sign up SIGN UP

LIFE

Sering Mencuci Tangan? Ikuti 5 Tips Ini Agar Tangan Tetap Sehat dan Bebas Kering

Intan Dwi | Sabtu, 21 Mar 2020 10:00 WIB
Sering Mencuci Tangan? Ikuti 5 Tips Ini Agar Tangan Tetap Sehat dan Bebas Kering
caption
Dengan meluasnya virus corona yang sangat cepat, membuat banyak orang selalu menjaga kebersihan mereka. Salah satunya menjaga kebersihan tubuh dengan rajin mencuci tangan.

Melakukan cuci tangan secara rutin dan dilakukan tiap sehabis melakukan sesuatu memang sangat dianjurkan untuk mencegah kuman bersarang di tangan. Karena itu, saat ini banyak orang berlomba-lomba untuk mencuci tangan agar tangannya bersih dan terbebas dari bakteri yang menempel. Tetapi terlalu sering mencuci tangan juga bisa menyebabkan kulit kering dan lain sebagainya. Dilansir dari Healthline, berikut ini tips-tips cuci tangan yang benar agar tangan tetap sehat.
 


Cuci Tangan dengan Air Hangat


Foto: Istimewa

Direktur dermatologi anak dan dermatologi rawat inap Massachusetts General Hospital, Dr. Daniela Kroshinsky, mengatakan saat mencuci tangan setidaknya lakukan selama 20 menit dengan sabun dan air. Tapi gunakanlah air hangat, karena itu yang terbaik daripada air panas yang dapat mengeringkan tangan.
 


Gunakan Sabun yang Melembapkan


Foto: Istimewa

Karena terdapat banyak sabun yang justru menyebabkan kulit kering, pecah-pecah bakan mengelupas, maka lebih baik gunakan sabun yang melembapkan saat mencuci tangan. Lucy Xu, seorang spesialis kulit dan pemilik dari London Premier Laser and Skin Clinics, mengatakan bahwa gunakan sabun dengan konsistensi krim. Sebelum menggunakannya kamu juga harus memperhatikan bahan-bahan sabunnya seperti gliserin dan lanolin. Lebih baik hindari sabun batangan karena itu dapat menyebabkan kulit kering.
 



Gunakan Pelembap Usai Mencuci Tangan


Foto: Istimewa

Terlalu sering mencuci tangan itu bisa mengeringkan tangan kamu. Hal itu dikarenakan air bertindak seperti magnet dan itu akan menarik air keluar dari lapisan kulit terdalam dan menguap ke udara kering. Hasilnya kulit menjadi lebih kencang dan kering, jadi disarankan kamu menggunakan pelembap berupa krim atau salep. Sebisa mungkin jangan menggunakan lotion, karena lotion memiliki kandungan air terlalu banyak.
 


Memakai Sarung Tangan


Foto: Istimewa

Selain mencuci tangan menggunakan sabun yang melembapkan dan menggunakan pelembap tangan. Kamu bisa menggunakan sarung tangan, hal ini disarankan oleh Friedman untuk merendam tangan di dalam air biasa selama lima menit lalu oleskan pelembap kemudian kenakan sarung tangan selama satu hingga dua jam. Nantinya setelah menggunakan sarung tangan, itu akan melembapkan tangan selama enam sampai delapan jam.
 


Keringkan Tangan dengan Benar


Foto: Istimewa

Usai mencuci tangan kamu diharuskan mengeringkan tangan, tapi kamu harus mengetahui cara yang benar mengeringkan tangan. Jangan gunakan handuk kain saat mengusap tangan dan hindari usapan yang terlalu kencang untuk mencegah mikro-lecet pada kulit. Kamu bisa menggunakan handuk kertas untuk mengusap dengan lembut tangan kamu agar kering. Tapi jika kamu menggunakan handuk kain, setiap orang di rumah harus memiliki handuknya masing-masing dan diganti setiap tiga hari.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id