sign up SIGN UP

LIFE

Tidak Yakin Untuk Vaksin? Pahami Dulu Cara Kerja Vaksin Dalam Mencegah Infeksi Virus

Rumaysha Milhania | Senin, 22 Feb 2021 13:30 WIB
Tidak Yakin Untuk Vaksin? Pahami Dulu Cara Kerja Vaksin Dalam Mencegah Infeksi Virus
Vaksin/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Pandemi virus corona membuat masyarakat dunia, termasuk Indonesia, dihadapkan dengan realita kehidupan yang berbeda dari biasanya. Ancaman virus mematikan yang dapat menyerang siapapun ini menjadi fokus para pemerintah. Dengan segenap upaya, para ahli pun akhirnya berhasil untuk menyelesaikan produksi vaksin. Distribusinya pun sudah mulai dilakukan. Namun, banyak dari masyarakat yang khawatir tentang vaksin itu sendiri. Apakah itu benar-benar aman?

Pandemi virus corona membuat masyarakat dunia, termasuk Indonesia, dihadapkan dengan realita kehidupan yang berbeda dari biasanya. Ancaman virus mematikan yang dapat menyerang siapapun ini menjadi fokus para pemerintah.
Vaksin Covid/ Sumber: Freepik.com

Apa Itu Vaksin?

Melansir dari WHO, vaksin merupakan zat yang diberikan kepada seseorang atau hewan dengan tujuan untuk melindunginya dari patogen tertentu, baik itu bakteri, virus, atau mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan penyakit. Vaksin mendorong respons imun dalam tubuh yang menghasilkan antibodi, yaitu protein yang bekerja untuk melawan patogen tertentu.

Tujuan pemberian vaksin adalah mendorong tubuh untuk membuat antibodi khusus untuk patogen tertentu, yang selanjutnya akan mencegah infeksi atau penyakit. Dalam hal ini, vaksin bekerja dengan membuat infeksi dalam skala kecil yang tidak menyebabkan penyakit yang sebenarnya. Proses serupa memang terjadi ketika tubuh menghadapi patogen yang sebenarnya, tetapi vaksin menghindarkan individu dari bahaya penyakit.

Bagaimana Vaksin Dibuat?

Vaksin dapat dibuat dari salah satu dari berbagai sumber, seperti bakteri atau virus yang dimatikan atau dilemahkan, protein atau gula dari patogen, atau pengganti sintetis. Agar vaksin dapat melakukan tugasnya, ada beberapa hal yang perlu dipastikan:

  • Vaksin perlu merangsang produksi antibodi
  • Antibodi harus memiliki aviditas (ketertarikan pada patogen tertentu).
Antibodi tidak akan bekerja jika tidak mengikat patogen yang menyerang. Perlindungan vaksin juga mengharuskan tubuh mengenali patogen dan terus membuat antibodi saat dibutuhkan, yang disebut memori imun.
Bagaimana Vaksin Bekerja/ Sumber: Freepik.com

Antibodi tidak akan bekerja jika tidak mengikat patogen yang menyerang. Perlindungan vaksin juga mengharuskan tubuh mengenali patogen dan terus membuat antibodi saat dibutuhkan, yang disebut memori imun. Ketika ini terjadi, tubuh yang divaksinasi siap untuk memproduksi lebih banyak antibodi ini segera, setiap kali tubuh terpapar bakteri atau virus.

Bagaimana Cara Kerja Vaksin?

Vaksin mengandung bagian yang lemah atau tidak aktif dari organisme tertentu yang memicu respons imun di dalam tubuh. Vaksin yang lebih baru berisi blueprint untuk memproduksi antigen daripada antigen itu sendiri.

Terlepas dari apakah vaksin itu terdiri dari antigen itu sendiri atau blueprint sehingga tubuh akan memproduksi antigen, versi yang dilemahkan ini tidak akan menyebabkan penyakit pada orang yang menerima vaksin, tetapi akan mendorong sistem kekebalan mereka untuk merespons sebanyak itu akan terjadi pada reaksi pertamanya terhadap patogen yang sebenarnya.

Vaksin mengandung bagian yang lemah atau tidak aktif dari organisme tertentu yang memicu respons imun di dalam tubuh. Vaksin yang lebih baru berisi blueprint untuk memproduksi antigen daripada antigen itu sendiri.
Cara Kerja vaksin/ Sumber: Freepik.com

Jadi, bagaimana? Apakah kamu masih ragu untuk mendapatkan vaksin?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id