sign up SIGN UP

LIFE

Viral di Drama Korea, Yuk Kenali Manfaat Butterfly Hug!

Lifia Mawaddah Putri | Kamis, 10 Sep 2020 07:30 WIB
Viral di Drama Korea, Yuk Kenali Manfaat Butterfly Hug!
caption
Jakarta -

Drama Korea yang baru-baru ini dibintangi oleh Kim Soo-Hyun belakangan ini berhasil mencuri perhatian masyarakat. Buat kamu pecinta Drama Korea alias drakor, pasti sudah enggak asing dengan serial It’s Okay to Not Be Okay. Salah satu adegan yang cukup viral adalah butterflu hug. Dalam serial tersebut, metode butterfly hug digunakan untuk mengontrol emosi. Ternyata, adegan ini pun bukan hanya pemanis saja lho! Yuk kenali beberapa fakta tentang butterfly hug berikut ini.

Pertama Digunakan Pada Tahun 1988

Pada awalnya, metode ini dikembangkan oleh seorang terapis bernama Lucina Artigas dan Ignacio Jarero pada tahun 1998.
Butterfly Hug/pinterest.com

Dalam dunia psikologi, butterfly hug dikenal sebagai bentuk stimulasi mandiri untuk meredam rasa cemas. Butterfly hug merupakan metode stimulasi bilateral untuk terapi individu maupun kelompok. Hingga saat ini, butterfly hug masih dijadikan standar bagi para terapis saat berhadapan dengan orang yang mengalami trauma. Pada awalnya, metode ini dikembangkan oleh seorang terapis bernama Lucina Artigas dan Ignacio Jarero pada tahun 1998. Di tahun tersebut, metode ini digunakan untuk membantu para pengidap trauma akibat badai Pauline di Meksiko.


Cara Melakukan Butterfly Hug

Sesuai dengan adegan pada serial It’s Okay to Not Be Okay, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyilangkan kedua tangan di depan dada seperti sedang memeluk diri.
Butterfly Hug/pinterest.com

Sesuai dengan adegan pada serial It’s Okay to Not Be Okay, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyilangkan kedua tangan di depan dada seperti sedang memeluk diri. Setelah itu, kamu bisa menutup mata atau setengah menutup mata sambil melihat ujung hidung. Jika sudah, tepuk bagian pundak kanan dan kirimu secara bergantian seperti sayap kupu-kupu. Gerakan ini dilakukan seirama dengan tarikan dan embusan napas secara perlahan-lahan.

Bukan Hanya Untuk Orang Dewasa

Metode butterfly hug bukan hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja lho! Remaja maupun anak-anak yang mengalami tekanan dan ledakan emosi juga bisa melakukan metode ini.
Butterfly Hug/pinterest.com

Metode butterfly hug bukan hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja lho! Remaja maupun anak-anak yang mengalami tekanan dan ledakan emosi juga bisa melakukan metode ini. Selain itu, metode ini juga banyak diajarkan kepada anak-anak untuk memfasilitasi proses utama dari memori traumatis sehingga membantu menenangkan emosi dan memberi rasa nyaman.

Mudah dan Fleksibel

Butterfly hug merupakan metode yang mudah untuk dilakukan karena enggak memerlukan alat apapun. Sehingga, kamu bisa melakukan metode ini dimanapun dan kapanpun.
Butterfly Hug/pinterest.com

Butterfly hug merupakan metode yang mudah untuk dilakukan karena enggak memerlukan alat apapun. Sehingga, kamu bisa melakukan metode ini dimanapun dan kapanpun. Tapi sebaiknya carilah ruangan yang sepi dan tenang agar kamu bisa leluasa melakukan metode ini tanpa terlihat aneh oleh orang-orang di sekitarmu. Kamu pun bisa melakukan metode ini sambil mendengarkan musik yang lembut agar hasilnya lebih maksimal.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id