sign up SIGN UP

LIFE

Waspada, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Lemak Menumpuk di Paha

Dian Aprilia | Kamis, 07 Jan 2021 13:00 WIB
Waspada, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Lemak Menumpuk di Paha
caption
Jakarta -

Tak hanya mendambakan fisik yang sehat, wanita juga ingin memiliki bentuk tubuh ideal dan juga menarik. Lantaran, fisik yang menarik membuat seseorang lebih percaya diri dan juga mudah dalam memadu padankan baju yang akan dikenakan.  

Salah satu area yang sering bikin wanita gak PD adalah lemak yang menumpuk di area paha. Hal ini tentu membuat tidak nyaman saat pakai celana dan juga kurang enak di pandang. Lantas, mengapa ya lemak menumpuk di area paha? Padahal bagian tubuh lainnya cenderung kecil, seperti area tangan dan juga perut.

Nah berikut beautynesia.id telah merangkum 5 kebiasaan yang bikin lemak numpuk di paha:

Konsumsi kalori berlebihan

Makanan
Makanan/pexels.com

Lemak bisa menumpuk di salah satu area tertentu juga karena konsumsi kalori yang berlebihan. Sebab sisa kalori yang tidak terpakai akan diubah tubuh menjadi lemak dan juga meningkatkan berat badan. Oleh sebab itu, perhatikan menu makanan harian agar tidak sampai berlebihan dan menyebabkan lemak menumpuk.

Selain itu, kelebihan kalori juga bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya seperti obesitas, penyakit jantung, stroke, dan lainnya. Oleh sebab itu, hindari makanan yang memiliki kalori tinggi seperti kacang-kacangan, alpukat, buah kering, ubi jalan dan nasi putih.

Pengaruh hormon

Hormon
Hormon/pexels.com

Wanita lebih sering mengalami penumpukan lemak di paha, pasalnya perempuan memiliki hormon estrogen. Hormon ini bisa meningkatkan penyimpanan lemak di area lutut hingga ke paha. Jadi wajar jika kita jarang menemui pria dengan paha lebar.

Lantas bagaimana cara menghindarinya? Kamu bisa perbanyak konsumsi serat agar estrogen tak bekerja terlalu cepat. Selain itu serat juga bagus untuk membuang lemak jenuh dan program diet.

Genetik

Genetik
Genetik/pexels.com

Penumpukan lemak di paha juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Biasanya, orang-orang yang lahir dari keturunan berpaha lebar cenderung akan memiliki paha lebar juga. Meski begitu, kamu tetap bisa mengurangi dan mencegahnya dengan menjalankan program diet dan makan-makanan yang sehat.

Mager dan kurang olahraga

Mager
Mager/pexels.com

Bagi kamu pasukan mager (malas gerak) yang biasanya betak duduk atau berbaring ber jam-jam dan sangat jarang bergerak, yuk mulai kurangi kebiasaan buruk ini. Duduk terlalu lama membuat pahamu mudah melebar. Hal ini dikarenakan otot paha tak dilatih, sehingga membuat lemak menumpuk.

Kamu bisa melakukan berbagai olahraga yang efektif untuk mengencangkan otot paha seperti bersepeda, jogging, berenang, jumping jacks, dan berbagai squat seperti sumo squat dan pile squat. 

Sering makan junk food

Junk food
Junk food/pexels.com

Terlalu sering mengonsumsi makanan junk food juga jadi pemicu lemak menumpuk di paha. Hal ini dikarenakan junk food memiliki kandungan lemak jenuh sehingga sulit dicerna tubuh. Oleh sebab itu, kurangi intensitas makan junk food dan pastikan tidak melebihi kebutuhan kalori harian agar tak memicu kegemukan.  

Makanan yang tergolong dalam junk food diantaranya adalah gorengan, ham, sosis, mie instan, makanan yang dibakar dan lainnya. Coba latih dirimu untuk mengganti junk food dengan makanan sehat seperti buah, sayur, jus dan lainnya.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang bikin lemak menumpuk di paha. Oleh sebab itu mulai sekarang ubah kebiasaan itu jadi pola hidup yang sehat ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id