sign up SIGN UP

Tetap Tenang, Lakukan 5 Cara Menghilangkan Stres di Tengah Lonjakan COVID-19

Nisrina Salsabila | Senin, 12 Jul 2021 14:30 WIB
Tetap Tenang, Lakukan 5 Cara Menghilangkan Stres di Tengah Lonjakan COVID-19
caption

Beberapa waktu belakangan ini, berita sedang ramai memperbincangkan kasus Covid-19 yang kembali meningkat di Tanah Air meski kini sudah tersedia vaksin Covid. Tak dipungkiri, bagi beberapa orang berada dalam situasi tidak menentu, serba terbatas, tambah lagi dilingkupi kabar-kabar kurang mengenakan mungkin akan membuat mereka merasa waswas, takut, dan stres.

Mari kita hela napas sejenak. Wajar, kok, jika manusia mengalami stres terhadap kondisi yang menekan. Asalkan, kamu mengetahui cara menghilangkan stres bagi dirimu sendiri. Sadarlah bahwa di dunia ini ada hal-hal yang bisa dan tidak bisa kamu kendalikan. Intinya, tetap tenang dan tetap jalankan hal yang bisa kamu lakukan.

Hal-hal yang Bisa Kamu Kendalikan

Bagaimanapun peristiwa di sekitar, kamu tentu bisa mengontrol 5 hal berikut terhadap diri sendiri.

1. Melaksanakan 5M

cara menghilangkan stres
Selalu patuhi 5M/Foto: Pexels.com/annashvets

Selalu tertib mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Satu lagi, jangan ragu untuk segera mendapatkan vaksinasi Covid-19, ya!

2. Mengontrol Pikiran dan Tindakan

Sebisa mungkin hindari over thinking dengan menyibukkan diri melalui aktivitas produktif yang membuatmu tenang dan bahagia. Raih mental yang positif melalui kegiatan berdoa, meditasi, dan yoga.

3. Melakukan Self Care

cara menghilangkan stres
Self care dengan merawat diri/Foto: Pexels.com/paveldanilyuk

Kamu juga butuh mengatur work life balance. Berterimakasihlah pada tubuh dan pikiranmu yang sudah membantu bekerja seharian. Lakukanlah me time dan hobi favorit, jalani pola hidup sehat supaya tidak mudah sakit, merawat diri, atau video call bersama sahabat.

4. Menyaring Berita

Cara agar tidak stres adalah dengan menyaring informasi hoax dari media dan berita. Hindari membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain dalam media sosial. Remember, everyone has their own path.

5. Membantu Orang Lain

cara menghilangkan stres
Membantu orang lain/Foto: Pexels.com/cottonbro

Jangan biarkan terbatasnya mobilitas menghalangi kita untuk menebar kebaikan kepada sesama. Berilah dukungan dan bantuan material/immaterial kepada orang-orang sekitar.

Hal-hal yang Tidak Bisa Kamu Kendalikan

cara menghilangkan stres
Penyebaran virus di dunia tidak bisa dikontrol/Foto: Pexels.com/markusspiske

Dunia ini begitu kompleks, sehingga pasti ada banyak situasi yang tidak bisa kamu kontrol di sekelilingmu. Contohnya, seperti situasi dunia dan penyebaran virus yang berada di luar jangkauanmu. Berdamai dengan keadaan adalah jalan terbaik.

Hal kedua adalah keselamatan diri orang lain. Tak perlu jauh-jauh, ratusan penduduk dalam lingkungan Rukun Tetangga (RT) di rumahmu memiliki latar belakang berbeda-beda. Mungkinkah kamu dapat mengontrol keselamatan dan kepatuhan mereka semua?

Terakhir, mungkin akan sulit untuk mengontrol peraturan yang berlaku sebagai reaksi pemerintah terhadap situasi pandemi ini. Begitupun dengan angka statistik Covid yang bikin miris.

Beauties, terlalu memikirkan ketiga poin tersebut hanya akan membawamu pada over thinking yang bisa mengakibatkan stres. Oleh karena itu, jangan panik dan lakukanlah kelima hal yang bisa kamu kendalikan sebagai cara menghilangkan stres. Yakinlah bahwa kondisi ini akan membaik pada waktunya. Stay happy and stay safe, everyone!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id