sign up SIGN UP

Sudahkah Kamu Pulih dari Depresi? Ini Tanda-Tanda Kalau Kamu Sehat Mental

Dian Aprilia | Sabtu, 17 Jul 2021 21:00 WIB
Sudahkah Kamu Pulih dari Depresi? Ini Tanda-Tanda Kalau Kamu Sehat Mental
caption

Depresi adalah kondisi gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus menerus sedih, tertekan dan kehilangan minat dalam beraktivitas. Akibatnya depresi bisa mengganggu pola hidup, nafsu makan dan kondisi fisik. Untuk itu, pengidap depresi perlu mengetahui cara mengatasi depresi.

Cara menghilangkan depresi bisa berbagai cara, seperti berolahraga, berpikir positif, melakukan hobi, menulis buku harian, berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater dan lainnya. Bagi kamu yang sudah melakukan berbagai upaya tersebut, tentu pernah bertanya-tanya tentang tanda-tanda pulih dari depresi.

Berikut beautynesia.id telah merangkum tanda-tanda kamu sudah pulih dari depresi dan sudah sehat mental.

Tidak Takut Mencari Bantuan dan Curhat ke Orang Terdekat

Cara mengatasi depresi
Cara mengatasi depresi/pexels.com/cottonbro

Saat depresi, sebagian pengidap tidak menyadari bahwa yang dialaminya adalah depresi. Hal ini membuatnya tidak merasa perlu untuk mencari bantuan atau pun curhat dengan orang terdekat.

Salah satu cara mengatasi depresi adalah menyadari kondisi depresi dan berupaya untuk mengatasi masalah tersebut. Entah dengan berkonsultasi bersama psikolog atau sekedar curhat ke orang terdekat. Untuk itu salah satu tanda awal kamu pulih dari depresi adalah tak takut mencari bantuan dan curhat pada orang lain.

Merasakan Kembali Minat pada Hal yang Disukai

Selanjutnya, tanda pulih dari depresi adalah bisa merasakan kembali minat pada hal yang disukai. Misalnya kamu merasa senang saat berkebun, membaca buku, menyanyi atau menonton drama Korea.

Hal ini dikarenakan salah satu cara mengatasi depresi adalah dengan menyibukkan diri pada kegiatan yang menyenangkan dan disukai. Hal ini penting untuk menstimulus hormon kebahagiaan dan mengubah suasana hati jadi lebih positif.

Mudah Berkonsentrasi

Cara mengatasi depresi
Cara mengatasi depresi/pexels.com/Andrea Piacquadio

Tanda pulih dari depresi selanjutnya adalah mudah berkonsentrasi. Tak bisa dipungkiri salah satu ciri yang menonjol ketika depresi adalah sulit untuk berkonsentrasi. Biasanya diikuti dengan banyak pikiran negatif dan kecemasan yang dibuat-buat.

Oleh sebab itu salah satu cara menghilangkan depresi adalah tidak overthinking atau mengkhawatirkan masa depan secara berlebihan. Hal ini bisa membantumu untuk fokus di masa sekarang dan saat ini juga sehingga membuatmu lebih berkonsentrasi.

Tak Menyalahkan Diri atas Segala Hal

Ada kalanya depresi dialami karena pengalaman kegagalan. Hal ini rentan memicu rasa bersalah yang sangat kuat bahkan terhadap hal-hal yang mungkin di luar kuasamu. Oleh sebab itu salah satu tanda kamu sudah pulih dari depresi adalah saat kamu tak lagi menyalahkan diri atas segala hal. Sehingga bisa lebih objektif dan menilai dengan jernih setiap permasalahan yang dihadapi.

Pikiran Negatif Berkurang

Cara mengatasi depresi
Cara mengatasi depresi/pexels.com/Liza Summer

Tanda sudah pulih dari depresi selanjutnya adalah pikiran negatif berkurang. Jika saat depresi kamu sering mengalami overthinking, kecemasan, dan prasangka buruk terhadap orang lain maka akan berbeda saat sudah pulih. Pikiran negatif jadi lebih berkurang, karena kamu melihat dengan kacamata objektif dan tidak negatif. Hal ini bisa membuatmu lebih bijak dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Energi Positif Bertambah

Salah satu cara menghilangkan depresi adalah dengan melakukan kegiatan yang disukai dan diminati. Hal ini akan memicu munculnya suasana hati yang bahagia dan energi positif. Untuk itu salah satu tanda pulih dari depresi adalah energi positif jadi bertambah sehingga bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih produktif.

Nafsu Makan Stabil

Cara mengatasi depresi
Cara mengatasi depresi/pexels.com/Polina Tankilevitch

Terakhir, tanda-tanda kamu pulih dari depresi adalah nafsu makan stabil dan cukup. Saat depresi biasanya seseorang bisa makan terlalu berlebihan atau terlalu sedikit. Sementara saat kamu pulih, kamu jadi lebih bisa mengendalikan nafsu makan. Tidak terlalu berlebihan tetapi tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Itulah 7 tanda bahwa kamu sudah pulih dari depresi. Jika kamu mengalami depresi sebaiknya segera konsultasikan dengan ahli agar segera mendapatkan solusinya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id