sign up SIGN UP

Selain Gampang Rontok, Ini Risiko Sering Keramas dengan Air Panas

Novianty Aulia | Jumat, 02 Jul 2021 16:00 WIB
Selain Gampang Rontok, Ini Risiko Sering Keramas dengan Air Panas
caption

Adakah dari kamu yang gemar mandi dan keramas menggunakan air panas?

Mandi dengan air panas memang menjadi pilihan tepat untuk membasuh tubuh setelah bekerja seharian penuh. Suhunya yang hangat membawa ketenangan tersendiri sehingga tubuh merasa rileks. Tetapi Ladies, hal tersebut akan berbeda cerita jika kamu sering menggunakannya untuk membilas rambut.

Ya, pemilihan suhu air nyatanya dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan rambut tidak selalu dapat menahan suhu panas ketika mengenai kulit kepala. Jika kamu abai, kebiasaan yang satu ini malah mengundang berbagai permasalahan baru.

Agar lebih jelasnya, berikut Beautynesia telah merangkum 5 dampak berbahaya penggunaan air panas untuk kesehatan rambut.

1. Rambut Mudah Patah dan Rontok

Suhu yang terlalu panas dapat merusak akar rambut sehingga rambut mudah patah
Rambut mudah patah dan rontok/Freepik.com


Suhu panas yang dihantarkan oleh air dapat mengakibatkan akar rambut menjadi sangat rapuh. Hal ini dapat terjadi karena air yang terlalu panas, membuat pori-pori pada kulit kepala terbuka, sehingga melemahkan fungsi dari akar rambut.

Penurunan kondisi dari akar rambut ini membuat rambut tidak bisa tertopang dengan baik, sehingga mudah patah. Kamu juga akan kesulitan untuk merapikan rambut karena selalu rontok setiap kali disisir. Kekhawatiran selanjutnya yakni rambut semakin tipis, hingga masalah kebotakan.

2. Kehilangan Kelembapan Alami

Rambut yang kehilangan minyak alami akan terasa kasar karena tidak dapat memproduksi kelembapan sendiri.
Suhu panas membuat rambut kehilangan minyak alami/Freepik.com


Sejatinya, setiap helai rambut memiliki kemampuan tersendiri untuk menghasilkan minyak alami, guna menjaga kelembapan pada rambut. Sayangnya, tak selalu rambutmu dapat menghasilkan minyak alami karena dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya air panas.

Terlalu sering membasuh rambut dengan air panas, malah membuat rambut kesulitan untuk menghasilkan minyak alami, Ladies. Jika seperti ini, ketersediaan minyak alami pada rambut akan jauh dari kata cukup, bahkan bisa tidak tersedia sama sekali.

Rambut yang kehilangan minyak alami akan terasa kasar saat disentuh. Kecerahan rambut lambat laun juga berkurang sehingga terlihat kusam.

 

3. Sampo Tidak Cocok dengan Air Panas

Membilas rambut dengan air panas seusai berkeramas malah membuat rambut menjadi rapuh dan menurunkan fungsi dari shampoo.
Sampo dan air panas bukanlah perpaduan yang cocok/Freepik.com


Ladies, penggunaan sampo yang diikuti dengan air panas sebenarnya bukanlah perpaduan yang cocok, lho. Pemakaian air panas untuk membilas rambut juga bisa melunturkan kerja dari produk perawatan rambut lainnya, khususnya conditioner. Vitamin pelembut yang dibawa produk conditioner malah tersapu dengan suhu yang terlalu panas dari air. Produk tersebut pun menjadi kurang maksimal dan tidak berfungsi dengan seharusnya.

4. Mengganggu Fungsi Lapisan Kutikula

Letaknya yang paling luar membuat lapisan kutikula mudah rusak jika terkena air panas.
Penggunaan air panas beresiko merusak lapisan kutikula/Freepik.com


Seperti halnya tubuh dan organ lainnya, rambut juga mempunyai lapisan sebagai pelindung yang biasa disebut dengan kutikula. Lapisan yang terletak di bagian paling luar ini berfungsi sebagai pelindung guna membentengi lapisan rambut dari segala kerusakan.

Walaupun berperan sebagai pelindung rambut, kutikula menjadi lapisan paling riskan karena posisinya yang berada di bagian luar. Alhasil, rambutmu akan mudah mengalami masalah seperti ketombe hingga kerontokan.

Terlebih jika rambutmu diwarnai. Lapisan kutikula yang terangkat membuat warna pada rambut perlahan-lahan menghilang sehingga cat yang kamu gunakan tidak dapat bertahan lama.

5. Memperhambat Pertumbuhan Rambut

Rambutmu akan sulit panjang karena terlalu rapuh dan mudah patah.
Pertumbuhan rambut menjadi lambat karena terlalu rapuh/Freepik.com


Tahukah kamu, mencuci rambut dengan air panas ternyata juga dapat memperlambat pertumbuhan dari rambut kamu sendiri.

Ya, tak hanya menjadi kering, rambut dapat tumbuh dengan sangat lambat ketika terlalu sering dicuci dengan air panas. Hal ini disebabkan oleh suhu yang terlalu panas dari air membuat setiap helai rambut menjadi sangat rapuh. Akibatnya, pertumbuhan rambut memerlukan waktu yang lama karena sudah patah terlebih dahulu sebelum panjang.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id