan tubuhmu sehingga tubuhmu akan merasa nyaman dan stressmu akan hilang. Salah satu olahraga yang dapat menghilangkan rasa stressmu adalah yoga.

Yoga adalah olahraga tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik. Gerakan-gerakan yang dilakukan ketika yoga akan membuat tubuh menjadi lebih lentur dan mampu mengurangi ketegangan otot. Latihan pemusatan pikiran melalui pernapasan dalam pada yoga,dapat merelaksasi tubuh dan menjadi kunci untuk mengelola stress.

2. Pilates

Pilates
Pilates/foto: freepik.com

Olahraga yang dapat menghilangkan stress selanjutnya yaitu pilates. Menggunakan konsep keseimbangan tubuh dan jiwa dalam gerakannya, pilates mampu menghilangkan stress yang kamu alami. Olahraga ini dirancang untuk membangun kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan otot tubuh. Selain itu, olahraga ini juga mengedepankan pernapasan, relaksasi, konsentrasi, dan kesadaran tubuh, sehingga dengan melakukan pilates dapat mengurangi stres, memfokuskan pikiran, dan meningkatkan konsentrasi.

3. Kickboxing

Kickboxing
Kickboxing/foto: freepik.com

Selain dapat meningkatkan stamina, olahraga juga dapat menghilangkan rasa stress. Hal tersebut telah dibuktikan dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh berbagai ahli di dunia. Kickboxing merupakan salah satu olahraga yang dapat menghilangkan stress. Gerakan pada olahraga ini terdiri atas gerakan meninju dan menendang. Dengan melakukan kickboxing , kamu bisa melepaskan rasa marah yang berakhir pada ketenangan jiwa saat berlatih. Sebab salah satu hal yang menyebabkan stress adalah emosi yang terpendam dalam diri.

4. Jogging

Jogging
Jogging/foto: freepik.com

Olahraga favorite banyak orang ini juga dapat mengatasi stress loh. Selain dapat membakar lemak di tubuh, jogging juga dapat meningkatkan mood seseorang sehingga mampu membuat seseorang merasa nyaman. Selain itu, olahraga jogging juga dapat membuat seseorang tidur dengan nyenyak, keadaan ini sangatlah baik untuk meningkatkan memori di otak, menurunkan tingkat stres, dan melindungi seseorang dari serangan depresi. Saat PPKM Darurat nanti, kamu bisa jogging di treadmill untuk menghindari interaksi dengan orang lain.

5. Jalan Santai atau Jalan Cepat

Jalan santai atau jalan cepat
Jalan santai atau jalan cepat/foto: freepik.com

Jenis olahraga satu ini juga diklaim mampu menghilangkan stress. Jalan santai ataupun jalan cepat merupakan olahraga penghilang stres yang menyenangkan dan paling mudah dilakukan. Ketika melakukan jalan santai maupun jalan cepat, dapat melepaskan ketegangan pada otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan menjadi lebih baik. Hal ini dapat membuat tubuh merasa rileks dan nyaman sehingga rasa stress dalam dirimu perlahan lahan akan menghilang apabila kamu rutin melakukannya. Kamu bisa melakukan jalan santai atau jalan cepat di kompleks perumahan. Tpai ingat ya, selalu gunakan masker dua lapis dan hindari berinteraksi dengan orang yang kamu temui di jalan.

Nah itulah 5 olahraga yang dapat menghilangkan stress selama PPKM Darurat. Namun agar stressmu menghilang, kamu perlu konsisten dalam melakukan olahraga-olahraga tersebut. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat serta selalu berpikiran positif agar terhindar dari stress.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id