sign up SIGN UP

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Ini 7 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh di Rumah

Ratih Dewi | Minggu, 27 Jun 2021 12:00 WIB
Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Ini 7 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh di Rumah
caption

Selain melakukan vaksinasi, menjaga imunitas tubuh juga penting untuk meminimalisir diri kita terinfeksi virus covid-19. Dilansir dari DetikHealth, tidak hanya mencegah virus covid-19, imun tubuh yang baik juga mencegah kita terjangkit dari virus dan bakteri lainnya.

Seperti yang sudah kita ketahui, sudah setahun wabah covid-19 masih menjadi musuh semua orang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Sayangnya, baru-baru ini kasus orang yang terinfeksi covid-19 kembali meningkat.

Banyak cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, walaupun dilakukan di rumah saja. Sesuai dengan anjuran pemerintah, kita disarankan untuk melakukan aktivitas di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah. 

Berikut cara meningkatkan imunitas tubuh walaupun di rumah saja: 

1. Asupan Nutrisi yang Baik

Asupan Nutrisi yang Baik
Asupan nutrisi yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh/Foto : freepik.com

Pastikan tubuh kamu menerima asupan nutrisi yang baik seperti buah yang mengandung banyak serat, mineral, konsumsi sayuran, karbohidrat yang cukup dan kurangi konsumsi makanan yang instan seperti mie instan, junk food berlebih, dan makanan yang mengandung lemak kurang baik. 

Imunitas tubuh juga tergantung dari makanan yang kita konsumsi apakah sehat atau tidak, jika mengkonsumsi makanan yang sehat, sudah pasti tubuh akan terhindar dari segala penyakit. 

2. Perbanyak Minum Air Mineral

Perbanyak Minum Air Mineral
Perbanyak minum air mineral/Foto: freepik

Perbanyak minum air mineral sesuai dengan berat badan kamu dan jangan terlalu berlebihan juga. Air mineral memiliki banyak manfaat untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan meningkatkan imunitas tubuh kita. Diperbolehkan untuk mengkonsumsi minuman berasa seperti kopi, teh, sirup, tapi jangan berlebihan. 

Lebih baik untuk mengkonsumsi minuman herbal seperti teh herbal, madu, atau jamu yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukupuntuk meningkatkan imunitas tubuh/Foto: freepik.com

Walaupun melakukan aktivitas di rumah seperti belajar dan bekerja, pastikan jam istirahat cukup dan jam tidur teratur, bukan pagi hari tidur dan larut malam hari masih beraktivitas. Istirahat cukup 6 - 8 jam juga meningkatkan imunitas tubuh karena tubuh memiliki jam istirahat yang cukup setelah beraktivitas seharian. 

Jangan juga terlalu banyak tidur karena malah akan membuat kamu menjadi malas untuk beraktivitas dan menjadi tidak produktif. 

4. Rutin Berjemur dan Olahraga

Rutin Berjemur dan Olahraga
Rutin berjemur dan olahraga/Foto : freepik.com

Biasakan untuk berjemur 10 - 15 menit di pagi hari dan tidak lebih dari jam 10 pagi. Matahari jam 7 - 10 pagi adalah sinar matahari yang baik untuk meningkatkan imunitas karena kandungan vitamin D yang diserap oleh tubuh. Jangan lupa untuk gunakan sunscreen sebelum berjemur agar wajah terlindungi dari sinar UV matahari. 

Kamu juga bisa berjemur sambil berolahraga, seperti berlari, senam, atau sekedar melakukan pemanasan, tidak perlu melakukan olahraga yang berat. 

5. Menjaga Kebersihan Rumah

Menjaga Kebersihan Rumah
Menjaga kebersihan rumah/Foto : freepik.com

Nah, Ladies, jangan malas untuk selalu menjaga kebersihan rumah ya, walaupun kita jarang berpergian atau mengundang orang lain untuk bertamu, tapi membersihkan rumah juga membuat kita menjadi nyaman untuk beraktivitas dan meminimalisir kita terjangkit virus atau bakteri lain.

Pastikan kamu selalu sapu dan pel lantai rumah kamu, membersihkan kamar tidur, kamar mandi, dan langsung mencuci alat makan yang sudah kamu atau orang rumah gunakan. 

6. Hindari Rokok dan Alkohol 

Hindari Rokok dan Alkohol
Hindari rokok dan alkohol/Foto: freepik.com

Untuk kamu yang merokok dan mengkonsumsi alkohol, di masa pandemi seperti ini sebaiknya intesitasnya dikurangi atau lebih baik kamu hindari. Merokok dan minum alkohol mengurangi imunitas tubuh dan sudah pasti buruk untuk kesehatan kamu.

Walaupun kita negatif terpapar virus covid-19, tapi bisa positif terjangkit penyakit serius akibat rokok dan alkohol.

7. Kontrol Tingkat Stres

Kontrol Tingkat Stres
Kontrol Tingkat Stres/Foto: freepik.com

Melakukan aktivitas di rumah untuk jangka waktu yang lama sudah pasti membuat kita menjadi bosan, suntuk, dan bisa membuat stres. Mengontrol tingkat stres juga berpengaruh dengan imunitas tubuh, kalau kita stres maka imun tubuh akan menurun. 

Jika bosan, kamu bisa istirahat terlebih dahulu, berbicara dengan teman melalui video call, atau kalau kamu memiliki hewan peliharaan bisa bermain dengan hewan peliharaan untuk mengontrol tingkat stres kamu. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id