sign up SIGN UP

FASHION

Step by Step Menggunakan Produk Hair Care, Pemula Wajib Tau!

Rani Mutiara | Minggu, 27 Jun 2021 07:30 WIB
Step by Step Menggunakan Produk Hair Care, Pemula Wajib Tau!
caption
Jakarta -

Bagi kebanyakan orang, merawat rambut dengan shampo saja kelihatannya sudah cukup. Namun ternyata permasalahan rambut tidak hanya bisa diselesaikan dengan shampo saja, tetapi membutuhkan peranan produk lain juga. Namun, karena tidak terbiasa, akhirnya ketika memulai untuk menggunakan produk hair care yang lain, seringkali kita merasa bingung dengan urutan pemakaiannya. Untuk membantu kamu dalam menggunakan produk hair care dengan benar, inilah 5 langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Gunakan Hair Oil Sebelum Keramas

Sebelum mulai keramas, kamu bisa menggunakan hair oil seperti minyak zaitun, minyak kemiri ataupun minyak kelapa. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan secukupnya ke seluruh rambut dan kulit kepala, kemudian pijat sebentar dan diamkan selama 15-30 menit. Kamu juga bisa mendiamkannya selama 1 malam dengan dibungkus handuk kemudian keramas di pagi hari.

Coconut Oil | Pict : Pixabay.com/huyenxu94
Coconut Oil | Pict : Pixabay.com/huyenxu94

Menggunakan Hair oil sebelum keramas bermanfaat dalam merawat kesehatan rambut kamu supaya tetap terlihat sehat dan bersinar.

Keramas dengan Shampo dan Hair Conditioner

Setelah menggunakan hair oil, maka kamu wajib membersihkan rambut menggunakan shampo. Pilih shampo sesuai kebutuhan rambut dan cukup gunakan hanya di kulit kepala saja. Jangan gunakan shampo di ujung rambut jika tidak kotor, supaya ujung rambutmu tidak terlalu kering. Ulangi penggunaan shampo sebanyak 2x jika diperlukan.

Washing Hair | Pict : Freepik.com
Washing Hair | Pict : Freepik.com/gpointstudio

Setelah shampo, gunakan hair conditioner di ujung rambut selama 3 menit untuk menutrisi rambut terutama buat kamu yang bermasalah dengan rambut kering dan bercabang. Kemudian bilas hingga bersih.

Gunakan Hair Tonic di Akar Rambut

Setelah beberapa menit sehabis keramas, ketika rambut dalam keadaan tidak terlalu basah dan belum terlalu kering, gunakan hair tonic di akar rambut. Semprotkan hair tonic di beberapa bagian kemudian pijat rambut dengan lembut supaya produk hair tonic meresap dengan baik ke kulit kepala.

Hair Spray | Pict : Unsplash.com
Hair Spray | Pict : Pexels.com/Polina Tankilevitch

Hair tonic sangat bagus untuk memperbaiki kerusakan pada kulit kepala dan akar rambut sehingga bisa mengurangi rambut rontok dan juga ketombe.

Gunakan Hair Serum atau Hair Vitamin

Setelah menggunakan hair tonic, lanjutkan dengan menggunakan hair serum ataupun hair vitamin di ujung rambut. Hindari menggunakan hair vitamin dan hair serum di kulit kepala supaya tidak menyebabkan rambut menjadi lepek. 

Hair Vitamin | Pict : Freepik.com/freepic.diller
Hair Vitamin | Pict : Freepik.com/freepic.diller

Hair serum dan hair vitamin berfungsi dalam menutrisi dan menjaga kelembaban rambut. Selain itu, menggunakan hair serum dan hair vitamin ini juga bisa membuat rambutmu terasa lebih lembut dan tidak mudah kusut.

Gunakan Hair Mask dan Hair Creambath

Untuk perawatan tambahan, kamu bisa menggunakan hair mask dan hair creambath. Gunakan hair mask minimal seminggu sekali dan ikuti cara pemakaian yang ada di kemasan produknya. Sedangkan untuk hair creambath, kamu bisa gunakan minimal sebulan sekali. Hair mask dan hair creambath berfungsi untuk merawat rambut lebih maksimal sekaligus menjaga kelembutan rambut sehingga rambut lebih mudah diatur.

Hair Care in Bathroom | Pict : Freepik.com/gpointstudio
Hair Care in Bathroom | Pict : Freepik.com/gpointstudio

Itulah 5 langkah hair care routine yang bisa diikuti oleh siapa saja terutama pemula, semoga membantu!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id