sign up SIGN UP

LIFE

Jenis Tanaman yang Mudah Dirawat di Rumah untuk Pemula

Sulistiani | Minggu, 28 Jun 2020 12:00 WIB
Jenis Tanaman yang Mudah Dirawat di Rumah untuk Pemula
caption

Di saat ada waktu luang di rumah tidak ada salahnya mengisi kegiatan dengan menanam tumbuhan. Jangan takut gagal, menanam dapat dipelajari dengan mudah kok. Untuk pemula, berikut rekomendasi tanaman yang dapat dirawat.

Kaktus

image
kaktus / freepik.com

Kaktus adalah tanaman paling mudah untuk dirawat di rumah. Saat ini banyak penjual kaktus dalam bentuk kecil atau bonsai yang juga cocok diletakkan di atas meja. Bahkan tidak jarang kaktus kecil seperti ini dijadikan suvenir acara tertentu seperti suvenir pernikahan.

Kaktus tidak perlu disiram terlalu sering. Hal penting saat menanam kaktus adalah letakkan kaktus di tempat yang terkena sinar matahari dan suhu ruangan. Asiknya lagi kaktus dapat tumbuh di pot-pot mini dan lucu.


Sri Rejeki

image
beautiful-aglaonema / freepik.com

Tumbuhan Sri Rejeki atau yang bernama Aglaonema cukup populer di Indonesia. Tanaman hias yang memiliki habitat asli hutan hujan tropis ini cocok untuk dikembang biakan di kawasan Asia.

Diberi julukan Sri Rejeki karena konon jika merawat tanaman ini maka akan mendatangkan rejeki melimpah untuk pemiliknya. Ada berbagai jenis tanaman Aglaonema seiring dengan perbedaan warnanya juga. Mengapa tanaman ini dikatakan mudah ditanam? Aglaonema dapat dikembangbiakan dengan berbagai cara, mulai dari benih, cangkok, hingga stek. 

Sirih Gading

image
epipremnum-aureum-plant/ freepik.com

Sirih gading sebenarnya adalah tanaman liar yang dapat merambat hingga belasan meter. Tanaman ini tergolong sulit mati dan memiliki umur panjang. Cara menanamnya cukup mudah.

Ada dua cara, yaitu melalui media tanah dan melalui media air. Jika ingin menggunakan media air, gunakan air yang berasal dari tanah dan ganti secara berkala untuk menghindari munculnya jentik nyamuk.

Biasanya cara ini cocok saat menempatkan sirih gading di ruang tamu atau dalam ruangan. Jika ingin menanam menggunakan tanah pastikan tanaman ini tidak pernah kekurangan air sedikitpun. 

Euphorbia

image
euphorbia / freepik.com

Euphorbia merupakan jenis tanaman hias yang memiliki perawatan yang mudah serta mampu dibudidayakan pada daerah tandus maupun daerah yang beriklim dingin. Tanaman ini memiliki bunga dengan berbagai warna yang sangat cantik apabila diletakkan di pekarangan rumah kita.

Cara menanamnya dapat dilakukan melalui pembibitan maupun melalui cara stek. Euphorbia lebih baik ditanam di dalam pot. Pastikan jika tanah dalam pot tersebut tidak terisi penuh melainkan setengah dari pot tersebut.

Palem

image
fresh-green-palm-leaves/freepik.com

Hampir di seluruh wilayah Indonesia kita dapat menemukan tanaman palem. Tanaman ini memang mudah tumbuh di tanah subur maupun gersang. Palem juga memiliki jenis yang bermacam-macam mulai dari ukuran kecil yang dapat dirawat di dalam pot hingga ukuran besar yang dapat tumbuh seperti pohon. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id