sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

5 Idol K-Pop yang Terlibat Langsung dalam Pembuatan Video Musiknya

Jovita | Jumat, 09 Oct 2020 19:00 WIB
5 Idol K-Pop yang Terlibat Langsung dalam Pembuatan Video Musiknya
caption

Industri K-Pop telah mengalami perubahan signifikan dalam proses pembuatan musik sepanjang waktu. Sebelumnya, idol adalah artis yang berlatih keras untuk memberikan yang terbaik di atas panggung mengikuti instruksi label (agensi) dalam hal suara, konsep, koreografi, dan sebagainya.

Saat ini, idol memiliki lebih banyak kendali atas pembuatan musik yang berhubungan dengan mereka secara pribadi dan memiliki lebih banyak kebebasan artistik untuk mewakili musik mereka dengan visual pilihan sendiri. Di bawah ini adalah beberapa idol yang telah meninggalkan sentuhan pribadi atau terlibat langsung dalam pembuatan video musik atau MV mereka, Ladies. Simak, yuk!

Tiffany Young

Tiffany Young/ Foto: Soompi
Tiffany Young/ Foto: Soompi

Setelah menjalani karir solonya di Amerika Serikat, Tiffany tidak ragu meninggalkan sentuhan pribadi di seluruh rilis musiknya dalam hal penulisan lirik dan produksi. Lewat single "Magnetic Moon", Tiffany melangkah lebih jauh dengan menciptakan konsep untuk proyek MV-nya dan juga mengarahkannya.


Jackson Wang

Jackson Wang/ Foto: Soompi
Jackson Wang/ Foto: Soompi

Penggemar terus dihibur melebihi ekspektasi dengan Jackson yang bekerja keras mengerjakan musik solonya. Jackson mempersembahkan video musik yang dibuat sendiri, ditulis sendiri, dan diedit sendiri untuk rilis terbarunya "Pretty Please." Satu hal yang pasti, hasilnya lumayan menyenangkan.

Agust D

Agust D/ Foto: Soompi
Agust D/ Foto: Soompi

Agust D atau Suga BTS adalah seorang produser dan penulis lirik berbakat, dan kali ini ia menyalurkan keterampilannya sebagai sutradara. Saat mempersiapkan "Daechwita," Suga bertemu dengan sutradara untuk merencanakan video musik. Dia secara khusus meminta satu set drama sejarah dan berbagi beberapa idenya yang akhirnya dimasukkan ke dalam adegan MV, seperti bekas luka di wajahnya dan kontras antara pengaturan tradisional dan modern.

(G)I-DLE

(G)I-DLE/ Foto: Soompi
(G)I-DLE/ Foto: Soompi

Grup wanita keren ini telah mengguncang industri K-pop dengan kualitas musiknya. Setelah berbagi kompetensi membuat dan memproduksi, bakat mereka bersinar sekali lagi melalui pengambilan sutradara pada klip yang mereka buat bersama untuk "Blow Your Mind."

Amber Liu

Amber Liu/ Foto: Soompi
Amber Liu/ Foto: Soompi

Amber Liu dari f(x) adalah artis lain yang sangat terlibat dalam mengarahkan video musiknya. Dari upaya sukses pertamanya dengan "Borders" hingga video klip ulang tahun yang ia buat untuk f(x), dan banyak rilisan solo lainnya, Amber telah menunjukkan bakat visualnya yang istimewa.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id