sign up SIGN UP

LIFE

Sering Mengantuk? Bisa Jadi Pertanda 5 Penyakit ini

Lifia Mawaddah Putri | Selasa, 07 Jul 2020 11:00 WIB
Sering Mengantuk? Bisa Jadi Pertanda 5 Penyakit ini
caption
Jakarta -

Sering merasa ngantuk saat beraktivitas biasanya terjadi akibat kelelahan atau terlalu sering bergadang. Namun, apabila kamu merasakan kantuk di pagi hari meskipun sudah tidur cukup lama di malam hari, kamu perlu mewaspadainya. Sebab hal ini bisa saja jadi pertanda buruk bagi kesehatanmu. Cek artikel berikut ini!

Anemia

Anemia dapat menyebabkan kantuk
Anemia/freepik.com

Kekurangan zat besi akan terjadi jika tubuhmu tidak mendapat asupan zat besi yang cukup. Sehingga hal ini akan menyebabkan sel darah merah berkurang. Akibatnya, seseorang yang mengalami anemia akan mengalami gejala seperti mudah lelah dan sering mengantuk. Alasannya karena ketika tubuh kekurangan hemoglobin, maka oksigen yang mencapai jaringan dan otot pun lebih sedikit. Jantung juga akan bekerja lebih keras untuk memindahkan lebih banyak darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh.

Diabetes

Rasa kantuk yang dirasakan di pagi hari juga bisa menjadi pertanda seseorang mengidap diabetes. Hal ini dikarenakan kadar glukosa yang tinggi di dalam darah. Untuk mencegah penyakit ini, kurangilah mengonsumsi makanan manis. Selain itu, cek kadar gula darah secara berkala agar tetap terkontrol.

Hipotiroid

Hipoteroid bisa akibatkan mengantuk
Hipoteroid/freepik.com

Sering merasakan kantuk juga bisa jadi merupakan tanda kamu mengalami hipotiroid. Gejala paling umum yang dialami adalah mudah mengantuk dan selalu merasa kelelahan. Seseorang yang mengalami hipotiroid pun akan merasa gugup dan mudah gelisah karena hormon tiroid yang seharusnya dapat menjaga keseimbangan energi tidak berfungsi dengan baik.

Obesitas                                               

Jika body mass index (BMI) berada di angka 40 lebih, tandanya kamu mengalami obesitas. Kelebihan berat badan atau obesitas juga bisa menjadi penyebab kamu merasa selalu mengantuk. Sebab, orang yang mengalami obesitas biasanya mengalami kelelahan akibat lebih banyak membawa beban. Bukan hanya itu saja. Mengonsumsi makanan yang tinggi gula juga membuat kita merasa sangat mengantuk.

Depresi

Depresi bisa akibatkan sering mengantuk
Depresi/freepik.com

Selain kesehatan fisik, masalah mental juga dapat memengaruhi jam tidur. Salah satunya adalah depresi. Ketika seseorang mengalami depresi, ia akan mengalami antara kekurangan tidur atau justru sebaliknya. Jika kamu merasa mengalami masalah pada pola tidur dan merasa cepat mengantuk, mungkin kamu sedang mengalami depresi. Cobalah lakukan rileksasi atau kunjungi psikolog untuk mengatasi hal ini.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id