sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

5 K-Drama yang Episodenya Dipotong karena Rating Rendah

Henny Alifah | Selasa, 07 Jul 2020 19:00 WIB
5 K-Drama yang Episodenya Dipotong karena Rating Rendah
caption

Sebagaimana tayangan televisi pada umumnya, K-Drama juga mengalami rating yang naik turun tergantung selera pasar. Sebagian besar terus tayang meski rating-nya anjlok, namun beberapa K-Drama terpaksa diakhiri lebih cepat dari rencana yang dijadwalkan karena kendala rating yang rendah. Seperti lima K-Drama dengan rating rendah berikut ini.

1. A Piece of Your Mind (2020)

K-Drama dengan rating rendah, 'A Piece of Your Mind' yang tayang pada 2020
A Piece of Your Mind/ Foto: Instagram.com/tvndrama.official

Masih segar dalam ingatan, April lalu K-Drama yang dibintangi Jung Hae In dan Chae Soo Bin ini terpaksa harus dipangkas ceritanya, menyisakan kekecewaan bagi para penonton setia. Tayang perdana pada 23 Maret 2020, awalnya A Piece of Your Mind dijadwalkan tayang hingga 16 episode namun disingkat menjadi 12 episode saja.

Pemirsa Korea rupanya tidak terlalu tertarik dengan drama romantis ini. Rating tertingginya hanya mencapai 2,4 %, rating yang juga tergolong rendah bagi tivi kabel seperti tvN yang menayangkannya.


2. A Beautiful Mind (2016)

K-Drama dengan rating rendah, 'A Beautiful Mind' yang tayang pada 2016
A Beautiful Mind/ Foto: KBS via humancorp.co.kr

Sebelum A Piece of Your Mind, ada A Beautiful Mind yang juga menjadi K-Drama dengan rating rendah. Entah kebetulan atau bukan, tetapi K-Drama dengan judul serupa ini sama-sama tidak mendapat antusias yang tinggi dari penonton.

A Beautiful Mind seharusnya ada 16 episode, tetapi dipangkas menjadi 14 episode saja. Drama yang dibintangi Jang Hyuk, Park So-dam, Yoon Hyun-min, serta Park Se-young ini mendapat rating rata-rata 3,7 %. Angka tersebut termasuk sangat rendah bagi drama yang ditayangkan di channel publik seperti KBS.

3. Ex-Girlfriends' Club (2015)

K-Drama dengan rating rendah, 'Ex-Girlfriends' Club' yang tayang apda 2015
Ex-Girlfriends' Club/ Foto: tvN via dramaforreal.com

K-Drama yang dibintangi Song Ji-hyo, Byun Yo-han, Lee Yoon-ji, Jang Ji-eun, serta Ryu Hwa-young ini mulanya direncanakan tayang hingga 16 episode. Namun karena rating-nya terus turun, drama ini kemudian dipangkas menjadi 12 episode saja.

Ex-Girlfriends' Club meraih rating tertinggi di episode pertamanya, yang mana hanya 1.16 %. Setelah episode pertama, drama komedi-romantis ini tidak pernah mencapai rating melampaui 1 %. Rating yang rendah bahkan bagi tv kabel. Bagi tv kabel seperti tvN yang menayangkan drama ini, rating yang dianggap bagus adalah rating yang berada di kisaran 3,5 % ke atas.

4. Love Frequency 37.2 (2014)

K-Drama dengan rating rendah, Love Frequency 37.2 yang tayang pada 2014
Love Frequency 37.2/ Foto: MBC via asianwiki.com

Pemangkasan cerita dalam K-Drama ini cukup drastis, dari 16 episode menjadi 6 episode saja. Love Frequency 37.2 dibintangi oleh Yoon Gun, Choi Yoon-so, Yoon Jin-wook, Jin Hyun-bin, Jo A-young, Lee Se-young, dan Kim Woo-hyuk. Ceritanya tentang disk jockey radio yang membajak frekuensi radio lain dan membacakan kisah cinta para pendengarnya. Sayangnya, tak banyak yang terhibur dengan jalan cerita drama ini.

5. Mom is Acting Up (2012)

K-Drama dengan rating rendah, Mom is Acting Up yang tayang pada 2012
Mom is Acting Up/ Foto: MBC via hancinema.net

Mom is Acting Up seharusnya menjadi serial panjang dengan 120 episode. Namun, rendahnya rating membuat drama ini terpaksa dipotong drastis hingga menjadi 27 episode saja. MBC, stasiun televisi yang menayangkannya, memilih untuk segera mengakhiri K-Drama dengan rating rendah ini dan beralih ke program baru.

Itu tadi lima K-Drama dengan rating rendah. Penting diingat, rating tidak selalu menentukan kualitas atau seberapa baik/buruknya sebuah acara. Kalau kamu suka, kamu bisa tetap lanjut nonton K-Drama dengan aktor atau aktris favorit, genre favorit, atau sutradara dan scriptwriter favorit tanpa terpatok dengan angka-angka.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id