sign up SIGN UP

LIFE

Takut Hadapi Dunia Luar? Bisa Jadi Kamu Mengidap Agoraphobia!

Lifia Mawaddah Putri | Selasa, 11 Aug 2020 20:00 WIB
Takut Hadapi Dunia Luar? Bisa Jadi Kamu Mengidap Agoraphobia!
caption
Jakarta -

Pernahkah kamu mendengar tentang agoraphobia? Agoraphobia adalah fobia dimana penderitanya akan merasa takut yang luar biasa saat berada di ruang terbuka. Seseorang yang mengidap agoraphobia akan merasa dirinya sangat tersiksa jika berada di luar ruangan. Apakah kamu juga mengalami hal ini? Yuk coba kenali lebih jauh tentang jenis fobia yang satu ini!

Tentang Agoraphobia

Agoraphobia adalah jenis gangguan kecemasan dimana seseorang yang mengalami hal ini akan berusaha keras menghindari tempat atau situasi yang dapat menyebabkan rasa panik, terjebak, tidak berdaya, atau bahkan malu
Agoraphobia/freepik.com

Agoraphobia adalah jenis gangguan kecemasan dimana seseorang yang mengalami hal ini akan berusaha keras menghindari tempat atau situasi yang dapat menyebabkan rasa panik, terjebak, tidak berdaya, atau bahkan malu. Tempat-tempat yang dihindari oleh penderita agoraphobia biasanya seperti pasar, mal, transportasi umum, dan tempat ramai lainnya. Bahkan, seorang yang mengalami agoraphobia juga bisa merasa cemas saat sedang mengantre lho.

Gejala Agoraphobia

Ketika seseorang mengalami agoraphobia, gejala fisik yang ia rasakan biasanya seperti jantung yang berdetak lebih cepat, napas yang tidak teratur, berkeringat, sakit dada, gemetar, pusing, atau bahkan sampai mengalami diare.
Agoraphobia/freepik.com

Ketika seseorang mengalami agoraphobia, gejala fisik yang ia rasakan biasanya seperti jantung yang berdetak lebih cepat, napas yang tidak teratur, berkeringat, sakit dada, gemetar, pusing, atau bahkan sampai mengalami diare. Gejala fisik ini akan terjadi apabila lingkungannya menyebabkan kecemasan. Selain gejala fisik, seseorang yang mengalami agoraphobia juga akan mengalami gejala kognitif dan perilaku.

Cara Mengatasi Agoraphobia

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi agoraphobia
Agoraphobia/freepik.com

Jika kamu merasakan hal ini, ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa panik tersebut. Bernapaslah perlahan-lahan dan dalam saat kamu sedang merasa panik. Coba untuk fokus pada pernapasanmu dan hitunglah sampai 3 perlahan-lahan. Kemudian saat sedang panik, cobalah untuk menahan keinginan untuk lari ke tempat yang kamu rasa lebih aman. Nah, jika kamu sedang mengemudi, menepilah dan bernapas perlahan-lahan untuk menangkan dirimu.

Pengobatan Agoraphobia

Pergilah ke psikolog jika kamu merasa butuh bantuan menangani gangguan kecemasanmu.
Agoraphobia/freepik.com

Jika kamu merasa kondisi yang kamu rasakan tidak bisa ditangani sendiri, sebaiknya mintalah bantuan pada ahlinya. Misalnya dengan mengunjungi psikolog. Pengobatan yang akan dilakukan untuk seseorang yang mengalami agoraphobia adalah menjalani psikoterapi dengan psikolog maupun psikiater dan terapi kognitif perilaku. Namun apabila terapi sudah tidak mempan, dokter biasanya akan mengkombinasi CBT dengan obat-obatan antidepresan. Hal ini bertujuan untuk meredakan serangan yang dialami oleh pengidap agoraphobia.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id