sign up SIGN UP

5 Drakor Sageuk yang Terinspirasi dari Kerajaan Dinasti Korea Masa Lalu, Penuh Sejarah!

Allyoo Ri | Kamis, 25 Nov 2021 08:30 WIB
5 Drakor Sageuk yang Terinspirasi dari Kerajaan Dinasti Korea Masa Lalu, Penuh Sejarah!
Drama Korea The Red Sleeve Cuff/ Foto: kdramastars.com
Jakarta -

Sageuk merupakan drama Korea dengan latar dan tema kehidupan kerajaan Korea di zaman dulu. Sudah banyak drama atau film yang memakai plot era zaman dulu, terutama kerajaan. Banyak cerita sejarah kerajaan asli yang kembali diceritakan dan ditampilkan dengan apik melalui drama atau film sageuk.

Tak hanya disukai oleh publik dalam negeri, drama bertema sageuk juga dicintai para penonton drama Korea dari luar negeri. Selain dapat mempelajari sebuah bentuk peradaban di zaman dulu, mengenal sejarah, dan bahkan mengetahui berbagai macam kerajaan yang benar-benar ada.

Di mana kerajaan yang pernah ada tersebut, ada sebelum negara Korea terpisah menjadi Selatan dan Utara. Buat kamu yang ingin mengenal berbagai fase zaman serta dinasti kerajaan di Korea Selatan, berikut ini drama Korea sageuk sesuai dinasti kerajaan Korea!

1. Kerajaan Nakrang dan Goguryo - Princess Jamyung Go

Official Drama Poster
Princess Jamyung Go/ Foto: Official Drama Poster

Drama ini memiliki latar kerajaan salah satu yang paling tua dan awal dari sejarah dinasti kerajaan Korea. Di mana kerajaan tersebut bahkan sudah mulai terbentuk sebelum tahun masehi.

Dibintangi oleh Jung Ryeo Won, Jung Kyung Ho, dan Park Min Young, drama ini menceritakan tentang para putri kerajaan yang lahir dari seorang Ayah Raja Nakrang namun berbeda ibu yang salah satunya ditakdirkan akan menjadi penyelamat kerjaan, sementara yang satunya akan menjadi penyebab runtuhnya kerajaan.

Kedua putri kakak beradik itu pun terlibat cinta dengan seorang Pangeran bernama Hodong dari Kerajaan Goguryo. Sang Pangeran menggunakan perasaan para putri untuk mulai menghasut mereka membantunya merebut Nakrang ke dalam kekuasaan Goguryo.

2. Dinasti Silla - The Great Queen Seondeok dan Hwarang 

Official Drama Poster
The Great Queen Seondok/ Foto: Official Drama Poster

Silla merupakan salah satu dari tiga Dinasti di zaman tiga kerajaan Korea, yaitu Goryo, Silla, dan Baekje. Dalam drama The Great Queen Seondok, akan menceritakan bagaimana Ratu Seondok berjuang di jalannya sampai ia berhasil menjadi Ratu dari Silla yang akan menyatukan tiga kerajaan di bawah kekuasaan Kesatuan Silla.

Drama ini dibintangi oleh aktris Lee Yo Won serta Go Hyun Jeong.

Official Drama Poster
Hwarang/ Foto: Official Drama Poster

Kemudian ada drama Hwarang, yang dibintangi Park Seo Joon, Park Hyung Sik, serta Go Ara. Menceritakan tentang pasukan elite asal Silla yang terkenal dengan kemampuan serta kecantikannya yang seperti bunga, yang menjadi asal muasal nama mereka yaitu "Hwarang".

3. Dinasti Goryeo – Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Official Drama Poster
Scarlet Heart: Ryeo/ Foto: Official Drama Poster

Drama ini memiliki latar di masa Dinasti Goryeo, yang mana ada setelah masa dinasti tiga kerajaan. Di zaman ini, Baekje, Silla, dan Goryeo telah berhasil ditaklukan dan menjadi dinasti Goryeo.

Lee Ji Eun, Lee Jun Ki, serta Kang Ha Neul dan banyak aktor juga aktris muda membintangi drama ini. Bertema tentang time travel yang dialami oleh Hae Soo dari zaman modern ke zaman Goryeo di mana ia harus bertemu para Pangeran Goryeo dan terlibat dengan mereka semua.

4. Awal Terbentuknya Joseon - The Great Seer

Official Drama Poster
The Great Seer/ Foto: Official Drama Poster

Drama The Great Seer, merupakan salah satu sageuk yang memiliki plot di mana awal keruntuhan serta awal didirikannya Dinasti Joseon. Dibintangi oleh Ji Jin Hee, Ji Sung, dan Song Chan Hui.

Drama ini akan memberikan banyak pengetahuan tentang bagaimana secara perlahan Goryeo jatuh dan Jenderal Lee Song Gye yang diperankan Ji Jin Hee mengawali sejarah Dinasti Joseon.

5. Dinasti Joseon - Dong Yi dan The Red Sleeve Cuff

Official Drama Poster
Dong Yi/ Foto: Official Drama Poster

Kali ini merupakan latar waktu ketika Dinasti Joseon berkuasa. Sebenarnya, Dinasti Joseon merupakan latar waktu yang paling banyak digunakan dalam drama korea. Sebut saja yang berasal dari kisah asli seperti Dae Jang Geum, Lee San: Wind Of The Palace, Saimdang, maupun yang murni fiksi seperti The Moon That Embraces The Sun, Moon Light Drawn By Cloud, dan lainnya.

Tapi, salah satu yang paling banyak dijadikan latar masa kepimimpinan, adalah masa di mana Raja Sukjong memimpin Dinasti Joseon. Kisahnya bersama para Ratu serta Selir, telah banyak diangkat dalam kisah drama atau film.

Salah satu yang paling terkenal adalah Dong Yi, drama yang menceritakan awal mula kehidupan Dong Yi yang kelak akan menjadi Selir Choi Suk Bin dan melahirkan Raja Yeong Jo.

Drama ini lengkap menceritakan dari masa Ratu Inhyeon, dihukum matinya Jang Hui Bin, dan diangkatnya Ratu Inwon. Dibintangi oleh Han Hyo Joo, Ji Jin Hee, Lee Seo Yeon, Bae Soo Bin, serta Park Ha Sun.

Official Drama Poster
The Red Sleeve Cuff/ Foto: Official Drama Poster

Kemudian, ada pula yang terbaru yaitu drama The Red Sleeve Cuff, di mana "cicit" dari Dong Yi dan Sukjong yaitu Lee San yang kelak menjadi Raja Jeongjo menggantikan putra Dong Yi dan Raja Sukjong, Raja Yeongjeo. Raja Jeongjo merupakan putra dari Putra Mahkota Sado, cucu dari Raja Sukjong yang meninggal di dalam peti beras atas perintah Ayahnya, Raja Yeongjo.

Nah, dari banyaknya masa dinasti kerajaan Korea, mana nih yang kisahnya membuatmu penasaran, Beauties?

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id