sign up SIGN UP

FASHION

Cara Menyimpan dan Membersikan Masker Kain

Sulistiani | Minggu, 28 Jun 2020 07:00 WIB
Cara Menyimpan dan Membersikan Masker Kain
caption

Untuk mencegah penyebaran virus corona kita dianjurkan menggunakan masker. Tidak harus menggunakan masker medis, kita juga dapat menggunakan masker kain. Selain dapat membantu petugas medis tidak kesulitan mencari masker, menggunakan masker kain juga lebih hemat dan efisien.

Masker kain dapat digunakan berkali-kali. Tentu saja setelah digunakan harus dicuci terlebih dahulu. Ternyata mencuci masker kain tidak sembarangan lho Ladies. Dilansir dari health.detik.com berikut langkah-langkah membersihkan masker kain agar aman dari virus dan kuman. 

1. Siapkan Air

Air yang keluar langsung dari keran.
siapkan air /freepik.com

Siapkan air di dalam baskom atau ember. Ada dua pilihan air yang dapat digunakan, air mengalir atau air hangat dengan suhu minimal 30 derajat celcius. Akan lebih baik lagi jika suhu yang digunakan antara 60 sampai 65 derajat celcius. 


2. Tambahkan Detergen

menambahkan detergent cair pada cucian masker.
detergent cair / freepik.com

Tambahkan detergen bubuk atau cair secukupnya ke dalam baskom atau ember yang berisi air. Detergen berguna untuk membunuh bakteri-bakteri yang tanpa sengaja menempel di masker. Rendam masker beberapa saat agar kotoran-kotorannya lebih mudah luntur.

3. Kucek Masker

Cara mencuci masker dengan dikucek.
mencuci masker / freepik.com

Tidak semua kotoran pada masker luruh pada rendaman air detergen. Oleh sebab itu kucek kembali masker hingga kotoran benar-benar hilang dan luruh. Pastikan tidak mengucek masker terlalu kuat agar serat kain pada masker tidak rusak. 

4. Bilas di Bawah Air Mengalir

Air mengalir dari keran untuk membilas masker.
air / freepik.com

Setelah dikucek dan seluruh noda kotoran hilang, bilas masker menggunakan air mengalir. Pastikan sudah tidak ada lagi busa yang tersisa. Apabila kurang yakin, bilasan dapat dilakukan dua kali. 

5. Keringkan di Bawah Sinar Matahari

sinar matahari siang untuk menjemur
sinar matahari / freepik.com

Setelah selesai mencuci, keringkan masker dengan mesin pengering atau langsung dijemur di bawah sinar matahari. Apabila tidak bisa langsung menjemur di bawah sinar matahari, dapat pula menjemur di dalam ruangan namun ventilasi udara harus terjaga dengan baik. Mengeringkan di bawah sinar matahari memang pilihan paling baik karena secara tidak langsung dapat membantu membunuh bakteri yang tidak sengaja menempel pada masker.

6. Setrika dengan Suhu Panas

Menyetrika masker dengan suhu panas.
setrika / freepik.com

Setelah kering, setrika dengan suhu panas agar bakteri dan virus benar-benar mati. Selain itu, menyetrika masker juga dapat membuat masker lebih rapi dan tidak kusut saat digunakan. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id