sign up SIGN UP

LIFE

Rahasia Umur Panjang dan Bahagia dengan Teknik Jepang, Ikigai

Jovita | Minggu, 22 Nov 2020 19:50 WIB
Rahasia Umur Panjang dan Bahagia dengan Teknik Jepang, Ikigai
caption

Beautynesian, pernahkah kamu bertanya pada diri sendiri tentang tujuan hidupmu? Bahagiakah kamu dengan kehidupan yang saat ini kamu jalani? Jika, kamu merasa ragu atau bahkan tidak tahu jawabannya, bisa jadi karena kamu belum memiliki ikigai. Banyak orang yang percaya bahwa menemukan ikigai adalah salah satu rahasia umur panjang dan bahagia.

Ikigai adalah konsep Jepang tentang sesuatu yang membuat kamu ingin bangun di pagi hari. Konsep Jepang ini bisa membantumu mencapai hal yang kamu inginkan setiap harinya dan membuat keberadaanmu terasa lebih berharga.

Ikigai melibatkan empat elemen, seperti apa yang kamu sukai, apa yang kamu kuasai, apa yang dibutuhkan masyarakat, dan apa yang dapat  membayarmu. Dengan gabungan 4 elemen ini, kamu akan menemukan Ikigaimu. 

Apa yang Kamu Suka?

Apa yang Disukai/ Foto: Pexels.com
Apa yang Disukai/ Foto: Pexels.com

Hal pertama yang harus ditanyakan pada diri sendiri untuk menemukan ikigaimu adalah menemukan apa yang kamu sukai. Jenis pekerjaan apa yang membuat kamu merasa bahagia? Hal-hal apa yang dapat kamu lakukan untuk waktu yang lama tanpa merasa lelah atau bosan? Tuliskan pekerjaan dan aktivitas yang kamu sukai untuk lebih dekat dengan rahasia umur panjang dan bahagia. Tapi menemukan hal yang kamu sukai saja tidak cukup, kamu perlu memenuhi elemen selanjutnya.

Apa yang Kamu Kuasai?

Apa yang Dikuasai/ Foto: Pexel.com
Apa yang Dikuasai/ Foto: Pexel.com

Elemen selanjutnya yang perlu dipenuhi untuk menemukan rahasia umur panjang dan bahagia adalah mencari tahu apa yang kamu kuasai. Kamu bisa mulai dengan memberikan pertanyaan pada diri sendiri mengenai bidang apa yang selalu memberikanmu nilai terbaik. Apa yang membuat orang lain memuji atau mengakui pekerjaanmu?

Beautynesian mungkin pandai dalam banyak hal, tapi tidak semua hal tersebut akan menjadi ikigai. Beberapa orang mungkin bagus matematika, tapi justru menghindari matematika. Kamu bisa mulai menyatukan unsur-unsur ikigai dengan mempertimbangkan apa yang disukai dengan sesuatu yang kamu kuasai secara realistis.

Apa yang Dapat Membayarmu

Apa yang Dapat Membayarmu/ Foto: Pexels.com
Apa yang Dapat Membayarmu/ Foto: Pexels.com

Elemen ini memaksa kita untuk mendamaikan keinginan dan kemampuan secara realistis. Keterampilan apa yang kita miliki dan bisa dipasarkan? Apakah dengan kemampuan tersebut kamu bisa mendapatkan pekerjaan atau orang akan mau membayarmu? Jika bisa menemukannya, maka kamu akan semakin dekat dengan ikigaimu.

Apa yang Dibutuhkan Dunia?

Apa yang Dibutuhkan Dunia/ Foto: Pexels.com
Apa yang Dibutuhkan Dunia/ Foto: Pexels.com

Elemen terakhir yang mungkin sering diabaikan adalah apa yang dibutuhkan dunia. Meskipun demikian, ini tetaplah penting. Elemen ini melibatkan pertimbangan bagaimana kita dapat memberikan nilai kepada masyarakat dan komunitas, serta bagaimana kita memberikan dampak positif melalui karya, seni, komitmen, dan kontribusi yang telah dilakukan. 

Jika bisa menemukan apa yang kamu suka dan kuasai. Lalu, melalui hal itu kamu bisa mendapatkan bayaran, dan ternyata apa yang kamu kerjakan itu memiliki nilai dan dampak positif bagi dunia, maka itulah ikigaimu. Setiap orang memiliki setidaknya satu ikigai. Kamu hanya perlu menemukannya. Namun, ada juga orang yang memiliki lebih dari satu ikigai.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id