sign up SIGN UP

LIFE

Segera Ganti, Masker Scuba Tak Mampu Tangkal Virus Covid-19

Rini Apriliani | Kamis, 17 Sep 2020 07:36 WIB
Segera Ganti, Masker Scuba Tak Mampu Tangkal Virus Covid-19
Foto: Pinterest.com

Sejak terjadinya penyebaran virus corona di hampir seluruh negara di Dunia, masyarakat dituntut untuk lebih menjaga kesehatan dan menjalani berbagai macam protokol kesehatan yang benar. Salah satu bentuk protokol kesehatan yang wajib dilakukan oleh masyarakat adalah menggunakan masker. 

Masker saat ini telah banyak sekali ragamnya, dan dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Sebagai pengecualian, untuk penggunaan masker bedah lebih diutamakan untuk tenaga medis dan masyarakat yang sakit saja. Karena hal ini, kemudian ramailah penggunaan masker kain. 

Larangan menggunakan masker scuba
Masker Scuba/Sumber: Pinterest.com/Maskerscuba

Masker scuba menjadi salah satu masker kain yang belakangan hits dan ramai digunakan oleh masyarakat. Namun, baru-baru ini Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan jika masker scuba tidak disarankan untuk digunakan. 


Dalam jumpa pers yang disiarkan di laman Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/9) kemarin, Wiku menuturkan masker seperti apa yang layak digunakan oleh masyarakat di masa pandemi virus corona saat ini.

Laporan covid-19, Wiku Adisaswito
Wiku Adisasmito/Sumber: Youtube.com/Sekretariatpresiden

"Masker kain yang bagus adalah yang berbahan cotton dan berlapis tiga. Hal tersebut penting karena kemampuan memfilterasi partikel virus itu akan lebih baik dengan jumlah lapisan yang lebih banyak. Dalam hal ini, tiga lapisan berbahan katun," ujar Wiku Adisasmito, selaku Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Selasa (15/9).

Ia pun menambahkan, penggunaan masker scuba atau buff yang dilarang ini dikarenakan bahannya yang tipis, sehingga efektivitas untuk menghalau virus corona pun berkurang. 

"Masker scuba atau buff ini adalah masker dengan satu lapis saja dan terlalu tipis, sehingga kemungkinan untuk tembus dan tidak bisa menyaring lebih besar. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan masker yang berkualitas agar bisa menjaga. Selain itu masker scuba sering mudah untuk ditarik kebawah dagu, sehingga fungsi masker menjadi tidak ada," tambahnya.

Masker scuba yang hits
Masker Scuba/Sumber: Pinterest.com/Maskerscuba

Beautynesian, dari pemaparan di atas, tentu akan lebih baik jika kita segera mengganti penggunaan masker scuba ke masker kain tiga lapis ya. Selain lebih aman, penggunaan masker kain tiga lapis ini memiliki efektivitas 50-70% dalam menghalau virus corona. 

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan masker scuba yang hanya memiliki efektivitas 0-5% saja. Karena menjaga lebih baik dari pada mengobati, segerakan ganti maskermu. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan juga ya, Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id