sign up SIGN UP

Deretan Idol K-Pop yang Jadi Pemenang Album Of The Year MAMA dari Tahun ke Tahun

Allyoo Ri | Sabtu, 20 Nov 2021 18:30 WIB
Deretan Idol K-Pop yang Jadi Pemenang Album Of The Year MAMA dari Tahun ke Tahun
EXO di MAMA/ Foto: Soompi
Jakarta -

Menjelang akhir tahun 2021, merupakan waktu yang sangat mendebarkan bagi banyak penggemar grup K-Pop. Pasalnya, acara akhir tahun serta penghargaan musik bergengsi biasanya akan digelar saat akhir tahun tiba. Salah satu acara penghargaan bergengsi yang paling ditunggu adalah MAMA (Mnet Asian Music Awards).

MAMA merupakan acara penghargaan musik yang dikenal dengan penampilan luar biasa dari para pengisi acara, serta penghargaan yang diberikan merupakan salah satu yang paling bergengsi sebagai tolak ukur kesuksesan para penyanyi di Korea Selatan.

Satu dari sekian banyak penghargaan tertinggi yang paling sengit dan bergengsi adalah kategori Album Of The Year sebagai Grand Prize. Telah ada lebih dari 10 tahun, berikut adalah para pemenang kategori Album Of The Year sebagai Grand Prize dari MAMA dari tahun ke tahun!

Super Junior

Super Junior
Super Junior/ Foto: The Melody Single Official Photoshoot

Grup yang debut pada tahun 2005 dan belum lama ini merayakan hari jadi ke 16 tahunnya di awal bulan November, telah menorehkan prestasi luar biasa di MAMA. Super Junior tercatat telah menjadi pemenang dari Album Of The Year sebanyak dua kali.

Album mereka yang mendapat penghargaan Grand Prize adalah Mr. Simple (2011) dan Sexy, Free, and Single (2012).

EXO

EXO
EXO/ Foto: SM Entertaiment

EXO setidaknya telah 5 kali memenangkan Album Of The Year selama 5 tahun berturut-turut. Dimulai dari XOXO (2013), Overdose (2014), Exoduse (2015), Ex’Act (2016), dan The War (2017). Ini merupakan rekor terbanyak sejak dimulainya MAMA di tahun 1999.

BTS

BTS
BTS/ Foto: Billboard

Grup berisikan 7 member yang dipimpin oleh RM ini telah memenangkan penghargaan Album Of The Year selama tiga tahun berturut-turut. Sejak 2018 sampai 2020 tahun lalu. Mereka berhasil meraih Grand Prize Album Of The Year melalui album Love Yourself: Tear (2018), Map Of The Soul: Persona (2019), Map Of The Soul: 7 (2020).

Epik High

Epik High
Epik High/ Foto: Soompi

Grup Hip Hop senior Epik High juga pernah memenangkan album of the year. Grup dari Tablo. DJ Tukutz, serta Mithra Jin ini memenangkan penghargaan tersebut di tahun 2007 dengan album Remapping The Human Soul.

TVXQ

TVXQ
TVXQ/ Foto: Twitter @apple_logis

Melalui album Mirotic, TVXQ berhasil membawa pulang grand prize untuk Album Of The Year. Grup yang debut dengan lima member ini, mendapatkan penghargaan tersebut di tahun 2008. Di tahun itu, TVXQ mengalahkan album dari Toy, Kim Dong Ryul, dan bahkan Epik High.

2NE1

2NE1
2NE1/ Foto: YG Entertaiment

2NE1 merupakan satu-satunya girl group yang masuk dalam list ini. Karena sampai sekarang, mereka adalah satu-satunya girl group yang pernah memenangkan kategori album of the year. 2NE1 memenangkan penghargaan grand prize ini melalui album mereka, To Anyone. Penghargaan tersebut mereka menangkan di tahun 2010.

SG Wannabe

SG Wannabe
SG Wannabe/Official Photoshoot You Are The Best Of Me Album

Di tahun 2006, pemenang dari MAMA Album Of The Year adalah SG Wannabe. Grup vokal lelaki yang debut di tahun 2004 ini berhasil meraih grand prize. Di tahun itu, SG Wannabe berhasil mengalahkan Rain, TVXQ, dan Shinhwa. Mereka merupakan pemenang pertama dari kategori Album Of The Year  yang baru ada sejak tahun 2006. 

G-Dragon

G-Dragon
G-Dragon/ Foto: ELLE Magazine

G-Dragon merupakan pemenang dari Album Of The Year di tahun 2009. Ia berhasil memenangkan penghargaan prestisius tersebut melalui album solonya yang berjudul Hearbreaker (2009).

Sampai sekarang, G-Dragon menjadi satu-satunya soloist laki-laki yang berhasil meraih penghargaan ini di MAMA sejak kategori Album Of The Year diberikan pada tahun 2006.

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id