sign up SIGN UP

LIFE

Waspada, Ini 5 Fakta Penyakit Diabetes yang Dapat Picu Kematian

Fauziana Hilda | Minggu, 24 May 2020 01:00 WIB
Waspada, Ini 5 Fakta Penyakit Diabetes yang Dapat Picu Kematian
caption
Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia. Jika tidak segera mendapatkan pengobatan, kondisi ini dapat memicu kematian, lho. Simak beberapa fakta lain dari penyakit diabetes berikut ini, yuk!

Menurut WHO, jumlah orang yang mengalami diabetes telah hampir empat kali lipat sejak tahun 1980. Populasi ini akan terus meningkat setiap tahunnya di seluruh dunia, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. 

Penyakit diabetes lebih rentan terjadi di negara-negara yang memiliki penghasilan rendah dan menengah. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan jumlah orang yang mengalami kenaikan berat badan, termasuk obesitas dan kurangnya aktivitas fisik. Ini yang dapat memicu terjadinya diabetes pada seseorang. Berikut ini ada 5 fakta lainnya tentang penyakit diabetes yang perlu diketahui!


Diabetes Terdiri dari 3 Tipe


Foto: Istimewa
Image Source: https://www.freepik.com/

Diabetes Mellitus atau yang sering disebut diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Ada dua jenis penyakit diabetes yakni, diabetes tipe 1 adalah yang disebabkan karena kerusakan pada sel pankreas. Sedangkan diabetes tipe 2 yang disebabkan karena ketidakmampuan tubuh untuk merespon hormon insulin. 

Untuk diabetes tipe ke 3 ini dapat terjadi pada ibu hamil yang sebelumnya tidak punya riwayat diabetes. Ibu hamil akan mengalami kenaikan kadar gula pada 24 minggu usia kehamilan. Hal ini yang menyebabkan ibu hamil rentan terkena diabetes.

Namun, diabetes tipe ini masih bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan sehat, olahraga dan suntikan insulin yang sesuai dengan anjuran dokter. Kadar gula darah akan perlahan kembali normal seiring bertambahnya usia kehamilan


Tingginya Risiko Diabetes Akibat Riwayat Keluarga


Foto: Istimewa
Image Source: https://www.freepik.com/

Fakta selanjutnya adalah diabetes dapat terjadi akibat adanya riwayat dari keluarga. Jika kamu memiliki orang tua atau saudara yang mengidap diabetes tipe 2 ini dapat memicu risiko gejala diabetes yang sama dan relatif tinggi.

Meski diabetes dapat terjadi karena adanya faktor keturunan namun tidak semua anggota keluarga dapat terkena diabetes. Hal ini sudah dilakukan melalui riset pada kembar identik yang memiliki gen yang sama bahwa keduanya dapat berisiko diabetes.

Apabila ada salah satu kembar yang mengidap diabetes tipe 1, maka 50% kemungkinan saudara kembarnya dapat terkena diabetes juga. Sementara jika salah satu kembar mengidap diabetes tipe 2, maka saudaranya pun akan 74% terkena diabetes yang kemungkinan sama. 



Cara Pengobatan Penyakit Diabetes


Foto: Istimewa
Image Source: https://www.freepik.com/

Tidak perlu khawatir, penyakit diabetes masih bisa disembuhkan dengan beberapa cara yakni dengan rutin kontrol melalui pengobatan dan perubahan gaya hidup. Jika keduanya dapat dilakukan secara berkomitmen, maka risiko terjadinya komplikasi dapat perlahan menurun.

Di Indonesia, sudah 75% penderita diabetes yang mendapatkan perawatan berupa Obat Anti Diabetes (OAD) dari tenaga medis. Sementara 5% penderita lainnya juga memperoleh pengobatan berupa suntikan insulin. Bagi 11% lainnya mendapatkan pengobatan dalam bentuk OAD sekaligus suntikan insulin.

Namun, masih ada 9% lainnya belum menjalani pengobatan diabetes. Sisanya 91% sudah menjalani pengobatan rutin yang telah di anjurkan oleh anjuran dokter. Mereka melakukan dengan rutin dan teratur supaya diabetes dapat segera sembuh. 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id