sign up SIGN UP

LIFE

Tak Hanya untuk Kesehatan, Ini Manfaat Minum Teh Hangat

Novia Rezki | Jumat, 02 Apr 2021 16:15 WIB
Tak Hanya untuk Kesehatan, Ini Manfaat Minum Teh Hangat
caption
Jakarta -

Mengonsumsi teh hangat merupakan hal rutin yang dilakukan bagi kebanyakan orang. Biasanya, teh hangat dikonsumsi saat pagi hari sebelum beraktivitas maupun tea time pada sore hari. Mengonsumsi teh hangat rupanya memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan dan pikiran Anda.

Jenis teh yang biasa dikonsumsi pun ada berbagai macam, teh hijau, teh hitam, teh bunga rosella, teh daun jati, teh daun salam, teh putih, dan teh rooibos. Sesuai namanya, teh tersebut memiliki manfaat masing-masing.

Berikut manfaat minum teh hangat yang baik bagi kesehatan maupun pikiran Anda.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat konsumsi teh bagi tubuh (foto: pinterest.com/vivamisalud)
Manfaat konsumsi teh bagi tubuh

Mengonsumsi teh hangat khususnya teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan. Teh hijau adalah minuman sehat yang dapat mengganti peran minuman manis yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Teh hijau merupakan minuman rendah kalori yang sangat cocok bagi orang yang tengah menjalani diet.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat konsumsi teh bagi tubuh (foto: pinterest.com/tofugu)
Manfaat konsumsi teh bagi tubuh

Siapa sangka mengonsumsi baik untuk menurunkan kolesterol. Beberapa teh herbal dan teh tradisional  memiliki antioksidan yang tinggi sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Teh hijau, teh rooibos, dan teh jahe memiliki manfaat yang sama, yaitu menurunkan kolesterol. Bahkan teh rooibos dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Mencerahkan kulit

Manfaat konsumsi teh bagi tubuh (foto: pinterest.com/myweightlossfun)
Manfaat konsumsi teh bagi tubuh

Salah satu manfaat mengonsumsi teh adalah membantu mencerahkan kulit, seperti teh rooibos. Teh rooibos memiliki kandungan alpha hydoxy dan zat seng yang dipercaya dapat menjadikan kulit bercahaya.

Tak hanya airnya yang bermanfaat. Namun, Anda dapat mencampurkan teh dengan beberapa bahan alami, seperti oatmeal dan cuka apel untuk dijadikan masker. Konon, masker teh rooibos dapat membantu menghilangkan jerawat.

Mengurangi Rasa Cemas dan Depresi

Manfaat konsumsi teh bagi tubuh (foto: pinterest.com/stylecraze)
Manfaat konsumsi teh bagi tubuh

Jika Anda kerap merasakan rasa cemas berlebihan hingga depresi. Teh rosella bisa menjadi alternatif untuk mengatasi perasaan tersebut. Teh rosella memiliki kandungan flavonoid di dalamnya berperan sebagai antidepresan.

Jika Anda menginginkan rasa relaksasi pada tubuh secara alami, Anda dapat mengonsumsi teh hitam. Teh hitam memiliki salah satu manfaat yaitu memberikan efek relaksasi alami pada tubuh dan mental. Hal ini cukup baik untuk Anda yang memiliki segudang aktivitas dan pekerjaan.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat konsumsi teh bagi tubuh (foto: pinterest.com/hasratsehat)
Manfaat konsumsi teh bagi tubuh

Menurut penelitian, teh hijau diklaim dapat meningkatkan fungsi kognitif otak manusia, khususnya untuk daya ingat.

Tak hanya itu, peneliti juga mengungkapkan jika teh hijau dapat menjadi pengobatan kognitif yang berhubungan dengan gangguan neuropsikiatri, seperti demensia.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id