sign up SIGN UP

Sering Terbangun di Waktu Tertentu di Malam Hari Ternyata Ada Artinya, Lho! Yuk, Cari Tahu!

Nadya Quamila | Selasa, 23 Nov 2021 23:30 WIB
Sering Terbangun di Waktu Tertentu di Malam Hari Ternyata Ada Artinya, Lho! Yuk, Cari Tahu!
Sering Terbangun di Waktu Tertentu di Malam Hari Ternyata Ada Artinya, Lho!/Foto: Freepik
Jakarta -

Setiap orang pasti pernah sesekali terbangun di malam hari di sela-sela tidurnya. Terbangun di malam hari bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari yang cukup sepele hingga serius. Mulai dari ingin memperbaiki posisi tidur, ingin buang air kecil, atau bahkan pertanda adanya penyakit dan kondisi medis.

Namun, apa jadinya jika kamu sering atau bahkan hampir setiap malam selalu terbangun di waktu-waktu tertentu? Bisa jadi bahwa tubuhmu sedang memberikan sinyal tertentu, lho, Beauties!

Dirangkum dari Your Tango, ini beberapa arti ketika kamu sering terbangun di malam hari pada waktu-waktu tertentu. Yuk, disimak!

Sulit Tidur di Pukul 9 hingga 10 Malam

Bahaya rambut terikat saat tidur. Bisa timbulkan Kebotakan?/Foto: pexels.com/Ivan OboleninovTerbangun di waktu tertentu di malam hari/Foto: Pexels.com/Ivan Oboleninov


Jika kamu mengalami kesulitan untuk tertidur di antara pukul 9 hingga 10 malam, itu tandanya kamu sedang stres atau sedang memiliki banyak pikiran.

Ketika kamu menyentuh kasur setelah lelah beraktivitas seharian, dan berharap bisa tertidur dengan cepat, kamu malah mendapati otakmu sibuk berpikir alias overthinking. Entah itu masalah pekerjaan, hubungan, maupun masalah hidup lainnya yang membuatmu stres.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba melakukan meditasi sebelum tidur. Cobalah untuk menerima pikiran-pikiran yang muncul agar saat tidur otakmu sudah jauh lebih kondusif. Cara lainnya, kamu juga bisa mendengarkan musik yang menenangkan selama setengah jam sebelum tidur.

Terbangun di antara Pukul 11 Malam hingga 1 Pagi

gangguan tidurIlustrasi terbangun dari tidur di tengah malam/Foto: Freepik.com/tirachard

Beauties, apakah kamu pernah atau justru sering terbangun di malam hari antara pukul 11 malam hingga 1 pagi? Hal ini bisa jadi menandakan bahwa kamu sedang mengalami kekecewaan secara emosional, lho!

Pengobatan tradisional Tiongkok mengaitkan periode waktu ini dengan kantong empedu yang merupakan organ yang dapat mengendalikan emosi. Lebih lanjut, Chinese Medicine Living menyatakan bahwa kantong empedu bertanggung jawab atas hasrat untuk hidup, tindakan, serta ketegasan.

Ketika cairan di kantong empedu seimbang, kamu akan merasa lebih bahagia dan puas. Namun sebaliknya, jika kamu merasa tidak bergairah, sulit mengambil keputusan, dan merasa takut, bisa jadi cairan di kantong empedu tidak seimbang.

Terbangun di antara Pukul 1 hingga 3 Pagi

Jika kamu kerap terbangun di antara pukul 1 hingga 3 pagi, bisa saja tandanya kamu sedang merasa marah, Beauties. Mungkin bisa saja sebelum tidur kamu mengalami berbagai peristiwa yang memicu amarahmu.

Amarah sendiri dapat dikaitkan dengan organ hati. Ketika kamu memiliki amarah atau bahkan dendam yang tidak tersalurkan dengan baik, hal tersebut dapat menumpuk di hati seiring berjalannya waktu. Inilah yang menyebabkan kamu terbangun di malam hari dan tidurmu terganggu.

Terbangun di antara Pukul 3 hingga 5 Pagi

Kesulitan tidur/Kesulitan tidur/Foto: Pexels.com/cottonbro

Di antara pukul 1 hingga 3 pagi adalah waktu ketika paru-paru paling aktif. Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, paru-paru bertanggung jawab untuk memindahkan energi ke seluruh tubuh serta memberikan perlindungan. Paru-paru juga dikenal dapat memberikan sinyal saat sedang depresi dan sedih.

Jika kamu sering terbangun di antara periode waktu ini, bisa jadi kamu sedang mengalami masa-masa sulit dalam hidup. Maka ketika terbangun, cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk mengatur napas dan berdoa.

Terbangun di antara Pukul 5 hingga 7 Pagi

Lelah berlebihan justru membuat kamu sulit untuk tidur karena suasana perasaan yang kacau.Ilustrasi sulit tidur/Foto: Freepik

Terbangun di antara pukul 5 hingga 7 pagi bisa menjadi pertanda bahwa usus terlalu aktif. Tujuan dasar dari usus adalah untuk membuang apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh. Fungsi organ ini memiliki kaitan yang cukup erat dengan aspek spiritual.

Sama seperti tujuannya untuk melepaskan hal-hal yang tidak bermanfaat, bisa jadi ini artinya kamu sedang memikul atau menahan sesuatu yang sudah tidak berguna lagi di dalam hidup. Cobalah untuk melepaskan hal-hal yang memang tidak ditakdirkan untukmu dan berdamai dengan perasaan yang timbul.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id